Sukses

Trik Aman Gunakan Sabun Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

Diklaim ampuh atasi masalah pada area kewanitaan, popularitas sabun daun sirih kian meroket. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini ada banyak cairan pembersih area kewanitaan yang menggunakan daun sirih sebagai salah satu bahan utamanya. Di samping dipercaya dapat memberikan rasa segar pada area kewanitaan, daun sirih diklaim dapat menghilangkan bau tak sedap sehingga banyak orang yang mengandalkannya untuk membersihkan vagina.

Sebenarnya, tidak hanya di Indonesia, manfaat kesehatan daun sirih sudah dikenal sejak 400 tahun sebelum masehi. Tercatat bahwa masyarakat India dan Tiongkok telah banyak menggunakan daun sirih untuk berbagai keperluan kesehatan.

Aliran Ayurveda di India pun telah menuliskan berbagai manfaat daun sirih bagi kesehatan. Daun sirih diketahui dapat membantu kesembuhan beberapa penyakit. Sementara itu, di Cina daun sirih diketahui bermanfaat untuk detoksifikasi dan memiliki kemampuan antioksidan.

Berangkat dari pengetahuan tersebut, telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan segala manfaat daun sirih. Berbagai studi menemukan bahwa daun sirih memiliki kandungan zat aktif yang mampu berfungsi sebagai antiseptik, antiinfeksi, antijamur, antiradang, dan antioksidan. Hal ini dapat dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab keputihan tidak normal.

Kapan perlu mencuci vagina dengan sabun daun sirih?

Banyak wanita yang merasa lebih bersih dan wangi ketika menggunakan sabun daun sirih. Padahal, adalah suatu hal yang wajar jika vagina mengeluarkan aroma tertentu.

Hanya saja, jika ada perubahan bau yang menjadi lebih tajam atau amis, ini bisa menjadi pertanda adanya gejala masalah kesehatan. Terlebih jika ditemukan flek yang tidak normal, rasa gatal dan sensasi panas, serta menunjukkan tanda-tanda iritasi.

Pada keadaan tertentu, seperti lembap, banyak berkeringat, pada masa menstruasi maupun sedang mengalami keputihan, ada baiknya Anda memperhatikan kebersihan vagina. Saat inilah Anda bisa membersihkan area kewanitaan dengan bantuan pembersih.

Anda boleh menggunakan air atau godokan daun sirih asli untuk membersihkan area kewanitaan. Karena fungsi daun sirih yang telah disebutkan di atas, maka sabun daun sirih memang dapat membantu melawan infeksi dan radang yang terjadi ketika Anda sedang mengalami keputihan.

1 dari 2 halaman

Cara aman menggunakan sabun daun sirih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan pembersih khusus area kewanitaan sah-sah saja dalam beberapa kondisi. Jika Anda ingin menggunakan cairan pembersih vagina, seperti sabun daun sirih, lakukan hanya sesekali, dan gunakan hanya di area luar vagina. Hindari penggunaan hingga memasukkan sabun daun sirih ke dalam vagina supaya keseimbangan pH tidak terganggu.

Gunakan secara bijak dan jika diperlukan. Pembersih dari godokan daun sirih asli, bisa digunakan ketika Anda sedang mengalami masalah di area kewanitaan, karena memang daun sirih terbukti ampuh mengatasi masalah organ intim wanita.

Jika area kewanitaan sedang dalam kondisi normal, lakukan hal-hal sederhana ini untuk menjaga kebersihannya:

  • Basuh organ intim dengan air hangat. Hindari pemakaian sabun mandi biasa atau sabun lain yang mengandung bahan kimia.
  • Setelah buang air kecil atau buang air besar, bersihkan dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah bakteri dari anus berpindah ke vagina yang nantinya dapat berpotensi menyebabkan infeksi.
  • Jangan terlalu sering penggunakan panty liner.
  • Sering ganti celana dalam saat banyak berkeringat atau lembap.
  • Selalu bersihkan organ kewanitaan setiap kali habis kencing maupun setelah berhubungan intim.

Menyoal cara membersihkan area kewanitaan, kembali perlu diingat bahwa vagina memiliki mekanise pembersihan diri melalui cairan yang diproduksinya setiap hari. Karena itu, selama cairan vagina tidak berbau menyengat dan menimbulkan rasa gatal atau nyeri, Anda tak perlu khawatir. 

Pada beberapa kondisi yang mana tingkat kelembapan vagina lebih tinggi, Anda diperbolehkan untuk menggunakan sabun  daun sirih jika memang diperlukan. Tapi yang harus diingat, gunakan secara bijak dengan tidak menggunakannya setiap hari dan gunakan hanya di bagian luar vagina (vulva atau labia saja).

Jauh lebih bijaksana jika Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mencegah penggunaan sabun pembersih kewanitaan yang salah. Menggunakan sabun pembersih berbahan alami, seperti sabun daun sirih memang bisa dilakukan dalam kondisi tertentu. Tapi pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap daun sirih atau sabun daun sirih.

(RN/ RH)

2 Komentar