Sukses

Potasium Nitrat, Sang Penyelamat Gigi Sensitif

Memiliki keluhan gigi sensitif bisa membuat Anda menderita. Potasium nitrat ternyata mampu mengatasinya.

Gigi sensitif membuat penderitanya serba salah. Pasalnya, kondisi ini menyebabkan rasa ngilu saat makan atau minum air panas, dingin, serta asam. Selain itu, rasa ngilu juga bisa timbul saat Anda menyikat gigi.

Minum obat antinyeri pun tidak bisa mengatasi gigi sensitif ini. Meski sempat hilang, rasa ngilunya akan kambuh kembali.

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir. Faktanya, ada bahan yang bernama potasium nitrat yang telah terbukti bisa efektif untuk mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif. Yuk, kenali lebih dekat mengenai manfaat potasium nitrat berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Potasium Nitrat?

Potasium nitrat adalah senyawa kimia (KNO3), yang merupakan garam ion dari ion kalium (K+) dan ion nitrat (NO3−). Senyawa ini telah digunakan sejak dahulu kala sebagai pengawet makanan dan juga dalam bidang pertanian.

Selain itu, manfaat potasium nitrat lainnya adalah sebagai zat yang mampu mengurangi rasa ngilu dengan masuk melalui pori-pori gigi ke tempat saraf, lalu menghambat sinyal rasa sakit, agar sinyal rasa sakit tidak sampai ke saraf otak. 

Oleh karena itu, di bidang kedokteran gigi, potasium nitrat digunakan sebagai bahan aktif dalam pasta gigi maupun obat kumur untuk mengatasi keluhan gigi sensitif.

Gigi sensitif adalah rasa sakit yang tajam dan singkat pada dentin yang terbuka atau tidak terlindung email gigi, misalnya pada kondisi gigi yang mengalami gusi turun.

Reaksi ngilu tersebut merupakan respons pulpa terhadap rangsang termal, taktil, osmotik, atau kimia tanpa keterlibatan bakteri. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Ternyata Cuma Mitos

2 dari 4 halaman

Bagaimana Potasium Nitrat Mengatasi Gigi Sensitif?

Penggunaan potasium nitrat sudah terbukti khasiatnya untuk mengatasi gigi sensitif. Namun, bagaimana zat ini bisa bekerja untuk mengatasi keluhan tersebut?

Para ahli mengatakan bahwa potasium nitrat bekerja dengan menyatu ke dalam struktur lapisan dentin yang menyerupai pipa (tubulus dentin) berisi cairan dan mengandung ujung serabut saraf gigi.

Pada prosesnya, senyawa ini menetralkan saraf dan memblokir transmisi rasa nyeri ke otak sehingga sensitivitas gigi berkurang.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa potasium nitrat yang digunakan 30 menit sebelum perawatan gigi tertentu dapat mengurangi sensitivitas pada gigi.

Pernyataan tersebut sejalan dengan penelitian lain yang menggunakan pasta gigi dengan kandungan nitrat selama 8 minggu. Hasilnya terbukti secara signifikan dalam mengobati keluhan gigi sensitif.

Artikel Lainnya: Pentingnya Pakai Pasta Gigi Berbahan Herbal untuk Gigi Sensitif

3 dari 4 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Potasium Nitrat

Meski khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi, hal ini tidak serta-merta menjadikan potasium nitrat sebagai satu-satunya cara untuk mengobati gigi sensitif. Perlu diingat bahwa diperlukan adanya pemeriksaan dan juga perawatan lainnya.

Cara mengatasi gigi sensitif dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Pasalnya, jika gigi sensitif sudah diobati, tetapi penyebabnya belum dihilangkan, rasa ngilu akan muncul kembali.

Selain itu, pemakaian pasta gigi dengan kandungan nitrat sebaiknya digunakan dalam jangka panjang agar pasien dengan gigi sensitif tetap dapat melakukan perawatan lainnya, seperti bleaching gigi ataupun hanya sebagai cara untuk mencegah gigi berlubang.

Itulah beberapa manfaat potasium nitrat bagi pengobatan gigi sensitif. Jika Anda mengalami rasa ngilu yang singkat dan tajam, padahal tidak ada gigi yang berlubang, maka jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung potasium nitrat.

Konsultasikan keluhan gigi sensitif Anda dengan dokter agar penyebab gigi sensitif dapat diketahui sehingga Anda memperoleh penanganan yang tepat. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami menggunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar