Sukses

Inilah 3 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Tanaman kumis kucing dinilai memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Berikut ini adalah penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Tanaman kumis kucing memiliki nama lain Orthosiphon aristatus dan termasuk dalam keluarga Lamiaceae. Biasanya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias di taman rumah. Namun benarkah tanaman kumis kucing berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit?

Ramuan kumis kucing telah lama dipercaya sebagian masyarakat sebagai obat herbal. Mengutip dari Buzzle, ramuan ini bahkan telah digunakan oleh orang-orang di Asia Tenggara selama berabad-abad. Penelitian menunjukkan bahwa ramuan kumis kucing itu tampaknya aman.

Studi laboratorium telah mengungkapkan bahwa tanaman kumis kucing mengandung banyak senyawa yang berguna untuk melawan penyakit. Manfaat kesehatan ramuan ini dikaitkan dengan adanya kandungan fitonutrien seperti flavonoid (eupatorin dan sinensetin), tanin, saponin, fenol terpenoid dan orthosiphonin (glikosida).

Tanaman kumis kucing untuk kesehatan

Ramuan ini telah digunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan kandung kemih karena efek diuretiknya. Kumis kucing juga diyakini memiliki sifat antihipertensi dan anti-inflamasi. Oleh sebab itu para praktisi herbal telah menggunakan ramuan ini untuk mengurangi gejala encok dan rematik.

Tak heran, ramuan ini digunakan dalam beberapa minuman detoksifikasi atau produk yang digunakan untuk merangsang serta meningkatkan aliran urine.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda temukan dari konsumsi tanaman kumis kucing:

  1. Manfaat Diuretik

Istilah 'diuretik' mengacu pada zat yang meningkatkan aliran urine. Ramuan tanaman kumis kucing dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi dan aliran urine dengan merelaksasi otot-otot dinding pembuluh internal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang. Hasilnya menunjukkan efek produksi urine yang normal pada tikus.

  1. Detoksifikasi

Karena memiliki manfaat diuretik, kumis kucing dapat membantu meningkatkan aliran urine, yang konon bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, soal khasiat kumis kucing sebagai penurun berat badan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1.  Antihipertensi

Rutin mengonsumsi ramuan kumis kucing juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Efek ini disebabkan adanya Methylripariochromene A (MRC) pada daun tanaman ini yang juga berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah.

Sifat ini diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang tinggi di tanaman ini juga bermanfaat dalam mengobati hipertensi, karena potasium membantu mengurangi efek sodium.

Untuk mengonsumsi ramuan kumis kucing, siapkan beberapa daun dari tanaman kumis kucing. Potong kecil daun tersebut dan rebuslah bersama empat gelas air. Biarkan mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu, gunakan saringan untuk memisahkan daun dan air. Minumlah satu sampai dua cangkir setiap hari. Meskipun begitu, efek dari ramuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jika Anda tertarik mencoba ramuan herbal dari tanaman kumis kucing, Anda harus membicarakannya dengan orang yang lebih ahli, agar terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi. Namun akan lebih aman jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk menentukan perlu atau tidaknya mengonsumsi ramuan ini, jika ada hubungannya dengan penyakit.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar