Sukses

Kiat Hidup Sehat untuk Pengidap Bipolar

Penderita gangguan bipolar bisa mengalami perubahan emosi yang sangat ekstrem. Karena itu, jalani pola hidup sehat untuk mengatur mood Anda.

Bagi seseorang dengan gangguan bipolar, penting untuk menjalani pola hidup sehat. Pasalnya, orang dengan gangguan ini dapat mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, sehingga tak jarang berujung pada depresi.

Perubahan mood tersebut tentu akan mengganggu produktivitas dan kehidupan sosial penderita. Maka dari itu, penting untuk menerapkan perilaku hidup sehat sebagai cara untuk mengurangi perubahan emosi gangguan bipolar.

1 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar, atau disebut dengan manic depressive disorder atau manic depression, adalah salah satu gangguan kesehatan jiwa yang serius.

Gangguan ini dapat memicu pengidapnya melakukan hal yang berbahaya, merusak hubungan dengan orang lain maupun karier diri sendiri, bahkan adanya kecenderungan bunuh diri apabila kondisi tidak tertangani.

Gangguan bipolar memiliki karakteristik perubahan ekstrem pada suasana hati atau mood, dari mania (sangat bahagia) hingga depresi (sangat sedih).

Pada episode mania, seseorang akan merasa berenergi, ingin berceloteh terus, tidak bisa diam, dan lain-lain. Namun, mood tersebut dapat menukik tajam pada saat depresi. Penderita menjadi mudah tersinggung, bingung, marah, sedih yang mendalam, dan merasa terperangkap.

Di antara episode gangguan suasana hati, seorang pengidap bipolar juga bisa mengalami mood normal.

Artikel Lainnya: Jenis-jenis Bipolar yang Perlu Anda Kenali

2 dari 3 halaman

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Bipolar

Menjalani pola hidup sehat seharusnya tidak sulit, bahkan bagi pengidap gangguan bipolar sekalipun. Namun, perlu pengawasan dan motivasi dari keluarga serta teman agar pengidap bipolar mampu menjalaninya dengan baik.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat:

  1. Berolahraga Rutin

Olahraga dapat menjadi cara untuk mengatasi bipolar karena suasana hati akan terbantu menjadi lebih stabil. Dengan berolahraga, Anda juga akan tidur dengan lebih nyenyak.

Apabila Anda sedang jarang beraktivitas fisik, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan Anda cukup sehat untuk memulai olahraga rutin.

Anda dapat memulai dengan hal sederhana, seperti berjalan kaki bersama teman. Lalu secara bertahap, usahakan berolahraga setidaknya 30 menit per hari, selama 5 hari dalam seminggu. 

Artikel Lainnya: Jangan Asal Sebut! Ini Perbedaan Moody dan Bipolar

  1. Terapkan Pola Makan yang Sehat 

Tidak ada pola makan yang spesifik untuk seseorang dengan gangguan bipolar. Namun, seperti orang sehat, memilih makanan yang tepat dapat membantu terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan.

Fokuslah pada buah dan sayuran, protein tanpa lemak atau rendah lemak, serta gandum utuh. Kemudian, batasi makanan dengan kandungan lemak, garam, dan gula.

  1. Kelola Stres

Kecemasan dapat memperparah perubahaan mood pada gangguan bipolar. Cara untuk mengatasi gangguan bipolar yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelola stres.

Berbaring di sofa sambil menonton televisi atau membuka media sosial terus-menerus bukanlah cara yang baik untuk menghabiskan waktu. Cobalah kegiatan yang membutuhkan fokus tinggi seperti meditasi, yoga, atau melukis dan mewarnai. 

Artikel Lainnya: Manfaat Pelukan sebagai Obat untuk Penderita Gangguan Bipolar

  1. Perhatikan Pola Tidur

Kualitas tidur yang baik adalah salah satu penerapan pola hidup sehat, termasuk bagi penderita gangguan bipolar. Pasalnya, jika mengalami kekurangan tidur, mood pun biasanya akan ikut terpengaruh.

Episode mania pada gangguan bipolar bisa terjadi akibat kekurangan tidur. Sementara, jika pengidap gangguan bipolar tidur lebih lama dari biasanya, berarti ia sedang dalam episode depresi.

  1. Buatlah Jadwal Rutinitas

Cara untuk mengatasi perubahan suasana hati gangguan bipolar bisa dilakukan dengan membuat jadwal rutinitas. Sebagian pengidap bipolar merasa lebih baik apabila memiliki jadwal harian karena dapat membantu mengontrol suasana hati.

Dengan adanya jadwal rutinitas, pengidap bipolar memiliki tujuan dan arah dalam melakukan aktivitas agar tidak ada waktu yang ‘kosong’.

Artikel Lainnya: Apakah Gangguan Bipolar Bisa Memicu Badan Lemas?

  1. Buatlah Beberapa Perubahan di Rumah dan Tempat Kerja

Adakah beberapa hal yang membuat Anda stres di rumah atau di tempat kerja? Jika ada, dan sekiranya bisa diubah agar hidup menjadi lebih baik, carilah solusi terbaik untuk mengubahnya. Ini akan membuat Anda bahagia dan memiliki mood yang lebih stabil.

  1. Batasi Konsumsi Kafein

Cara mengurangi bipolar bisa dilakukan dengan membatasi asupan kafein. Sebab, kafein menyebabkan kurang tidur sehingga gejala episode bipolar bisa muncul. Minuman berkafein meliputi soda, kopi, dan teh, serta cokelat.

Apabila Anda terbiasa mengonsumsinya, kurangi secara bertahap agar tidak mendapatkan nyeri kepala maupun gejala lainnya dari caffeine withdrawal (putus kafein).

  1. Hindari Alkohol dan Obat-obatan Terlarang

Alkohol dan obat-obatan terlarang dapat memengaruhi kerja dari obat-obatan yang dikonsumsi pengidap bipolar. Karena itu, cara untuk mengatasi bipolar bisa Anda lakukan dengan menghindarinya.

Konsumsi alkohol dan obat terlarang akan memperparah maupun memicu suatu episode dari gangguan bipolar. Lebih buruknya lagi, keduanya dapat membuat gangguan ini lebih sulit untuk diobati.

Gangguan bipolar memang sulit dihadapi, baik sebagai penderita maupun keluarga dan teman dari pengidap gangguan bipolar. Untuk mencegah gejala memburuk, terapkanlah pola hidup sehat secara konsisten dengan memperhatikan beberapa tips di atas.

Apabila memiliki pertanyaan seputar gangguan bipolar ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda bisa bertanya langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar