Sukses

Pikiran Negatif Ternyata Juga Berguna dalam Kehidupan

Tak selalu buruk, pikiran negatif atau negative thinking ternyata juga memiliki manfaat, loh! Ketahui manfaat pikiran negatif berikut ini.

Pikiran negatif dianggap harus dibuang jauh-jauh karena bisa mengacaukan Anda. Namun, menurut psikolog Julie Norem, peneliti yang studinya diterbitkan oleh Journal of Personality and Social Psychology, punya pikiran negatif dan pesimis punya manfaat tersendiri untuk mencapai kesuksesan.

Menurut perbandingannya, orang optimis-strategis kemungkinan akan memikirkan hasil terbaik yang akan diperoleh dan strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Sedangkan orang pesimis-defensif, meski sudah pernah berhasil di masa lalu, ia juga bakal melihat sisi kegagalan terhadap segala sesuatu.

Banyak yang berpikir sikap optimis-strategis itu lebih baik karena memiliki tingkat kepercayaan diri dan ekspektasi yang tinggi. Sementarara itu, orang pesimis-defensif cenderung berpikir pesimis sehingga mereka bersiap dan berusaha lebih keras untuk menghindari kegagalan yang mungkin terjadi.

Dengan begitu, kekhawatiran dan pikiran negatif tersebut bisa diubah menjadi aksi nyata. Alhasil menurut peneliti, orang yang optimis-strategis dan pesimis-defensif ini sama-sama bisa berhasil dengan cara yang berbeda.

Mau tahu apa saja manfaat memiliki pikiran negatif lainnya? Simak ulasan di bawah ini, ya.

Artikel Lainnya: Toxic Positivity, Dampak Negatif Berpikir Positif

1 dari 5 halaman

1. Lebih Peka Terhadap Bahaya

Ketika kita berusaha untuk terus berpikir positif, kita juga berusaha untuk mencari alasan tertentu yang membuat kita merasa tenang dan nyaman. Tanpa disadari, hal ini bisa menurunkan tingkat kewaspadaan kita.

Lain halnya dengan orang yang terbiasa berpikiran negatif. Orang ini akan lebih aware dengan lingkungan sekitar dan tanda bahaya, sehingga akan lebih waspada ketika bertindak atau mengambil keputusan.

2. Bisa Melakukan Upaya Pencegahan

Orang yang berusaha berpikir positif lebih sering merasa nyaman dengan apa yang sudah dimilikinya. Sedangkan orang yang berpikiran negatif, lebih sering merasa "kurang" akan apa yang dimilikinya atau kemampuannya.

Rasa khawatir kadang perlu ada pada seseorang. Perasaan tersebut dapat membuat kita mempersiapkan hal-hal penting yang mungkin akan dibutuhkan sebagai upaya pencegahan.

Artikel Lainnya: Jangan Resah, Ini 12 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

2 dari 5 halaman

3. Mengetahui Batasan

Punya pikiran negatif dapat membuat kita mengetahui batasan yang membuat kita aman. Misalnya saja, batasan ketika kita baru bertemu dengan orang asing. Saat berbincang dengan orang asing, mungkin kita bisa merasa sangat nyambung dan berpikir bahwa ia punya relasi yang sama dengan kita.

Orang yang berpikiran positif mungkin dapat dengan mudah membuka batasan terhadap orang tersebut. Tetapi, orang yang berpikiran negatif mungkin dapat lebih berhati-hati dan tetap memberikan batasan sampai ia yakin orang asing tersebut "aman".

4. Melindungi dari Tindakan Kriminal

Ketika punya pikiran negatif, Anda menjadi lebih waspada dan berusaha untuk menjaga diri di mana pun berada. Berpikir negatif bisa membuat kita ekstra waspada ketika berada di tempat asing atau tempat baru.

Sedangkan orang yang berpikiran positif bisa saja lebih lengah, lebih berisiko mengalami bahaya, atau rentan mengalami tindakan kriminal karena kurangnya rasa waspada.

Artikel Lainnya: Ampuh, Inilah 10 Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking

3 dari 5 halaman

5. Memberikan Waktu untuk Berpikir

Jika terus berpikir positif, terkadang kita melupakan hal-hal negatif yang mungkin terjadi saat mengambil suatu keputusan. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang bertindak gegabah.

Tidak ada salahnya untuk memikirkan kemungkinan hal negatif yang mungkin terjadi. Terlebih, jika keputusan yang diambil berkaitan dengan masa depan diri sendiri.

6. Lebih Berpikir Realistis

Ketika pikiran hanya dipenuhi dengan hal positif, Anda bisa terlena karena terus berada di zona nyaman. Anda juga bisa merasa tidak akan ada hal buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Namun, bila diimbangi dengan pikiran negatif, Anda dapat berubah menjadi pribadi yang lebih realistis dan bersiap dengan segala kemungkinan.

Artikel Lainnya: 10 Cara Melatih Otak untuk Lebih Berpikir Kreatif

4 dari 5 halaman

7. Melindungi dari Sakit Hati

Jika kita memandang seseorang sebagai idola, pasti kita merasa orang tersebut sempurna dan tidak akan pernah mengecewakan. Padahal, tidak ada manusia tidak yang sempurna.

Ketika mengimbangi dengan berpikir negatif, hal ini dapat membantu kita terhindar dari rasa kecewa dan sakit hati yang nantinya mungkin terjadi.

8. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Jika terus-terusan berpikir positif, tidak jarang seseorang cenderung merasa nyaman dan kurang bersemangat untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

Maka itu, Anda bisa mengimbangi dengan berpikir negatif sesekali. Punya pikiran negatif penting untuk melihat apa yang kurang di dalam hidup, sehingga Anda bisa bercermin dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

9. Memanfaatkan Uang dan Waktu Lebih Baik

Ketika kita diajak untuk bersenang-senang dengan teman atau kerabat, tidak jarang berujung berfoya-foya dan menghabiskan uang serta waktu yang kita miliki.

Namun, dengan berpikir ulang sembari menilai apakah kesenangan yang diperoleh sebanding dengan uang dan waktu yang kita keluarkan, hal ini membuat kita menjadi lebih bijak dalam memilih.

Nah, sekarang kembali kepada diri Anda. Apakah mau terus-menerus berpikir positif atau sesekali berpikir negatif? Karena punya pikiran negatif tak selalu merugikan, malah dapat berguna.

Ketahui fakta unik tentang kesehatan atau masalah psikologis lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

2 Komentar