Sukses

Konsumsi Telur Berlebih Picu Batu Ginjal?

Telur merupakan sumber protein. Namun, benarkah mengonsumsi telur berlebih bisa memicu timbulnya batu ginjal?

Klikdokter.com, Jakarta Batu ginjal disebut-sebut sebagai salah satu kondisi yang paling menyakitkan bagi para penderitanya. Meski dinamakan batu ginjal, batu ini sebenarnya terletak sepanjang saluran kemih.

Berbagai macam zat (batu kalsium, batu asam urat, batu struvite, dan batu cysteine) yang telah dimetabolisme oleh ginjal akan dikeluarkan dalam bentuk urin keluar dari tubuh Anda. Jika terkonsentrasi dalam waktu lama dapat membentuk kristal dan lama-kelamaan membentuk batu..

Berbagai macam produk protein hewani, seperti telur jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir metabolismenya adalah asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam urin dapat membentuk batu asam urat.

Meski dapat meningkatkan risiko jika dikonsumsi secara berlebihan, menghindari telur atau sumber protein hewani lainnya bukan merupakan tindakan tepat. Pasalnya protein merupakan salah satu sumber nutrisi utama yang dibutuhkan manusia yang bisa Anda dapatkan dari telur.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan protein yakni dengan mengonsumsi protein hewani yang tidak tinggi purin. Selain itu, berbagai jenis protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik.

Mengonsumsi telur dalam jumlah yang wajar dapat menghindarkan diri Anda dari batu ginjal. Namun. hal paling utama yang perlu diperhatikan yakni banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar