Sukses

Kiat Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Agar kesehatan mental tidak terganggu, jaga dengan cara sederhana ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan mental merupakan salah satu aspek penting yang harus selalu Anda perhatikan. Ini karena kesehatan mental berhubungan erat dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang gagal dalam mempertahankan kesehatan mental yang dimilikinya. Alasan tersering dari kondisi tersebut adalah beban pekerjaan, yang membuat seseorang tertekan hingga bingung dalam mengambil keputusan.

Faktanya, 1 dari 6 pekerja mengalami gangguan mental seperti cemas dan depresi. Jika tidak segera dicarikan solusi, hal-hal seperti ini dapat melemahkan semangat dan motivasi kerja, atau bahkan meningkatkan keinginan untuk bunuh diri.

Maka itu, agar sederet dampak buruk tersebut tidak menimpa Anda, lakukan tindakan berikut ini agar kesehatan mental tetap terjaga:

  1. Bersosialiasi

    Studi membuktikan bahwa perasaan dekat atau dihargai oleh orang lain adalah kebutuhan dasar manusia. Karena itu, hubungan sosial yang baik dapat menunjang kesehatan mental tetap optimal.

  2. Manfaatkan momen makan siang

    Nikmati waktu makan siang Anda. Bersantai dan bercerita sambil makan siang bersama rekan kerja dapat mengembalikan mood, dan mengusir rasa penat akibat pekerjaan.

  3. Cari hiburan

    Ketika Anda stres dengan pekerjaan, cobalah untuk mencari sedikit hiburan misalnya mendengarkan musik. Aktivitas ini dapat membantu Anda melepas penat, dan membantu mengembalikan fokus bekerja. Studi membuktikan bahwa musik yang pelan dan tenang dapat memberikan relaksasi serta mengurangi kecemasan.

  4. Membantu rekan kerja

    Studi membuktikan bahwa membantu orang lain dapat menumbuhkan rasa bahagia di dalam diri. Seperti diketahui, bahagia merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental tetap prima.

  5. Olahraga

    Berolahraga secara rutin dapat mengurangi kejadian depresi dan gangguan cemas. Aktivitas sehat ini juga baik untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh Anda. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di kantor, misalnya berjalan memutari kantor, lebih memilih naik tangga daripada naik lift, dan lainnya.

Jika cara di atas belum mampu meningkatkan kesehatan mental Anda, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar