Sukses

Kondisi Sepele yang Jadi Gejala Batu Empedu

Batu empedu merupakan suatu kondisi medis, yang ditandai dengan kondisi-kondisi yang kerap dianggap sepele.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap manusia memiliki kantung empedu di dalam tubuhnya. Organ ini terletak di bawah hati, dan berfungsi memproduksi cairan empedu untuk membantu tubuh mencerna lemak dan beberapa vitamin.

Setelah proses pencernaan makanan dimulai, cairan empedu akan dilepaskan ke bagian atas usus kecil. Jika empedu merasakan ada lemak yang tidak bisa dicerna, maka cairan yang dilepaskan jumlahnya akan meningkat.

Apabila cairan tersebut terlalu banyak, dan usus tidak bisa menampungnya dengan baik, maka kantung empedu menjadi stres sehingga tidak dapat mencerna lemak dan vitamin dengan baik.

Pada beberapa kasus, masalah pada kantung empedu disebabkan oleh kolesterol yang tidak bisa dicerna. Cepat atau lambat, kondisi ini menyebabkan terbentuknya batu empedu.

Batu empedu sering terjadi pada orangtua, wanita, dan orang dengan berat badan berlebih. Sebagian besar kasus batu empedu tidak menunjukan gejala yang khas. Gejala baru muncul saat ukuran batu empedu cukup besar, yakni:

  1. Nyeri tiba-tiba di bagian kanan atas, dan/ atau tengah perut,
  2. Sakit di punggung atau bahu kanan,
  3. Mual,
  4. Nyeri di punggung,
  5. Demam,
  6. Kulit terasa gatal,
  7. Kehilangan nafsu makan.

Agar batu empedu tidak terbentuk di dalam tubuh Anda, mulailah untuk menghindari makanan berkolesterol tinggi serta minuman beralkohol. Di samping itu, Anda pun harus mengonsumsi diet kaya serat, memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan minum air putih 10-12 gelas per hari.

Ingatlah bahwa batu empedu adalah kondisi berbahaya, yang dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya secara keseluruhan. Tetap waspada, terapkan gaya hidup sehat sekarang juga!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar