Sukses

Inilah Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Tubuh lemas adalah salah satu kondisi yang sering terjadi selama puasa. Apa penyebab badan mudah lemas saat puasa?

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh lemas dan tak bertenaga saat puasa? Ya, kondisi tersebut memang kerap terjadi di bulan Ramadan. Kekurangan asupan cairan dapat menjadi salah satu penyebabnya. Di samping itu, masih ada faktor lain yang memicu tubuh lemas saat puasa yaitu:

  1. Dehidrasi

    Kekurangan asupan cairan selama bulan puasa dapat memicu dehidrasi. Salah satu gejala dehidrasi adalah lemas. Agar kebutuhan cairan tubuh harian terpenuhi, Anda perlu minum cukup air di malam hari hingga sahur.
  2. Kekurangan asupan nutrisi

    Kekurangan asupan nutrisi dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan kadar gula dalam tubuh (hipoglikemia). Akibatnya, tubuh menjadi lemas.

    Minimnya asupan vitamin C selama puasa juga dapat memicu gejala yang sama. Karena itu, Anda perlu menjaga asupan nutrisi saat sahur dan buka puasa untuk mencegah hipoglikemia. Minumlah suplemen vitamin dan mineral bila perlu.

  3. Kurang olahraga

    Sebagian orang berpikir bahwa olahraga selama puasa akan membuat tubuh lemas. Padahal olahraga justru dapat membantu penyerapan gula darah ke dalam otot, sehingga tubuh terasa lebih segar. Anda bisa memilih olahraga dengan intensitas ringan-sedang di pagi atau sore hari menjelang buka puasa.

  4. Kurang istirahat

    Begadang selama bulan puasa tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tubuh mudah lemas. Anda perlu mengatur waktu istirahat dengan baik agar tubuh tetap bugar.

Kini, Anda telah mengetahui berbagai penyebab tubuh lemas selama bulan puasa. Agar tubuh tetap bertenaga dalam menjalankan ibadah puasa, Anda perlu mengoptimalkan olahraga, waktu istirahat, serta asupan nutrisi dan cairan. Selamat mencoba!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar