Sukses

Terserang Sakit Kepala Usai Bercinta, Apa Penyebabnya?

Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan sakit kepala usai bercinta? Ketahui penyebabnya disini.

Klikdokter.com, Jakarta Bercinta identik dengan kesan yang menyenangkan. Tapi bagi sebagian orang, hal ini tak ubahnya bagaikan siksaan karena serangan sakit kepala yang datang usai melakukannya.

Bagi yang sering mengalami sakit kepala usai bercinta, bisa jadi Anda merupakan salah satu penderita sexual headache, atau sakit kepala terkait hubungan seks. Gangguan ini biasanya jarang terdiagnosis dengan tepat, lantaran tidak banyak orang yang secara langsung mengaitkan sakit kepala dengan hubungan seksual.

Apa penyebabnya? Hingga saat ini, penyebab utama dari sexual headache itu sendiri memang belum diketahui dan masih terdapat banyak spekulasi.

Secara garis besar, terdapat 2 tipe utama dari sexual headache, yaitu sakit kepala yang dirasakan di awal aktivitas seksual dan sakit kepala yang dirasakan setelah orgasme.

Tipe pertama biasanya berupa sensasi penekanan dan nyeri tumpul pada bagian depan kepala dan tengkuk. Sexual headache tipe ini dicurigai berhubungan dengan kontraksi otot rahang dan leher sebelum orgasme.

Sexual headache tipe kedua yaitu yang dirasakan saat atau setelah orgasme, merupakan sakit kepala yang lebih sering terjadi. Ciri khas sakit kepala tipe ini adalah sensasi nyeri hebat yang tiba-tiba dan berlangsung hingga 15–20 menit. Nyeri dapat dirasakan di bagian kening, belakang mata, atau sensasi nyeri menyeluruh di kepala yang dirasakan saat orgasme.

Asal-usul sakit kepala usai bercinta

Aktivitas seks dapat disejajarkan dengan aktivitas fisik atau olahraga intensitas ringan hingga sedang. Hubungan antara aktivitas fisik, seks, dan sakit kepala pertama kali ditemukan oleh Hippocrates.

Selanjutnya sexual headache diakui pada tahun 2004 oleh International Headache Society dan diklasifikasikan sebagai tipe sakit kepala primer.

Beberapa teori diajukan mengenai apa sebenarnya penyebab dari sexual headache. Teori tersebut diantaranya peningkatan tekanan intrakranial mendadak atau reaksi sistem pembuluh darah otak terhadap aktivitas seksual.

Teori lain mengajukan hipersensitivitas saraf yang juga merupakan penyebab utama migrain sebagai penyebab sexual headache.

Jika Anda mengalami gejala sakit kepala usai bercinta, tak ada salahnya untuk konsultasikan keluhan tersebut dengan dokter spesialis saraf. Jangan biarkan sakit kepala usai bercinta menjadi penghalang dalam aktivitas seksual Anda bersama pasangan ya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar