Sukses

Memiliki Banyak Tahi Lalat, Haruskah Khawatir?

Apakah memiliki tahi lalat di tubuh merupakan tanda dari suatu penyakit?

Klikdokter.com, Jakarta Anda punya banyak tahi lalat? Jika ya, Anda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah jumlah tahi lalat yang cukup banyak adalah hal normal? Atau sebaliknya, apakah kondisi tersebut merupakan tanda dari suatu penyakit?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang definisi tahi lalat. Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman di atas permukaan kulit.

Tahi lalat dapat muncul sejak lahir, atau disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Orang yang berkulit terang cenderung lebih banyak memiliki tahi lalat, dibandingkan dengan orang yang berkulit gelap.

Jika memiliki jumlah tahi lalat lebih dari satu, Anda tidak perlu khawatir. Bila orang yang berkulit putih memiliki 10-14 tahi lalat pada tubuhnya, maka hal tersebut masih wajar. Jumlah tahi lalat juga bisa bertambah pada wanita hamil dan usia pubertas. 

Tahi lalat baru dapat dikatakan berbahaya dan mengarah kepada penyakit kanker kulit bila memiliki gejala sebagai berikut:

  • Tahi lalat berubah warna menjadi lebih gelap atau memiliki lebih dari dua warna.
  • Tahi lalat mengalami perubahan ukuran.
  • Terdapat gejala tambahan seperti rasa gatal dan mengeluarkan darah.
  • Tepian tahi lalat tidak merata. Tepi tahi lalat normalnya berbentuk simetris bulat atau oval.

Jika tahi lalat pada tubuh tidak memberikan gejala seperti di atas, Anda tidak perlu khawatir. Sebagian besar tahi lalat tidak perlu penanganan lebih lanjut.

Meski demikian, Anda perlu menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan, terutama di antara pukul sebelas siang sampai tiga sore, untuk mencegah tahi lalat berkembang menjadi kanker kulit.

Saat beraktivitas di luar ruangan, Anda perlu memakai tabir surya yang mengandung SPF minimum 30, dan mengenakan pakaian yang melindungi kulit di area tangan dan kaki. Anda juga bisa membawa penutup kepala atau payung. Semua langkah-langkah tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah tahi lalat berkembang menjadi kanker kulit.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar