Sukses

Ini Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Alih-alih segar dan berenergi, Anda malah merasa pusing saat bangun tidur. Apa penyebabnya? Kenali beberapa kemungkinan penyebabnya di sini.

Normalnya, tubuh akan terasa segar dan berenergi setelah bangun tidur. Tapi pernahkah Anda justru merasa kepala sering pusing saat bangun tidur? Anda tak sendirian! Meski umumnya tak berbahaya, kondisi ini patut diwaspadai karena bisa merupakan tanda penyakit tertentu.

Pertama-tama, Anda harus bisa membedakan pusing dan sakit kepala. Pusing digambarkan sebagai rasa seperti melayang atau goyah, kepala terasa ringan, atau berputar. Kondisi ini merupakan gejala umum yang bisa dialami siapa saja dan kapan saja.

Sementara itu, sakit kepala biasanya dipersepsikan sebagai rasa nyeri pada kepala dan area di sekitarnya, misalnya hingga rongga mata atau leher. Sakit kepala bisa dirasakan sebagai sensasi kepala seperti terikat, tajam seperti ditusuk-tusuk, atau rasa pegal yang sangat mengganggu.

Artikel lainnya: Waspadai Vertigo Disertai Muntah

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pusing pada pagi hari, dari mulai masalah fisik hingga psikis. Kondisi apa saja yang perlu diwaspadai?

  1. Hipotensi atau Darah Rendah

Hipotensi adalah penyebab tersering keluhan pusing setelah bangun tidur. Tekanan darah dapat berubah sepanjang hari, bahkan hanya akibat posisi tubuh yang berbeda saat pengukuran.

Hasil pengukuran tekanan darah pun dapat berbeda. Misalnya saat pasien dalam posisi tidur, duduk, atau berdiri. Oleh karena itu, berubah posisi secara tiba-tiba, misalnya langsung berdiri dari berbaring, dapat menyebabkan perubahan tekanan darah yang drastis secara singkat.

Inilah yang menimbulkan kepala Anda pusing dan pandangan menjadi gelap.  Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik.

Artikel lainnya: Kurang Darah dan Darah Rendah, Ini Bedanya

  1. Kekurangan Zat Besi dan Anemia

Rendahnya kadar zat besi dan hemoglobin dalam tubuh juga bisa menyebabkan sel-sel kekurangan oksigen selama tidur. Akhirnya, ketika bangun tidur, Anda dapat mengalami pusing.

Penyebab anemia tersering adalah kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi umumnya dilatarbelakangi oleh kurangnya asupan gizi, pola makan vegan atau vegetarian, menstruasi terlalu panjang dan lama, perdarahan saluran cerna, dan cacingan.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi atau kondisi kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan gejala pusing hingga pingsan, terlebih saat bangun tidur. Jika Anda sedang berpuasa, banyak berkeringat karena aktivitas, suhu panas, olahraga berat atau kurang minum, dehidrasi sangat mungkin terjadi.

Anda dapat menilai status kecukupan cairan dengan melihat warna urine. Jika kuning muda, maka cairan dalam tubuh Anda cukup. Apabila warna urine kuning tua dan pekat, itu adalah tanda dehidrasi. Artinya, Anda harus minum air lebih banyak.

Artikel lainnya: 10 Alasan Mengapa Anda Mengalami Tangan Gemetar

  1. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi level gula darah Anda berada di bawah normal. Orang dengan kondisi ini dapat mengeluhkan pusing saat bangun tidur disertai keringat dingin dan perasaan gelisah.

Hipoglikemia adalah salah satu komplikasi akut pada pasien diabetes, dan umumnya berkaitan dengan penggunaan obat sulfonilurea (glibenclamide, gliclazide, glimepiride, glipizide, tolbutamide) atau insulin.

Kondisi kekurangan kadar gula darah ini dapat terjadi ketika Anda belum terbiasa berpuasa, melakukan diet ketat yang tidak terkontrol, lupa makan, atau olahraga berat tanpa asupan yang cukup.

Artikel lainnya: Waspada Terkena Hipoglikemia Akibat Diabetes

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Orang awam lebih mengenal kondisi ini sebagai vertigo atau pusing berputar. Umumnya, vertigo dicetuskan oleh perubahan posisi kepala yang mendadak, misalnya saat bangun tidur.

2 dari 3 halaman

Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur

Meski umumnya tidak bersifat fatal, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas. Pusing ketika bangun di pagi hari bisa dicegah dengan cara ini:

  • Saat bangun tidur, duduklah terlebih dahulu di tepi ranjang selama 5-10 menit sebelum berdiri atau berjalan.
  • Minum air putih 2 gelas sebelum tidur.
  • Perbanyak konsumsi buah, sayur, serta daging.
  • Rutin olahraga minimal dua kali seminggu.
  • Jika Anda punya diabetes, segera kontrol kadar gula darah secara rutin, atur pola makan, serta minum obat sesuai anjuran dokter.

Jangan abaikan keluhan pusing saat bangun tidur. Jika kemunculannya sering, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja, ini menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Masih ada pertanyaan soal sakit kepala dan pusing? Tanyakan pada dokter di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

1 Komentar