HomeGaya hidupPerawatan PriaMengejutkan, Ini 6 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Penis!
Perawatan Pria

Mengejutkan, Ini 6 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Penis!

Firisa Ardianti, 11 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vitamin E ternyata punya manfaat untuk kesehatan penis dan fungsi seksual pria, lho! Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengejutkan, Ini 6 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Penis!

Pada sistem reproduksi, penis menjadi tempat keluarnya air mani ketika ejakulasi. Air mani berisi jutaan sel sperma dan berbagai cairan untuk menyokong keberhasilan proses pembuahan, yaitu ketika sperma membuahi sel telur. 

Karena perannya yang penting, kamu harus selalu menjaga kesehatan penis. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan penis adalah dengan mengonsumsi vitamin E. Vitamin ini dikenal karena manfaatnya bagi kesuburan. Sering kali, vitamin E dikonsumsi ketika sedang mempersiapkan kehamilan.

Kamu dapat memenuhi asupan vitamin E lewat makanan, seperti almon, alpukat, mangga, bayam, dan paprika merah. Di samping itu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin ini dalam bentuk suplemen.

Asupan vitamin E yang tercukupi dengan baik, dapat memberikan manfaat untuk penis dan kesehatan reproduksi pria, di antaranya:

1. Meningkatkan Kualitas Ereksi Penis

Disampaikan oleh dr. Theresia Rina Yunita bahwa vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi ereksi pria.

“Vitamin E meningkatkan suplai darah dengan demikian memastikan penis mendapatkan cukup darah untuk mencapai ereksi,” jelas dr. Theresia lebih lanjut. 

Ereksi terjadi ketika pria terangsang secara seksual. Pembuluh darah di penis menjadi rileks dan terbuka sehingga memungkinkan darah mengalir ke penis dan membuat penis menegang. Dengan begitu, ereksi bisa membantu penis untuk ejakulasi.

2. Berpotensi Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat vitamin E untuk pria ini masih berhubungan dengan penjelasan dr. Theresia. Jadi, sebuah studi pada Advances in Integrative Medicine menunjukkan bahwa kombinasi vitamin E dan ginseng dapat meringankan gejala disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi sendiri merupakan ketidakmampuan penis untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri pria, masalah dalam hubungan, dan menyulitkan pembuahan.

Diketahui aktivitas antioksidan dari vitamin E dan ginseng dapat meningkatkan fungsi ereksi pada pengidap disfungsi ereksi selama enam minggu. 

Jika kamu ingin menggunakan vitamin E sebagai perawatan disfungsi ereksi, sebaiknya konsultasikan rencana kepada dokter lebih dahulu.

3. Meningkatkan Libido

Tak cuma penis, vitamin E juga memberikan manfaat pada kesehatan seksual pria. “Vitamin E meningkatkan kadar testosteron sehingga dapat meningkatkan libido,” papar dr. Theresia.

Libido atau gairah seks pada pria dapat menurun sewaktu-waktu, biasanya karena stres atau kelelahan. Nah, asupan vitamin E bisa membantu pria untuk meningkatkan gairah untuk berhubungan intim.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit Penis

Kurangnya kelembapan bisa membuat kulit mudah kering. Bukan hanya kulit wajah, kulit sekitar penis juga bisa mengering. Kondisinya bisa diikuti rasa gatal dan ruam, terutama pada pria dengan eksim di penisnya.

Nah, vitamin E sudah sangat populer manfaatnya untuk kesehatan kulit. Vitamin E dapat menjaga kulit tetap kenyal dan lembut, serta mampu mengurangi bekas luka. 

Oleh karena itu, asupan vitamin E secara oral dapat memberikan manfaat menyehatkan untuk kulit penis yang bermasalah.

5. Punya Potensi Meningkatkan Kualitas Sperma

Masalah ketidaksuburan dapat disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk. Berdasarkan penelitian pada International Journal of General Medicine, konsumsi suplemen selenium dan vitamin E dapat meningkatkan kualitas air mani.

Peneliti menemukan bahwa vitamin E dan selenium dapat meningkatkan motilitas sperma, yakni kemampuan sperma untuk bergerak di dalam tubuh wanita. 

Manfaat vitamin E ini dapat dijadikan alternatif pengobatan untuk pria dengan asthenospermia (sperma lemah).

6. Berpotensi Sebagai Pengobatan Penyakit Peyronie

Penyakit Peyronie adalah kondisi bengkoknya penis akibat jaringan parut di penis. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri dan masalah ereksi.

Studi menyebutkan bahwa vitamin E masuk dalam deretan obat untuk penyakit Peyronie. Vitamin E yang dikombinasikan dengan verapamil, punya manfaat untuk mengurangi kelengkungan penis. Efeknya ini lebih besar dialami oleh pasien yang bukan perokok. 

Walaupun menunjukkan hal demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas sekaligus efek sampingnya.

Manfaat vitamin E yang melimpah untuk penis dan kesehatan reproduksi pria ini tentu sayang kamu lewatkan. Kamu bisa mendapatkannya dengan meningkatkan asupan vitamin E lewat makanan.

Jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, pastikan untuk berkonsultasi lebih dahulu ke dokter, ya. Lebih mudah, kamu bisa konsultasi lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu selalu dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap harinya!

(JKT)

vitaminPenis

Konsultasi Dokter Terkait