Sukses

Antisipasi Risiko Penyakit dari Golongan Darah Anda

Terdapat hubungan antara golongan darah dengan risiko terhadap penyakit tertentu. Berikut penjelasan mengenai risiko penyakit berdasarkan golongan darah.

Setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Perbedaan golongan darah ini dikelompokkan menjadi tipe A, B, AB, dan O. Masing-masing golongan darah akan menentukan kecocokannya ketika akan dilakukan transfusi darah. 

Fakta lainnya, ternyata ada hubungan antara golongan darah dengan risiko terhadap penyakit tertentu. Mari simak apa saja penyakit yang rentan terjadi berdasarkan golongan darah.

1 dari 2 halaman

Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Substansi mikroskopik dalam darah Anda yang diturunkan dari orang tua, terdapat pada bagian terluar sel darah merah yang berinteraksi dengan sistem imun. 

Hal ini membuat Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita suatu penyakit. Anda mungkin saja akan lebih rentan atau justru kebal terhadap masalah jantung, kanker, atau penyakit lainnya. 

Berikut adalah risiko penyakit berdasarkan golongan darah yang perlu Anda tahu: 

1. Golongan Darah O

Ada kabar baik bagi Anda yang bergolongan darah O. Ternyata golongan darah O memiliki risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah. Selain itu, penyakit malaria juga lebih jarang terjadi pada orang dengan golongan darah O. Tak hanya itu, 37 persen orang dengan golongan darah O lebih kebal dari kanker pankreas.

Namun, orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita ulkus lambung. Wanita dengan golongan darah O sering dikaitkan dengan produksi sel telur yang lebih rendah pada wanita jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

2. Golongan Darah A

Berdasarkan beberapa penelitian, golongan darah A memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan golongan darah O untuk menderita kanker perut, kanker pankreas, diabetes, dan stres. 

Orang dengan golongan darah A memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi, yang mungkin berhubungan dengan kejadian stres lebih tinggi. Tak hanya itu, orang dengan golongan darah A memiliki risiko paling tinggi terhadap penyakit jantung jika dibandingkan dengan golongan darah O. 

Artikel lainnya: Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona, Kenapa?

3. Golongan Darah B

Jika Anda bergolongan darah B, ternyata Anda juga memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami kanker lambung dan kanker pankreas. 

Layaknya orang dengan golongan darah A, orang dengan golongan darah B memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita diabetes. Orang dengan golongan darah B mempunyai risiko penggumpalan darah yang fatal pada paru-paru serta peradangan yang tinggi.

4. Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit akibat bekuan darah. 

Tak hanya itu, mereka memiliki risiko lebih tinggi terhadap gangguan kognitif jika dibandingkan dengan golongan darah lain. Biasanya hal ini berkaitan dengan masalah berpikir, seperti proses belajar atau mengingat daftar barang- barang. 

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa golongan darah A, B, O juga memainkan peran kunci dalam berbagai penyakit manusia seperti gangguan kardiovaskular, kanker, dan infeksi. 

Dalam waktu dekat, semoga semakin banyak penelitian yang dapat mendukung hubungan golongan darah dengan risiko penyakit tertentu. Dengan begitu, hal ini nantinya bisa bermanfaat untuk pencegahan dan penanganan penyakit.

Itulah penjelasan mengenai risiko penyakit berdasarkan golongan darah. Jika Anda ingin mencegah berbagai jenis penyakit, jangan lupa untuk berpola hidup sehat dari sekarang, ya! Pilihlah makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Dengan pola hidup yang sehat, maka kita sedang berusaha mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar risiko penyakit berdasarkan golongan darah, dapat berkonsultasi langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar