Sehat dan Bugar

Jalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Bikin Panjang Umur

dr. Arina Heidyana, 26 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Olahraga jalan kaki memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat memperpanjang umur Anda.

Jalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Bikin Panjang Umur

Salah satu olahraga yang murah, sederhana, dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada peralatan apa pun, kecuali sepatu yang tepat. 

Walau sekilas terlihat ringan, olahraga jalan kaki nyatanya baik untuk kesehatan jantung hingga tulang. Bahkan, jalan kaki bisa memperpanjang umur Anda!

Olahraga Jalan Kaki Bisa Bikin Panjang Umur

Olahraga jalan kaki ternyata cukup ampuh untuk membuat Anda lebih panjang umur. Hal ini pun terbukti oleh beberapa hasil penelitian. 

Periset dari American Cancer Society menemukan bahwa olahraga jalan kaki terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama pada orang tua.

Artikel lainnya: Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

Mereka mendapatkan bahwa rutin berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker payudara hingga kanker usus besar. Selain itu, berjalan kaki disebut dapat memperbaiki masalah insulin, kolesterol, hingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine tahun 2017 juga menemukan hubungan yang kuat antara berjalan kaki dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan.

Artinya, semakin sering Anda berjalan, maka akan semakin banyak manfaatnya. Peneliti pun menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki, sekalipun tidak terlalu banyak, masih lebih baik dan memiliki manfaat penurunan risiko penyakit dibanding yang tidak melakukan olahraga ini.

Selain mencegah penyakit, rutin berjalan kaki juga dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik dan peningkatan fungsi kognitif. 

Artikel lainnya: Panjang Umur berkat Olahraga Golf

Berjalan kaki pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru ingin memulai olahraga dan pola hidup sehat. Pasalnya, berjalan kaki adalah jenis latihan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan alat bantu khusus, apalagi biaya berlebih untuk melakukannya. Anda dapat berjalan kaki kapanpun dan di manapun. 

Tips Agar Berjalan Kaki Lebih Menyenangkan

Mungkin gerakan dari berjalan kaki yang begitu-begitu saja membuat tak banyak orang tertarik untuk melakukannya. Padahal jika Anda membiasakan berjalan kaki, ada banyak manfaat kesehatan yang menunggu. Anda juga akan berkontribusi menjaga kesehatan udara di lingkungan Anda, sebab tak perlu lagi ada polusi udara dari asap kendaraan.

Nah, agar berjalan kaki jadi lebih menyenangkan, cobalah beberapa tips berikut:

  • Ubah mindset Anda kalau jalan kaki itu baik untuk kesehatan sehingga tidak menjadi beban
  • Ajak teman, keluarga, atau hewan peliharaan untuk menemani jalan kaki
  • Anda bisa berjalan sambil mendengarkan musik agar lebih rileks
  • Pilih lokasi olahraga jalan kaki yang menyenangkan, seperti di taman
  • Cobalah untuk mengganti lokasi jalan kaki agar tidak membosankan
  • Gabungkan berjalan kaki dengan aktivitas lain, misalnya memotret keindahan lingkungan sekitar

Artikel lainnya: Hindari Hal Ini Kalau Mau Panjang Umur

Olahraga Ringan Lain untuk Memperpanjang Umur

Selain jalan kaki, olahraga berikut ini juga dapat memperpanjang umur Anda: 

  1. Berenang

Menurut penelitian, berenang secara teratur dapat menurunkan angka kematian sebanyak 28 persen. Orang yang rutin berenang juga memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah (41 persen) dibandingkan dengan orang yang tidak berenang.

  1. Bersepeda

Bersepeda santai mengelilingi lingkungan sekitar akan terasa sangat menyenangkan, bukan? Tidak memerlukan waktu yang lama, cukup dengan bersepeda selama minimal 30 menit Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

  1. Senam Jantung Sehat

Sesuai namanya, olahraga ini memiliki berbagai gerakan yang akan meningkatkan performa jantung Anda, sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, pendinginan, dan mengecek nadi sebelum dan sesudah senam.

  1. Joging

Tidak perlu berlari kencang dan lama, joging pun bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Hal ini telah dibuktikan dalam salah satu penelitian di British Journal of Sports Medicine, bahwa lari santai yang dilakukan sekali dalam seminggu dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

  1. Yoga

Yoga adalah aktivitas yang tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga kesehatan mental dan spiritual Anda. Gerakan-gerakan pada yoga dapat menstimulasi aliran darah ke organ sekaligus meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. 

Sudah tahu, kan, olahraga apa saja yang bisa meningkatkan kualitas hidup Anda? Yuk, rutin olahraga dengan berjalan kaki agar hidup lebih berkualitas. Panjang umur adalah bonus yang akan Anda dapatkan dari pola hidup sehat.

Jika masih memiliki pertanyaan mengenai manfaat jalan kaki, silakan berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/ RS]

Jalan Kakimanfaat jalan kakiPanjang Umur

Konsultasi Dokter Terkait