Sukses

Rambut Bebas Apek untuk Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk membiarkan rambut Anda rusak dan bau. Berikut kiat rambut bebas apek untuk wanita berhijab.

Klikdokter.com, Jakarta Meski tak lagi terpapar matahari dan polusi, rambut yang tertutup hijab memiliki ruang yang semakin terbatas. Artinya, bagi Anda yang telah memutuskan untuk berhijab, kesehatan rambut tetap harus diperhatikan.

Rambut yang tertutup hijab sepanjang hari nyatanya membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat dan indah. Dikutip dari bintang.com, berikut beberapa kiat agar rambut wanita berhijab tetap sehat dan bebas bau apek.

  1. Rajin Keramas

    Rambut yang tertutup hijab rentan mengeluarkan bau apek di sekitar kepala. Sebab, saat Anda beraktivitas dan mengeluarkan keringat, rambut dalam hijab yang terkena keringat mengering tanpa bantuan angin atau panas.

    Selain apek, kalau dibiarkan setiap hari bukan tak mungkin rambut Anda akan menjadi rapuh dan cepat rusak. Untuk menyiasatinya, Anda harus mengatur jadwal keramas dan selalu mencuci rambut tepat waktu.

    Anda pun dapat menambahkan kondisioner setiap keramas atau menggunakan sampo yang berbahan ringan. Rambut yang tertutup hijab akan lebih berminyak dan lembap, sehingga sampo yang ringan dapat membantu menstabilkan kondisi rambut.

  2. Keringkan Rambut dengan Benar

    Meski rutin keramas, rambut akan tetap berbau apek jika tidak dikeringkan dengan benar. Setelah keramas, keringkan rambut Anda secara alami sebelum kembali menutupnya dengan hijab. Pastikan rambut kering dengan sempurna. Ketika Anda terburu-buru, keringkan rambut dengan hair dryer.

    Atur hair dryer Anda pada temperatur rendah atau sedang. Menggunakan hair dryer dengan temperatur tinggi berpotensi membuat rambut kering dan mudah patah.

  3. Pilih Hijab yang Tepat

    Agar rambut tidak terlalu “bekerja keras”, pilihlah bahan kain hijab yang lembut dan ringan seperti katun. Bahan katun dapat memberikan sirkulasi yang baik bagi rambut dan kepala Anda.

    Selain bahan hijab, sebaiknya Anda memilih gaya hijab yang tidak terlalu mengekang rambut. Gaya hijab sederhana dan yang tidak terlalu ketat cukup efektif untuk menghindari rambut dari bau apek.

    Jika Anda mengenakan dalaman hijab, pastikan bahannya sesuai dan tidak membuat rambut apek. Gunakan dalaman hijab yang memiliki lubang di belakang, atau dalaman yang berbentuk bandana jika hijab Anda sudah cukup tebal untuk menutupi rambut.

  4. Istirahatkan Rambut

    Saat Anda di rumah atau tengah dalam kesempatan melepas hijab, biarkan rambut tergerai dan terurai bebas. Jangan menjepit apalagi mengikat rambut dalam keadaan demikian, sehingga rambut Anda dapat beristirahat. Gunakan serum khusus untuk kulit kepala agar kadar minyak di kulit kepala tetap terkontrol.

  5. Konsumsi Makanan Sehat

    Selain rangkaian perawatan di atas, rambut bebas apek pun bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Terutama makanan yang kaya protein dan zat besi, seperti bayam, telur, dan salmon. Nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari membantu menguatkan dan memberi nutrisi pada setiap helai rambut.

Agar rambut tetap sehat dan anti bau apek, Anda dapat mempraktikkan kiat-kiat tersebut. Jangan lagi beranggapan bahwa rambut yang tertutup hijab tak lagi perlu dirawat. Selamat mencoba!

Baca artikel serupa di sini 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar