HomeGaya hidupSehat dan BugarCara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit
Sehat dan Bugar

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 01 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernahkah badan Anda terasa lemas dan kurang bertenaga setelah sembuh dari sakit? Yuk, simak cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Ketika tubuh sedang dalam keadaan sakit, tentunya segala aktivitas ikut terganggu. Namun, pengobatan yang tepat dapat membuat tubuh cepat pulih dan siap menjalani kembali kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, tak jarang dalam masa pemulihan, Anda merasa badan lemas dan kurang bertenaga. 

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh yang telah berjuang melawan serangan virus, bakteri, atau infeksi membutuhkan waktu pemulihan untuk dapat kembali melindungi tubuh. Karena itu, kondisi badan lemas setelah sembuh dari sakit kerap terjadi.

Namun, tenang saja, ada beberapa cara untuk mengatasi badan lemas setelah sakit. Berikut di antaranya.

1. Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Guna menghilangkan rasa lemas setelah sakit dan meningkatkan stamina, caranya bisa dengan memperbanyak asupan makanan bergizi. Contohnya sayuran dan buah. Buah-buahan seperti tomat, papaya, dan semangka bisa Anda konsumsi. 

Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mempercepat sistem imun tubuh untuk pulih. Dengan begitu, sistem imun tersebut dapat kembali membangun perlindungan tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Di samping itu, pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat di masa pemulihan ini. Hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan.

Artikel lainnya: Jenis Makanan Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

2. Minum Air yang Cukup

Cobalah untuk minum air yang cukup untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit. Cara ini efektif untuk membuat Anda lebih fit dan bertenaga. 

Perlu diketahui bahwa pada tubuh manusia, sebagian besar terdiri atas air. Oleh sebab itu, air merupakan salah satu obat terbaik untuk pemulihan diri setelah sakit dan mengembalikan kebugaran tubuh. 

Air putih sangat bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit. 

Selain itu, dehidrasi merupakan salah satu keluhan yang paling sering menyebabkan badan lemas. Jadi, jagalah selalu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

3. Mengontrol Aktivitas untuk Sementara Waktu

Mungkin Anda merasa lelah berbaring terus-menerus selama sakit. Akan tetapi, setelah sembuh dan memasuki masa pemulihan, sebaiknya Anda tetap mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak kembali sakit.

Perlu ditekankan bahwa proses pemulihan sangatlah penting. Jadi, Anda harus lebih sabar dan menahan diri dari melakukan aktivitas yang berat.

4. Berolahraga Ringan secara Rutin

Walaupun Anda diminta untuk mengurangi aktivitas fisik di masa pemulihan, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga. 

Pada kenyataannya, olahraga dapat menjadi cara untuk mengatasi badan lemas setelah sakit dan memulihkan tenaga. 

Namun, pilihlah olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa mencoba yoga untuk menenangkan pikiran sehingga lebih memberikan energi positif bagi tubuh.

Artikel lainnya: Memahami Penyebab Badan Lemas Setelah Bangun Tidur

5. Pastikan Tidur Anda Berkualitas

Anda dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya. Saat tidur, energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih maksimal bekerja. 

Walaupun mungkin Anda lebih sering berbaring dan tidur siang saat sakit, usahakanlah tetap mengatur pola tidur dengan baik, ya.

6. Kelola Stres dengan Baik

Stres bisa ikut memengaruhi kondisi fisik. Stres juga berkaitan dengan pemulihan kesehatan seseorang.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ‘jika seseorang berpikir sakit maka orang tersebut akan sakit,’ begitu pula sebaliknya. Karena itu, cobalah untuk mengelola stres Anda dengan baik.

Ada berbagai cara untuk mengendalikan stres, seperti meditasi, latihan pernapasan dalam (deep breathing), melakukan hobi, dan lainnya.

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit, cara yang juga penting adalah dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup.

Terlepas dari apa pun penyebab sakit sebelumnya, akan lebih baik jika Anda memulai kembali kebiasaan hidup yang lebih sehat, seperti berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

Selain menghalangi proses penyembuhan, beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Artikel lainnya: Penyebab Badan Lemas Setelah Makan

8. Berjalan di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di luar rumah sambil berjemur di pagi hari selama beberapa menit akan meningkatkan mood dan kemampuan memori. 

Selain itu, vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan membantu meningkatkan sistem imun Anda. Keluhan badan lemas pun bisa ditangani.

9. Kontrol ke Dokter Jika Keluhan Menetap

Keluhan lemas setelah infeksi merupakan sesuatu yang sering terjadi. Namun, jika keluhan tersebut menetap, maka ada baiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan berkala. 

Bisa jadi keluhan lemas ini adalah tanda dari suatu penyakit tertentu yang memerlukan pemeriksaan lebih lengkap.

Itulah berbagai cara untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit. Keluhan badan lemas ini memang dapat mengganggu. Lakukan kiat-kiat di atas agar Anda bisa segera menghalau kondisi tersebut. 

Bila Anda ingin konsultasi dengan dokter, bisa dilakukan melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

Badan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait