Sukses

Tetap Bahagia Saat Liburan Akhir Tahun Tiba

Banyak orang merasa stres saat liburan akhir tahun tiba. Berikut ini beberapa kiat untuk menghindari kondisi tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun dapat menjadi opsi terbaik untuk melepaskan penat akibat rutinitas atau pekerjaan yang padat. Akan tetapi, tidak semua orang merasa bahagia saat memasuki masa liburan.

Desember dapat menjadi bulan paling sulit sepanjang tahun bagi orang-orang yang mengalami konflik keluarga, kehilangan, putus cinta, perceraian, dan masalah kesehatan mental. Bahkan, sebuah penelitian telah menemukan bahwa depresi dan bunuh diri benar-benar mencapai puncaknya pada akhir tahun.

Meski belum ada data yang menunjukkan peningkatan depresi dan bunuh diri secara aktual pada bulan Desember, beberapa ahli tetap berpendapat bahwa holiday blues merupakan fenomena yang sangat nyata. Agar terhindar dari stres saat liburan akhir tahun, Anda dapat menerapkan beberapa kiat berikut ini:

  1. Jangan berharap terlalu tinggi

Psikiater Mark Sichel di New York, Amerika Serikat, mengatakan, seseorang kerap kecewa terhadap destinasi liburan yang tidak sesuai dengan harapan Anda.  Meski benar demikian, Anda tetap perlu mengucap syukur atas liburan yang baru saja berlangsung. Rasa syukur bisa melawan depresi.

  1. Merencanakan liburan dengan matang

Saat liburan, Anda mungkin tertekan karena tidak dapat menunaikan banyak hal. Agar tidak menyesal, Anda perlu merencanakan liburan akhir tahun dengan matang. Menurut Sichel yang juga penulis buku Healing From Family Rifts, tekanan yang tinggi karena tidak menyelesaikan banyak hal selama liburan adalah pemicu paling umum fenomena holiday blues. Orang-orang yang mengalami ini biasanya terjebak dalam perfeksionisme.

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dengan perkembangan media sosial saat ini, sulit untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika ingin terhindar dari depresi, Anda perlu berhenti membandingkan gaya liburan Anda dengan gaya liburan orang lain.

  1. Merawat diri

Bagi beberapa orang, Desember menjadi bulan paling sibuk karena tekanan kerja yang menumpuk. Kebiasaan sehat seperti yoga atau meditasi dapat menjadi hal pertama yang terlupakan. Hal tersebut dapat diiringi perilaku makan dan minum yang buruk. Karena itu, Sichel menekankan pentingnya menjaga pola makan dan tetap merawat diri di tengah kesibukan.

Jadi, itulah beberapa kiat untuk menghindari holiday blues. Agar tetap bahagia, nikmatilah setiap momen liburan akhir tahun bersama keluarga atau sahabat tercinta, dan hindari memikirkan hal-hal yang menimbulkan stres.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar