HomeGaya hidupPerawatan WanitaKelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil
Perawatan Wanita

Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

dr. Adeline Jaclyn, 23 Agu 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pemilik payudara kecil tentu pernah merasa kurang pede. Tapi jangan salah, baik payudara kecil maupun besar, masing-masih punya kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

Wanita sering mendefinisikan seksualitas mereka lewat ukuran payudaranya. Hal ini dibuktikan lewat berbagai perawatan yang dilakukan wanita untuk mendapatkan ukuran payudara yang ideal menurutnya, yaitu lebih besar atau justru lebih kecil. 

Ukuran dada wanita, baik yang kecil maupun besar, ternyata memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Bagi pemilik payudara kecil, memang sebagian ada yang senang dan puas dengan ukurannya, tapi ada juga yang merasa rendah diri dan mendambakan ukuran yang lebih besar agar dianggap lebih seksi dan menarik.

Padahal, payudara berukuran kecil juga memiliki kelebihan yang tidak bisa Anda sepelekan. Apa saja, ya, kelebihan dan kekurangan dari payudara kecil? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kekurangan Payudara Kecil

Ukuran dada wanita yang kecil memang sering menimbulkan rasa tidak percaya diri pada pemiliknya. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  1. Peningkatan Berat Badan Tidak Berpengaruh terhadap Payudara

Berbagai cara tidak jarang dilakukan wanita untuk memperbesar ukuran payudaranya. Salah satu cara yang dilakoni, misalnya menaikkan berat badan.

Kekurangan dari payudara kecil yang perlu Anda tahu adalah ketika Anda mengalami kenaikan berat badan, daerah-daerah yang terdampak, yaitu bokong, perut, lengan, paha, dan wajah—bukan payudara. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa peningkatan berat badan tidak akan berpengaruh terhadap ukuran payudara.

Artikel Lainnya: Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?

  1. Membutuhkan Bra Spesial untuk Membuatnya Terlihat Penuh

Meski wanita berpayudara kecil lebih bebas atau lebih nyaman tanpa bra, Anda tetap membutuhkan bra spesial yang dapat mengangkat payudara. Bra yang pas akan membuat mereka terlihat lebih penuh, khususnya pada momen-momen tertentu. 

Jadi, jangan khawatir jika pada suatu waktu Anda membutuhkan ‘tampilan lebih menarik’. Bila ingin tampak seksi, bra dengan pad (atau pad ekstra) dapat membantu penampilan Anda.

  1. Musuh Sports Bra 

Bisa jadi sports bra adalah musuh Anda karena karakteristik sports bra adalah membuat payudara tampak lebih kecil. Jadi, bagi pemilik payudara kecil, ingatlah bahwa pemakaian sports bra bisa menjadikan dada Anda terlihat rata.

  1. Payudara Kecil Tetap Bisa Kendur 

Ukuran payudara tidak berpengaruh besar terhadap kendurnya payudara, sehingga payudara kecil juga tetap bisa kendur. 

Akan tetapi, ukuran payudara dapat berdampak pada apa yang ada di dalam payudara Anda, yaitu rasio jaringan lemak dan jaringan payudara.

Artikel Lainnya: Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Bentuk Payudara

Kelebihan Payudara Kecil

Ukuran dada wanita yang kecil juga memiliki berbagai kelebihan, lho. Jadi, jangan berkecil hati, ya. Simak kelebihan punya ukuran payudara kecil berikut ini.

  1. Kemungkinan Lebih Sensitif Saat Terangsang secara Seksual

Penelitian dari Universitas Vienna, Austria, mengklaim bahwa pemilik payudara kecil lebih dapat menikmati aktivitas seksual. Hal ini karena semakin besar ukuran payudara, maka jaringan glandular pun lebih banyak dibanding jaringan lemak.

Jaringan glandular ini bertanggung jawab terhadap sensitivitas yang dirasakan saat ada rangsangan seksual. Stimulasi yang dirasakan wanita berpayudara besar 24 persen lebih sedikit dibandingkan dengan wanita berpayudara kecil.

Selain itu, saraf yang memancarkan sensasi pada puting lebih meregang pada ukuran dada wanita yang kecil. Ini mengindikasikan bahwa payudara kecil dapat lebih terstimulasi.

Artikel Lainnya: Benarkah Ukuran Payudara Bisa Memengaruhi Produksi ASI?

  1. Lebih Mungkin untuk Tidak Menggunakan Bra

Ya, inilah salah satu keuntungan yang paling bisa dirasakan wanita berpayudara kecil, yaitu bisa mengenakan pakaian dan pergi ke luar rumah tanpa memakai bra.

Sebuah studi di Prancis tahun 2013 yang melakukan survei terhadap 330 wanita selama 15 tahun, menemukan bahwa secara medis, psikis, dan anatomis, tidak ada manfaat yang didapat dari pemakaian bra setiap hari.

Bahkan, penggunaan bra diketahui dapat merusak jaringan payudara, mengganggu sirkulasi, dan perlahan dapat menyebabkan payudara kendur lebih cepat. 

American Cancer Society pun menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mengindikasikan bahwa mengenakan bra dapat meningkatkan atau menurunkan risiko kanker payudara.

  1. Postur Tubuh yang Lebih Baik

Jika ini dapat membuat pemilik payudara kecil lebih baik, bayangkan jika Anda memiliki payudara dengan cup D. Kemungkinan beban yang harus Anda bawa setiap hari bisa mencapai 10 kg!

Beban ‘berlebih’ ini dapat menyebabkan sakit kepala dan ketegangan pada leher. Karena wanita berpayudara kecil tidak memilikinya, maka postur tubuh mereka kemungkinan lebih tegak dan lebih baik secara keseluruhan.

Perlu diketahui, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit hati, kurangnya rasa percaya diri, serta gangguan atau kerusakan sendi. Jadi, untuk para wanita berpayudara kecil, berdirilah dengan tegak!

Artikel Lainnya: Payudara Besar atau Kecil, Mana Ukuran yang Ideal? 

  1. Tetap Terlihat Menarik di Mata Pria

Menurut penelitian dari Psychology Today, pria yang mapan secara finansial menganggap ukuran dada wanita yang kecil lebih menarik secara seksual. 

Selain itu, menurut sebuah studi dari Universitas Westminster, Inggris, pria yang menyukai wanita berpayudara besar tak hanya dianggap dangkal, tapi juga seksisme.

Lebih detailnya, pria penyuka payudara besar tak hanya menganggap payudara besar lebih menarik, tapi mereka juga menganggap pemiliknya penurut dan lemah.

Adakah Ukuran Payudara Ideal?

Tidak ada ukuran payudara yang benar-benar ideal. Sebuah studi dari situs medis Zava melakukan penelitian terhadap lebih dari 2.000 orang. Hasilnya, sekitar 60 persen pria dan 54 persen wanita menganggap bahwa payudara berukuran biasa lebih menarik. 

Namun, alih-alih memikirkan ukuran, yang paling penting dan patut diketahui adalah kesehatan payudara.

Pastikan tidak ada perubahan drastis yang terjadi pada payudara Anda, contohnya keluarnya cairan tidak normal dari puting, puting tampak berwarna, atau mengeluarkan bau tak sedap.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan payudara kecil. Apa pun ukurannya, jagalah kondisi payudara Anda selalu dalam keadaan sehat dengan cara mengonsumsi makanan penuh nutrisi, membatasi asupan alkohol, menghindari rokok, dan menjaga berat badan ideal dengan olahraga.

Jika ada keluhan seputar kondisi payudara yang tidak wajar atau mengganggu, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat. Anda pun dapat berkonsultasi secara mudah kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Kesehatan Payudara

Konsultasi Dokter Terkait