Sukses

Nyeri Perut, akibat Radang Usus Buntu atau Sakit Mag?

Radang usus buntu dan sakit mag sama-sama bergejala nyeri perut. Lantas, bagaimana cara membedakannya?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri perut merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan terjadinya keluhan tersebut adalah radang usus buntu dan sakit mag.

Lantas, bagaimana cara membedakan nyeri perut akibat radang usus buntu dan sakit mag?

Nyeri perut akibat radang usus buntu

Radang usus buntu merupakan peradangan pada struktur usus yang bernama apendiks. Dalam medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan apendisitis.

Radang usus buntu menimbulkan gejala nyeri perut, khususnya perut bagian kanan bawah. Selain nyeri perut, seseorang yang mengalami kondisi ini juga akan mengalami demam, penurunan nafsu makan, dan kram perut.

Jika radang usus buntu pecah dan menyebabkan penyebaran infeksi ke rongga perut, maka akan terjadi suatu kondisi yang disebut peritonitis. Ketika sudah mencapai tahap ini, pasien akan mengalami keluhan nyeri perut menyeluruh, mual, dan demam tinggi.

Nyeri perut akibat sakit mag

Mag merupakan istilah umum untuk mengambarkan gangguan yang terjadi pada lambung. Dalam dunia medis, mag dikenal dengan sebutan dispepsia. Salah Kondisi ini menyebabkan nyeri perut di sekitar ulu hati.

Pada kasus nyeri perut akibat sakit mag, keluhan biasanya terjadi setelah makan. Selain rasa nyeri, penderita juga dapat mengalami keluhan mual dan perut terasa penuh atau begah, namun tidak disertai demam.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hal mencolok yang menjadi pembedanya adalah adanya keluhan demam atau tidak. Jika nyeri perut yang Anda alami disertai demam, maka penyebabnya adalah radang usus buntu. Sedangkan jika tidak, penyebabnya adalah sakit mag.

Namun, meski sudah mengetahui perbedaannya, ada baiknya Anda tetap mengunjungi dokter jika mengalami keluhan nyeri perut. Tindakan ini bertujuan untuk benar-benar memastikan penyebab utama nyeri perut yang Anda alami, apakah radang usus buntu atau sakit mag. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar