Sukses

Inilah Lima Kiat Ampuh Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

Kesuburan wanita penting untuk dijaga, terlebih bagi Anda yang sedang mengikuti program hamil. Berikut tips menjaga kesuburan wanita yang harus diketahui

Memiliki buah hati setelah menikah merupakan harapan tiap pasangan. Akan tetapi, banyak pasangan suami istri yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan setelah lama menikah. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya akibat adanya organ reproduksi wanita. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana menjaga kesuburan wanita.

Kenali Tanda Masa Subur Wanita

Seorang wanita yang masih dalam masa reproduksi akan mengalami haid. Haid atau menstruasi merupakan awal dari siklus haid. Siklus haid sendiri merupakan rentang waktu antara haid hari pertama hingga haid hari pertama di bulan berikutnya.

Normalnya, siklus haid berlangsung selama 21-35 hari. Selama siklus tersebut, akan terjadi pematangan sel telur di indung telur (ovarium) yang diikuti dengan pelepasan sel telur tersebut ke saluran indung telur (tuba falopi). Pelepasan sel telut disebut sebagai ovulasi.

Sel telur yang dilepaskan mampu bertahan beberapa hari untuk menunggu dibuahi oleh sel sperma. Pada masa ini, bila seorang wanita berhubungan seksual maka kemungkinan hamil akan tinggi. Tak heran, jika hal ini disebut dalam masa subur.

Masa subur sendiri tidak dibatasi saat ovulasi saja, melainkan mulai hari ke sebelas dalam siklus haid hingga hari ke 15.

Tanda lainnya dari masa subur wanita adalah kenaikan suhu tubuh, keluar keputihan yang bening dan encer, perut begah, nyeri payudara, hingga timbul sedikit flek dari vagina.

Selain dari tanda-tanda tersebut, seorang wanita dapat mengetahui masa suburnya dengan menggunakan kalender kesuburan.

Artikel Lainnya: 7 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan Wanita

1 dari 2 halaman

Tips Menjaga Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Kesuburan wanita bergantung pada beberapa faktor, bisa dipengaruhi stres pikiran akibat pekerjaan, kelelahan fisik, faktor berat badan (terlalu kurus atau terlalu gemuk), atau apakah sedang konsumsi obat rutin tertentu atau tidak.

Selain itu, adanya penyakit khusus, dan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol juga dapat memengaruhi kesuburan seseorang.

Apabila Anda sedang dalam program hamil, beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan wanita, yakni:

  1. Tenangkan Diri

Stres dapat terjadi karena sebab apapun. Mulai dari tekanan pekerjaan, rasa tidak percaya diri, kecemasan, minder, dan sebagainya.

Stres emosional dapat memicu terjadinya gangguan menstruasi. Hal ini mengakibatkan Anda sulit untuk menentukan masa subur dan sulit pula untuk mendapatkan keturunan.

Tidak hanya itu, stres juga menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesuburan.

Karena itu, coba tenangkan diri Anda dengan melakukan olahraga, meditasi, atau bercerita dengan sahabat atau pasangan untuk mengatasi stres.

Bila perlu, Anda dapat menghubungi tenaga profesional seperti psikolog ataupsikiater untuk mendapat penanganan yang tepat bagi kesehatan mental Anda.

  1. Atur Berat Badan

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda memerhatikan berat badan Anda. Seorang wanita sebaiknya tidak memiliki lemak tubuh lebiih dari 10-15% dari berat badan normal. Kadar lemak dalam tubuh yang berlebihan dapat mengganggu kesuburan wanita.

Namun di sisi lain, Anda juga tidak perlu diet berlebihan hingga menyiksa tubuh Anda. Pasalnya, tak hanya kegemukan, tubuh yang terlalu kurus pun akan kehilangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesuburan rahim dan organ reproduksi lainnya.

Maka, cukup pertahankan pola makan yang sehat, tinggi serat, dan rendah lemak tak jenuh.

Artikel Lainnya: Tes Kesuburan Sebelum Menikah, Cara Deteksi Kemandulan Sejak Dini

  1. Kontrol ke Dokter

Apabila Anda memiliki penyakit tertentu yang dapat memengaruhi kesuburan, seperti lupus, diabetes, tiroid, atau radang sendi, Anda dapat berkonsultasi ke dokter, terlebih jika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Selain itu, dengan pemeriksaan rutin ke dokter, beberapa penyakit lain dapat dideteksi sejak dini, misalnya seperti infeksi menular seksual.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran serta memelihara kestabilan dan keseimbangan hormon. Dengan kata lain, olahraga bermanfaat untuk dapat meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi Anda.

Jangan lupa untuk ajak pasangan ikut berolahraga juga, ya, pasalnya, kesehatan sperma dan kesuburan pria juga berkaitan dengan kebiasaan berolahraga.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Rokok adalah salah satu penyebab utama infertilitas atau ketidaksuburan. Oleh sebab itu, salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita adalah dengan menghindari paparan asap rokok, baik Anda sebagai perokok aktif maupun pasif.

Selain itu, kebiasaan lainnya seperti minum alkohol juga harus dibatasi demi menjaga kesuburan rahim.

Jika Anda dan pasangan sedang dalam proses mendapatkan keturunan, jangan lupa perhatikan hal-hal di atas. Bisa juga dengan mengecek fitur Kalender Kesuburan dan LiveChat KlikDokter.

Lakukan kebiasaan baik dan hentikan perilaku yang buruk untuk menjaga kesuburan wanita, begitupun dengan pria. Hidup Sehat, yuk!

(OVI/AYU)

2 Komentar

  • Yolanda Ola

    gmn cara supaya cpt dpt momongan

  • Dina Kusnari

    malam dok..sy mau tanya..anak terakhr sy berumur 15bulan..menstruasi terakr sy jan 2017(thn lalu)kt bidan itu pangaruh kb suntik.. yg mau sy tanyakan..jk sy ingn hamil lg apa harus menstruasi dulu?? terima kasih☺