Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

Para wanita perlu menyadari, bahwa baik payudara kecil ataupun besar, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Klikdokter.com, Jakarta Wanita sering mendefinisikan seksualitas mereka lewat ukuran payudaranya, dan ini dibuktikan lewat berbagai perawatan yang dilakukan wanita untuk mendapatkan ukuran yang didambakan—lebih besar atau justru lebih kecil. Setiap payudara wanita, baik payudara kecil maupun yang berukuran besar, memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Bagi pemilik payudara kecil, ada sebagian yang senang dan puas dengan ukurannya, tapi ada juga yang merasa rendah diri dan mendambakan ukuran yang lebih besar agar dianggap (lebih) seksi dan menarik. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan bagi wanita yang memiliki payudara kecil.

Kelebihan punya payudara kecil

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa membuat Anda semakin sayang dengan ukuran payudara yang kecil.

1. Payudara kecil kemungkinan lebih sensitif saat terangsang secara seksual dibandingkan payudara besar

Penelitian dari Universitas Vienna, Austria, mengklaim bahwa pemilik payudara kecil lebih dapat menikmati aktivitas seksual. Hal ini karena semakin besar ukuran payudara, maka jaringan glandular pun lebih banyak dibanding jaringan lemak. Jaringan lemak inilah yang “bertanggung jawab” terhadap sensitivitas yang dirasakan saat ada rangsangan seksual. Menurut penelitian ini, stimulasi yang dirasakan wanita berpayudara besar 24 persen lebih sedikit dibandingkan dengan wanita berpayudara kecil.

Menurut ahli bedah plastik asal New York, Amerika Serikat (AS), Alan Matarasso, M.D., seperti dikutip di laman Men’s Health, saraf yang memancarkan sensasi pada puting lebih meregang pada payudara yang kecil, yang mengindikasikan bahwa payudara kecil dapat lebih terstimulasi.

2. Lebih mungkin untuk tidak menggunakan bra

Ya, inilah salah satu keuntungan yang paling bisa dirasakan wanita berpayudara kecil—bisa mengenakan pakaian dan pergi ke luar rumah tanpa memakai bra, tanpa “terdeteksi”. Sebuah studi di Prancis tahun 2013 yang melakukan survei terhadap 330 wanita selama 15 tahun, menemukan bahwa secara medis, psikis, dan anatomis, tidak ada manfaat yang didapat dari pemakaian bra setiap hari. Bahkan, penggunaan bra diketahui dapat merusak jaringan payudara, mengganggu sirkulasi, dan perlahan dapat menyebabkan payudara kendur lebih cepat. American Cancer Society pun menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mengindikasikan bahwa mengenakan bra dapat meningkatkan atau menurunkan risiko kanker payudara.

3. Postur tubuh yang lebih baik

Jika ini dapat membuat Anda pemiliki payudara kecil lebih baik, bayangkan jika Anda memiliki payudara dengan cup D, dengan beban yang harus Anda bawa setiap hari bisa mencapai 10 kg. Menurut Marissa Weiss, M.D., ahli onkologi dan pendiri BreastCancer.org kepada Women’s Health, beban “berlebih” ini dapat menyebabkan sakit kepala dan ketegangan pada leher. Karena wanita berpayudara kecil tidak memiliki beban “berlebih”, maka biasanya posturnya lebih tegak dan lebih baik secara keseluruhan. Perlu diketahui, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit hati, kurangnya rasa percaya diri, serta gangguan atau kerusakan sendi. Jadi, untuk para wanita berpayudara kecil, berdirilah dengan tegak!

4. Tetap terlihat menarik di mata pria

“Masa?!” kata sebagian wanita berpayudara kecil. Menurut penelitian dari Psychology Today, pria yang mapan secara finansial lebih menganggap wanita berpayudara kecil menarik secara seksual. Selain itu, menurut sebuah studi dari Universitas Westminster, Inggris, menyebutkan bahwa pria yang menyukai wanita berpayudara besar tak hanya dianggap dangkal, tapi juga seksisme. Lebih detailnya, pria penyuka payudara besar tak hanya menganggap payudara besar lebih menarik, tapi mereka juga menganggap pemiliknya penurut dan lemah.

5. Risiko adanya kanker payudara lebih rendah

Pada penelitian yang diterbitkan di jurnal BMC Medical Genetics yang melibatkan 16 ribu wanita, mereka diminta untuk mengisi kuesioner tentang ukuran bra dan mereknya. Selain itu, para peneliti juga mengambil sampel gen setiap wanita. Didapati bahwa kelompok wanita yang menggunakan bra cup D atau lebih memiliki kemungkinan terkena kanker payudara lebih besar ketimbang kelompok wanita yang menggunakan bra cup A atau lebih kecil.

Studi lain yang dipublikasikan di International Journal of Cancer, peneliti dari Harvard juga menemukan bahwa wanita yang memiliki cup D atau lebih besar punya risiko terkena kanker payudara dua hampir dua kali lebih besar dibandingkan wanita dengan ukuran cup payudara A atau lebih kecil.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti kaitan antara ukuran payudara dengan kanker payudara. Namun, hal ini dianggap sebagai faktor risiko tak langsung. Para ahli menyatakan bahwa ukuran payudara pada wanita dipengaruhi gen dan DNA yang mengaturnya. Jika gen yang membuat ukuran payudara besar pada wanita memengaruhi pertumbuhan kanker, sehingga di kemudian hari wanita tersebut dapat terserang kanker.

Payudara kecil sebetulnya juga sama-sama berisiko terkena kanker payudara. Dikatakan oleh dr. Anita Amalia Sari, ada beberapa faktor risiko kanker payudara:

- Pertambahan usia

- Faktor genetik, seperti adanya perubahan gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2

- Riwayat keluarga dengan kanker payudara

- Menggunakan terapi kombinasi hormon

- Riwayat reproduksi, seperti menstruasi sebelum 12 tahun, kehamilan pertama di atas 30 tahun, dan menopause setelah usia 55 tahun

- Faktor lain seperti kebiasaan merokok, terekspos zat kimia yang bersifat karsinogenik, dan bekerja pada shift malam

Kekurangan punya payudara kecil

Seperti koin yang punya dua sisi, memiliki payudara kecil juga memiliki kekurangan. Yang paling sering dirasakan antara lain:

  1. Salah satu kekurangan dari payudara kecil adalah ketika Anda mengalami kenaikan berat badan, daerah-daerah yang terdampak antara lain bokong, perut, lengan, paha, dan wajah—bukan payudara. Jadi kalau dikatakan peningkatan berat badan dapat berpengaruh terhadap ukuran payudara, ada kemungkinan bahwa payudara kecil tak akan merasakannya.
  2. Meski wanita berpayudara kecil lebih bebas dan/atau lebih nyaman tanpa bra, Anda tetap membutuhkan bra spesial yang dapat mengangkat payudara untuk membuat mereka terlihat lebih penuh, khususnya pada momen-momen tertentu. Namun, jangan khawatir. Jika Anda ingin tampak seksi, bra dengan pad (atau pad ekstra) dapat membantu penampilan Anda.
  3. Bisa jadi sports bra adalah musuh Anda karena karakteristik sports bra adalah membuat payudara tampak lebih kecil, yang justru pemakaian sports bra bisa menjadikan dada Anda terlihat ... rata.
  4. Payudara kecil tetap bisa kendur. Menurut Deborah Axelrod, M.D., direktur medis layanan payudara klinis dan program payudara dari New York University Langone Medical Center kepada Prevention, ukuran payudara tidak berpengaruh besar terhadap kendurnya payudara, tapi lebih ke apa yang ada di dalam payudara Anda, yaitu rasio jaringan lemak dan jaringan payudara.

Menurut dr. Ellen Theodora, tidak ada angka pasti untuk menentukan ukuran ideal payudara. Namun, yang lebih penting dan patut diketahui adalah apakah payudara dalam keadaan sehat atau tidak. Sebagai langkah awal untuk mengetahui ini, pastikan tidak ada perubahan drastis yang terjadi pada payudara Anda, semisal apakah ada cairan tidak normal dari puting, tampak berwarna, dan mengeluarkan bau tak sedap. Selain itu, pastikan juga tidak ada perubahan kulit payudara yang tampak seperti kulit jeruk.

Baik payudara kecil maupun besar tidak menentukan normal atau tidaknya payudara seorang wanita. Sayangilah payudara Anda, besar ataupun kecil. Jagalah kondisi payudara Anda selalu dalam keadaan sehat dengan cara mengonsumsi makanan penuh nutrisi, membatasi asupan alkohol, hindari rokok, jaga berat badan ideal dengan olahraga, batasi dosis dan durasi terapi hormon, dan sebisa mungkin hindari paparan radiasi dan polusi. Jika ada keluhan seputar kondisi payudara yang tidak wajar atau mengganggu, segera periksa ke dokter untuk mengetahui apakah membutuhkan penanganan lebih lanjut.

[RVS]

1 Komentar