Sukses

5 Pilihan Terapi untuk Atasi Kebotakan pada Pria

Kebotakan menurunkan karisma Anda sebagai seorang pria? Cobalah beberapa terapi berikut untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Kebotakan merupakan salah satu masalah yang kerap menimpa pria. Keadaan ini tidak pandang bulu, karena dapat terjadi pada mereka yang berusia muda maupun tua.

Kebotakan yang terjadi pada pria biasanya menyerang bagian depan dan tengah kepala. Selain karena faktor genetik, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hormon androgen yang terdapat dalam tubuh pria. Sebab hormon ini dapat menyebabkan penipisan akar rambut pada bagian depan dan tengah kepala.

Kebotakan yang tidak diatasi secara cepat dan tepat dapat membuat rambut benar-benar terpangkas habis. Hal ini dapat sangat menganggu penampilan, hingga menurunkan karisma sebagai pria.

Anda tidak ingin mengalami hal itu, bukan? Tenang, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa terapi yang dapat Anda coba untuk mengatasi kebotakan yang terjadi:

  1. Obat topikal

Ini merupakan salah satu jenis terapi yang paling aman. Obat topikal jenis tertentu dioleskan ke bagian kepala yang mengalami kebotakan. Secara perlahan, obat ini akan merangsang tumbuhnya folikel-folikel rambut baru.

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit mengenai jenis obat topikal yang paling sesuai untuk mengatasi keluhan yang Anda alami.

  1. Obat minum

Obat minum yang dapat menghambat kerja hormon androgen dapat menjadi salah satu pilihan terapi untuk mengatasi kebotakan. Selain itu, suplementasi vitamin dan mineral juga dapat diberikan oleh dokter untuk mengatasi masalah kebotakan Anda.

  1. Obat injeksi

Injeksi obat golongan kortikosteroid pada daerah yang mengalami kebotakan merupakan salah satu contoh terapi yang dapat dilakukan. Selain itu, injeksi platelet rich plasma (PRP) juga mulai banyak digunakan untuk mengatasi kebotakan pada pria. Namun demikian, terapi kebotakan dengan metode PRP masih bersifat kontroversial.

  1. Transplantasi rambut

Selain obat-obatan, transplantasi rambut merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebotakan. Meski relatif mahal, terapi ini merupakan cara yang paling efektif.

  1. Terapi sinar

Meski mekanismenya belum diketahui secara pasti, terapi sinar dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kebotakan yang Anda alami.

Nah, jenis terapi apa yang hendak Anda pilih untuk mengatasi kebotakan yang Anda alami? Sebelum memutuskan, diskusikanlah hal ini lebih lanjut pada dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar