HomePsikologiKesehatan MentalKenali Penyebab Sering Mimpi Buruk
Kesehatan Mental

Kenali Penyebab Sering Mimpi Buruk

Gerardus Septian Kalis, 15 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa hal ini bisa bikin Anda sering mimpi buruk.

Kenali Penyebab Sering Mimpi Buruk

Banyak orang menganggap bahwa mimpi buruk identik dengan anak-anak. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi buruk, bahkan sering. Lantas apa penyebabnya?

Dikutip dari WebMD, mimpi buruk pada orang dewasa sering terjadi dengan spontan. Akan tetapi, juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Pada beberapa kasus, mimpi buruk kerap terjadi setelah seseorang makan pada larut malam. Hal ini membuat tubuh meningkatkan metabolisme dan memberikan sinyal pada otak agar lebih aktif.

Selain itu, penggunaan obat-obat tertentu juga berkontribusi terhadap frekuensi mimpi buruk.  Obat-obatan seperti antidepresan dan narkotika sering dikaitkan dengan mimpi buruk. Obat non-psikologis seperti obat tekanan darah juga bisa mendatangkan mimpi buruk.

Di samping itu, ada pula sejumlah pemicu psikologis yang menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Beberapa penyebabnya yaitu kecemasan dan depresi. Post-traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami mimpi buruk secara berulang kali.

Apa efek mimpi buruk bagi kesehatan?

Orang-orang yang sering mengalami mimpi buruk biasanya memiliki perasaan cemas yang berlebih. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan efek psikologis yang merugikan.

Meski hubungannya tidak begitu dipahami, akan tetapi mimpi buruk telah dikaitkan dengan tindakan bunuh diri. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis bila Anda sering mengalami mimpi buruk.

Selain itu, kurang tidur yang disebabkan oleh mimpi buruk bisa menyebabkan sejumlah masalah medis, termasuk penyakit jantung, depresi, dan obesitas. Jika mimpi buruk pada orang dewasa adalah gejala sleep apnea atau gangguan stres setelah trauma, kesehatan fisik dan mental seseorang akan terganggu.

Kejadian mimpi buruk setiap orang berbeda-beda, ada yang tidak bisa berlari cepat untuk menghindari bahaya atau seakan-akan terjatuh dari ketinggian. Jika mengalami peristiwa traumatis (seperti serangan atau kecelakaan), Anda mungkin akan mengalami mimpi buruk berulang kali.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan mendasar. Minim istirahat karena mimpi buruk berisiko menurunkan daya tahan tubuh dan mudah terkena penyakit. Karena itu, Anda perlu memiliki kualitas tidur yang baik guna menjaga kesehatan.

[BA/ RVS]

tidurPenyebab Mimpi burukMimpi Buruk

Konsultasi Dokter Terkait