Sukses

Benarkah Kapur Biru Sembuhkan Penyakit Gondongan?

Anda tentu pernah dengar cara mengobati gondongan dengan blau atau kapur biru. Mitos atau fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda pernah menderita gondongan semasa kecil dulu, kemungkinan orangtua Anda mencoba mengobatinya dengan kapur biru atau yang biasa disebut blau. Namun, benarkah blau bisa menyembuhkan sakit gondongan?

Gondongan, atau dalam dunia medis disebut sebagai parotitis, adalah suatu penyakit infeksi virus yang menyerang kelenjar ludah atau kelenjar parotis. Tanda dan gejala gondongan biasanya cukup mudah dikenali, yaitu adanya pembengkakan di daerah leher yang mengarah ke rahang bawah, disertai demam dan sakit saat menelan.

Gondongan merupakan penyakit menular yang penyebarannya melalui air ludah dan biasanya menyerang anak usia di bawah 12 tahun. Inilah mengapa, imunisasi gondongan termasuk dalam daftar imunisasi wajib yang diadakan pemerintah untuk anak usia sekolah.

Anak yang menderita gondongan perlu dipastikan telah sembuh dengan baik. Karena jika tidak, nantinya akan menyebabkan gangguan fungsi dan kesehatan lainnya yang baru ditemukan saat dewasa, diantaranya tuli dan mandul.

Mitos kapur biru dan gondongan

Mitos mengatasi gondongan dengan menggunakan kapur biru telah berkembang di Indonesia sejak lama. Banyak orang mengatakan bila gondongan diobati dengan blau, maka gondongan akan sembuh. Anggapan ini tidak benar.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus biasanya memang akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, termasuk gondongan. Diberi blau atau tidak, gejala gondongan dapat berkurang dengan sendirinya setelah 1 minggu dan menghilang setelah 2 minggu jika didukung daya tahan tubuh yang baik.

Mengenai pengolesan kapur biru yang dianggap dapat menyembuhkan gondongan, hal tersebut awalnya dilakukan untuk mencegah anak keluar rumah karena malu. Dengan cara ini penularan dapat dihindari. Namun, pemakaian blau bukan untuk penyembuhan gondongan itu sendiri.

Sebenarnya, pengobatan gondongan tidak memiliki terapi khusus. Obat yang diberikan pada penderita gondongan biasanya hanya berfungsi untuk mengurangi nyeri dan menurunkan demam agar penderita dapat beristirahat. Kompres juga dapat diberikan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.

Daya tahan tubuh memegang peranan penting dalam proses penyembuhan gondongan. Maka itu, penting untuk makan makanan yang bergizi, mencukupi kebutuhan cairan dan istirahat yang cukup. Penderita gondongan juga biasanya akan disarankan untuk bed rest, atau mengurangi aktivitas dengan beristirahat di tempat tidur bagi anak sekolah, guna mencegah penularan ke lingkungan sekitar.

Pengobatan gondongan dengan kapur biru atau blau merupakan sebuah mitos belaka, karena penyakit ini merupakan infeksi virus yang dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat. Jika anak Anda menunjukkan gejala tersebut, pastikan ia mendapat nutrisi seimbang dan beristirahat yang cukup, agar dapat sembuh dengan cepat dan tuntas.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar