Sukses

Jangan Remehkan Stres Kalau Tak Mau Sakit Mag

Sakit mag sering dialami oleh banyak orang. Dan ternyata, stres sehari-hari dapat menjadi pemicu utamanya.

Klikdokter.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa stres yang Anda alami dapat berkontribusi terhadap penyakit. Salah satunya adalah sakit mag.

Stres tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Stres dalam tubuh terbagi menjadi dua, yaitu stres emosional dan stres fisiologis. Kedua jenis stres ini sama-sama dapat menimbulkan sakit mag.

Stres emosional adalah stres yang terjadi ketika Anda menghadapi tantangan atau merasa tertekan. Sedangkan, stres fisiologis berhubungan dengan tekanan langsung terhadap tubuh, seperti pada mereka yang sedang sakit kritis (misalnya, pada luka bakar luas, peningkatan tekanan di otak, gagal organ multipel, dsb).

Ketika stres fisiologis berlangsung, produksi lapisan lendir yang melindungi lambung berkurang. Akibatnya, asam lambung dapat menyebabkan perlukaan pada permukaan lambung.

Selain stres fisiologis, stres emosional pun dapat mengundang sakit mag. Studi membuktikan bahwa stres emosional meningkatkan CRH (corticotrophin-releasing hormone), yang membuat lapisan lendir pelindung lambung mudah ditembus oleh asam lambung.

Hal lain yang mungkin berperan adalah hubungan stres emosional dengan kebiasaan buruk. Stres dikaitkan dengan perilaku merokok, konsumsi alkohol, dan pola makan yang tidak teratur. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga memicu mag.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres agar terhindar dari sakit mag? Untuk stres fisiologis tentunya ditangani dengan mengobati penyakit dasarnya. Sementara itu, untuk stres emosional dapat dilakukan latihan bernapas yang bertujuan menenangkan Anda.

Caranya, carilah posisi yang nyaman. Tarik napas melalui hidung secara perlahan. Untuk memudahkan Anda, hitung hingga lima saat menarik napas. Setelah itu, buang napas melalui mulut secara perlahan, hitung kembali hingga lima sembari membuang napas. Lakukan latihan ini selama 3 hingga 5 menit.

Nah, jika Anda ingin meringankan stres yang Anda alami, lakukan latihan di atas, dan hindari kebiasaan yang bisa memicu situasi tersebut. Semoga stres yang Anda alami tidak mendatangkan sakit mag, atau bahkan memperparahnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar