HomeInfo SehatPencernaanWaspada Badan Lemas Karena Asam Lambung
Pencernaan

Waspada Badan Lemas Karena Asam Lambung

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 24 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu penderita asam lambung dan badanmu sering terasa lemas atau kurang bertenaga? Jika ya, waspadalah terhadap hal-hal berikut ini.

Waspada Badan Lemas Karena Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika seseorang mengalami gejala saluran pencernaan karena produksi asam lambung yang berlebihan.

Tanda dan gejala asam lambung bisa berupa nyeri ulu hati, mual, dan begah. Selain itu, penderitanya juga kerap merasakan badan lemas. 

Mengapa badan bisa lemas karena asam lambung? Lalu, apa penyebab badan lemas pada penderita asam lambung? 

Penyebab Badan Lemas Karena Asam Lambung

Ada lima penyebab badan lemas pada penderita asam lambung, di antaranya:

  1. Turunnya Nafsu Makan

Bagi penderita asam lambung, biasanya keluhan akan timbul sesaat setelah makan. Mereka akan merasakan nyeri ulu hati usai makan. 

Hal ini tentunya menyebabkan gangguan makan, sehingga nafsu makan akan menurun dan nutrisi tidak tercukupi. Pada akhirnya, badan akan terasa kurang bertenaga.

  1. Kurang Tidur

Ketika seseorang mengalami asam lambung, berbaring akan memberikan rasa tidak nyaman. Sebab, berbaring dapat membuat isi lambung kembali naik ke esofagus dan kerongkongan.

Jika hal tersebut terjadi menjelang tidur, tentu saja kualitas dan waktu tidur akan terganggu. Alhasil, penderita bisa saja mengalami badan lemas keesokan harinya.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Lemas Saat Menstruasi

  1. Stres

Rasa tidak nyaman yang terjadi akibat penyakit asam lambung bisa menyebabkan stres. Dan, terjadinya stres dapat memicu keluhan asam lambung yang parah.  

Kombinasi kedua kondisi tersebut – asam lambung dan stres -- bisa membuat penderita merasa lelah dan lesu.  

  1. Anemia

Naiknya asam lambung dapat meningkatkan risiko luka pada lambung. Perlukaan pada lambung ini bisa mengakibatkan perdarahan pada saluran cerna. Tanda-tandanya berupa buang air besar kehitaman dan muntah darah kehitaman.

Pada sebagian besar kasus, perdarahan yang nyata tidak terlihat. Namun, perdarahan secara mikroskopis dapat terjadi. 

Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penurunan sel darah merah atau akrab dikenal dengan anemia. Anemia yang biasanya terjadi adalah anemia defisiensi besi. Penderitanya akan mengeluh mudah lemas.

  1. Keganasan

Jika kamu sering mengalami perut terasa penuh, nyeri ulu hatimual, dan penurunan berat badan, bisa jadi ini bukan bagian dari gangguan asam lambung biasa.

Berbagai keluhan tersebut dapat menjadi bagian dari keganasan yang terjadi di daerah lambung.

Seseorang dengan keganasan lambung dapat mengalami nyeri ulu hati, mual, dan perut terasa begah. Selain itu, penurunan berat badan bisa terjadi. Salah satu faktor risiko munculnya keganasan lambung adalah adanya ulkus lambung.

Artikel Lainnya: Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

Cara Mengatasi Badan Lemas Karena Asam Lambung

Untuk mengatasi badan lemas karena kambuhnya asam lambung, diperlukan penanganan yang komprehensif. Selain pemberian obat penurun asam lambung, modifikasi gaya hidup juga diperlukan. 

Berikut ini adalah cara menghilangkan rasa lemas dan gejala lainnya karena asam lambung.

  • Hindari Makan secara Berlebihan

Jika kamu punya asam lambung, aturlah porsi makanmu dengan baik. Hindari makan secara berlebihan dengan porsi yang besar. Lebih baik, makanlah dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering.

Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi volume berlebih pada lambung, yang menyebabkan naiknya asam lambung ke esofagus dan memicu sensasi nyeri ulu hati.

  • Kurangi Makanan Berlemak dan Cokelat

Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari untuk mencegah badan lemas akibat asam lambung. Contohnya makanan berlemak, alkohol, dan cokelat.

Berbagai makanan tersebut dapat menyebabkan relaksasi dari katup esofagus dan lambung. Hal ini akan mempermudah naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Artikel Lainnya: Memahami Penyebab Badan Lemas Setelah Bangun Tidur 

  • Jangan Konsumsi Obat Sembarangan

Terdapat jenis obat tertentu yang dapat mengakibatkan peningkatan asam lambung.

Salah satu yang patut kamu waspadai adalah obat penghilang nyeri seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Penggunaan obat jenis ini dapat memicu perlukaan lambung lebih lanjut.

  • Hindari Langsung Rebahan Setelah Makan

Posisi paling nyaman bagi tubuh untuk melakukan proses pencernaan adalah sikap tegak. Maka itu, jika kamu langsung rebahan setelah makan, proses pencernaan bisa saja terganggu.

Tidak cuma itu, langsung rebahan atau tiduran setelah makan juga bisa meningkatkan asam lambung. 

  • Berhenti Merokok

Jika ingin kondisi badan lemas karena asam lambung terobati, jauhilah rokok. Selain buruk untuk paru-paru, rokok juga tidak baik bagi kesehatan lambung.

Rokok mengandung nikotin yang menyebabkan peningkatan asam lambung. Lebih buruk lagi, perokok memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami ulkus lambung.

Jika kamu punya asam lambung, lakukanlah tips di atas untuk mencegah badan lemas karena asam lambung. Dengan menerapkannya secara konsisten, keluhan asam lambung bisa berkurang.

Apabila kamu masih punya pertanyaan mengenai asam lambung atau masalah kesehatan lain, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

MaagAsam LambungLansoprazoleBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait