Sukses

Waspada Badan Lemas karena Asam Lambung

Anda penderita asam lambung dan sering merasakan badan lemas? Jika ya, waspadalah terhadap hal-hal berikut.

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika seseorang mengalami gejala saluran pencernaan karena produksi asam lambung yang berlebihan.

Penderita asam lambung akan mengeluhkan nyeri ulu hati, rasa mual, dan begah. Selain itu, mereka juga kerap merasakan badan lemas.

Apa saja penyebab badan lemas pada penderita asam lambung?

Penyebab Badan Lemas karena Asam Lambung

Ada tiga penyebab badan lemas pada penderita asam lambung, di antaranya:

  • Turunnya Nafsu Makan

Bagi penderita asam lambung, biasanya keluhan akan timbul sesaat setelah makan. Mereka akan merasakan keluhan nyeri ulu hati setelah dirinya makan.

Hal ini tentunya menyebabkan gangguan makan, sehingga nafsu makan akan menurun dan nutrisi tidak tercukupi. Pada akhirnya, terjadilah badan lemas.

  • Kurang Tidur

Pada penderita asam lambung, berbaring dapat menyebaban rasa tidak nyaman. Sebab, berbaring dapat membuat isi lambung kembali naik ke esofagus dan kerongkongan.

Jika hal tersebut terjadi menjelang tidur, tentu saja kualitas dan waktu tidur akan terganggu. Alhasil, penderita bisa saja mengalami badan lemas keesokan harinya.

  • Stres

Rasa tidak nyaman yang terjadi akibat penyakit asam lambung bisa menyebabkan stres. Dan, terjadinya stres bisa memicu keluhan asam lambung yang parah. 

Pada penderita penyakit asam lambung yang stres, kombinasi kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan keluhan-keluhan yang dapat memicu terjadinya badan lemas.

  • Anemia

Asam lambung yang meningkat dapat meningkatkan risiko luka pada lambung. Perlukaan pada lambung ini dapat menyebabkan perdarahan saluran cerna.

Tanda-tandanya adalah buang air besar kehitaman dan muntah darah kehitaman.

Artikel Lainnya: Penyebab Badan Lemas setelah Makan

Pada sebagian besar kasus, perdarahan yang nyata tidak terlihat. Namun perdarahan secara mikroskopis dapat terjadi.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penurunan sel darah merah atau akrab dikenal dengan anemia.

Anemia yang biasanya terjadi adalah anemia defisiensi besi. Penderitanya akan mengeluh mudah lemas.

  • Keganasan

Jika Anda sering mengalami perut terasa penuh, nyeri ulu hati, mual, dan penurunan berat badan, bisa jadi ini bukan bagian dari gangguan asam lambung biasa.

Berbagai keluhan tersebut dapat menjadi bagian dari keganasan yang terjadi di daerah lambung.

Seseorang dengan keganasan lambung dapat mengalami nyeri ulu hati, mual, dan perut terasa begah.

Selain itu, dirinya akan mengalami penurunan berat badan. Salah satu faktor risiko terjadinya keganasan lambung adalah adanya ulkus lambung.

1 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas karena Asam Lambung

Apabila Anda penderita asam lambung, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan asam lambung tersebut.

Berikut ini lima hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Hindari Makanan Secara Berlebihan

Jika Anda penderita asam lambung, aturlah porsi makan Anda dengan baik.

Hindari makan secara berlebihan dengan porsi yang besar. Lebih baik, makanlah dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering.

Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi volume berlebih pada lambung, yang menyebabkan naiknya asam lambung ke esofagus dan memicu sensasi nyeri ulu hati.

Artikel Lainnya: Badan Lemas Saat Diet, Ini Cara Mengatasinya

  • Kurangi Makanan Berlemak dan Cokelat

Untuk penderita asam lambung, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari, seperti makanan berlemak, alkohol, dan cokelat.

Berbagai makanan tersebut dapat menyebabkan relaksasi dari katup esofagus dan lambung. Hal ini akan mempermudah naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri ulu hati.

  • Jangan Konsumsi Obat Sembarangan

Terdapat jenis obat tertentu yang dapat mengakibatkan peningkatan asam lambung.

Salah satu obat yang patut Anda waspadai adalah obat penghilang nyeri seperti nonsteroid anti-inflammatory drug (NSAID).

Penggunaan obat jenis ini ini dapat memicu perlukaan lambung lebih lanjut.

  • Hindari Langsung Rebahan Setelah Makan

Posisi paling nyaman bagi tubuh untuk melakukan proses pencernaan adalah sikap tegak. Maka itu, jika Anda langsung rebahan seteah makan, proses pencernaan bisa saja terganggu.

Tidak cuma itu, langsung rebahan atau tiduran setelah makan juga bisa menyebabkan peningkatan asam lambung. 

  • Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang harus dihindari jika Anda memiliki gangguan asam lambung.

Rokok mengandung nikotin yang menyebabkan peningkatan asam lambung. Lebih buruk lagi, perokok memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami ulkus lambung.

Jika Anda penderita asam lambung, lakukanlah tips di atas untuk mencegah badan lemas karena asam lambung. Dengan tips tersebut, keluhan asam lambung juga bisa berkurang, lho!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar