Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarCara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food
Sehat dan Bugar

Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food

dr. Nadia Octavia, 31 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makanan makanan cepat saji terus-menerus bisa membahayakan kesehatan. Kurangi konsumsinya dengan tips berikut!

Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food

Lapar tengah malam atau ingin makan tapi malas keluar rumah? Apalagi pilihan yang mudah, murah, dan cepat kalau bukan fast food

Cheese burger, ayam goreng kriuk, kentang goreng, nugget ayam, dan sebagainya ibarat “surga dunia” bagi penggemar fast food. Namun hati-hati, terlalu sering makan makanan cepat saji dapat membahayakn kesehatan tubuh kamu.

Memang, mengurangi konsumsi fast food itu rasanya sulit. Akan tetapi, hal ini mesti dilakukan. Coba beberapa cara mengurangi konsumsi makanan cepat saji berikut ini:

1. Rencanakan Menu Makan 

Kamu mungkin beranggapan bahwa cara paling cepat dan simpel untuk mengatasi kelaparan adalah memesan makanan cepat saji. Cara ini memang tidak sepenuhnya salah, tapi sebaiknya dihindari.

Caranya, buat rencana menu makan sehari-hari dan upayakan untuk menyiapkan bahan-bahannya sendiri di rumah. Dengan perencanaan ini, kamu diharapkan tidak akan tergiur untuk memesan dan mengonsumsi makanan cepat saji. 

Selain itu, menyiapkan makanan sendiri di rumah juga lebih higienis dan sehat.

2. Konsumsi Cukup Serat

Ketika kamu mengonsumsi serat dalam jumlah cukup setiap hari, tubuh akan lebih mudah kenyang. Untungnya lagi, rasa kenyang ini akan bertahan lebih lama, sehingga kamu tidak mudah tergoda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Memenuhi kebutuhan serat harian juga dapat membantu melancarkan pencernaan kamu.

Artikel lainnya:  Alasan Burger Dianggap Tak Sehat Meski Ada Sayur, Roti, dan Daging

3. Konsumsi Cukup Protein

Selain serat, konsumsi protein yang cukup juga dapat membantu kamu untuk menahan keinginan menyantap makanan lain, termasuk fast food. Karena, protein adalah jenis makronutrien yang dapat menjaga rasa kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat.

Tingkatkan konsumsi protein dari ikan, kacang-kacangan, dan sayur. Jadi, keinginan untuk konsumsi fast food dapat ditekan.

4. Siapkan Camilan Sehat

Konsumsi makanan cepat saji tidak selalu karena merasa lapar. Bisa saja karena kamu sedang ingin ngemil yang simpel dan terasa nikmat di lidah. Akhirnya yang dijadikan sebagai pilihan adalah fast food.

Guna menyiasati hal tersebut, cobalah untuk mengalihkan keinginan makan camilan dengan minum air putih. Jika tetap ingin ngemil, kamu dapat memilih camilan sehat seperti buah-buahan.

5. Variasikan Menu Penuh Warna 

Piring makan yang diisi dengan menu berwarna-warni tentu akan lebih menarik saat dilihat. Karenanya, cobalah untuk mengombinasikan jenis menu sehat yang sebagian besar terdiri dari sayur dan buah-buahan colorful.

Kombinasi sayur dan buah yang beragam di atas piring bisa membuat lidah kamu merasakan sensasi baru setiap harinya. Tentu saja, hal ini lebih baik dibandingkan mengonsumsi junk food yang mungkin akan terasa begitu-begitu saja.

6. Berikan Sugesti bahwa Fast Food Tidak Sehat

Berbagai penelitian telah membuktikan bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan. Selain meningkatkan risiko obesitas, konsumsi makanan cepat saji berlebihan juga dapat mencetuskan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Kamu sebaiknya paham betul akan hal tersebut. Buat apa sering membeli makanan yang nilai gizinya kurang dan dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya? Hal inilah yang perlu ditanamkan dalam diri sebelum memilih makanan cepat saji.

7. Cukupi Waktu Istirahat

Kebiasaan begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan cepat saji. Oleh karena itu, sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat kamu dengan tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Pastikan pula kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik agar bisa terbangun dengan kondisi segar dan bugar.

Artikel lainnya: Waspada, Inilah Deretan Penyakit Akibat Junk Food 

8. Hindari Stres 

Salah satu momen seseorang cenderung mengonsumsi junk food yaitu ketika stres. Banyak orang melakukan emotional eating saat stres. Nah, makanan yang paling sering dicari yaitu makanan manis dan junk food. 

Mereka menyantap makanan tersebut dengan alasan untuk mengatasi stres. Padahal, hal tersebut tidak mengatasi stres dan malah berisiko membawa masalah kesehatan lain. 

Cara mengurangi junk food yang bisa kamu lakukan adalah alihkan keinginan dengan berolahraga atau melakukan hobi. 

Cara menghilangkan kecanduan fast food di atas bisa kamu coba. Awalnya mungkin sulit untuk menghindari makanan cepat saji jika sudah terbiasa mengonsumsinya. 

Namun, dengan niat yang kuat, perlahan kamu bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan beralih ke santapan yang lebih sehat. #JagaSehatmu, jangan biarkan asupan fast food berlebihan bikin kamu kena banyak penyakit!

Download aplikasi KlikDokter yang bisa kasih kamu tips makan sehat yang enak dan gampang. Kamu juga bisa tanya dokter lebih cepat seputar pola makan sehat.  

(FR/JKT)

Pola MakanFast Food

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter