Sukses

Jarum Suntik di Bawah Kursi Bioskop Bisa Tularkan HIV?

Beredar rumor di masyarakat bahwa virus HIV bisa ditularkan melalui jarum suntik di yang diletakkan di bawah kursi bioskop.

Klikdokter.com, Jakarta Bioskop tak lagi terasa aman. Belakangan ada informasi yang menyebutkan bahwa jarum suntik yang diletakkan di bawah kursi bioskop bisa menjerat seseorang pada HIV.

HIV adalah virus yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita, misalnya darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan ini dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, berganti jarum suntik, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat 4 faktor yang meningkatkan risiko tertular HIV melalui jarum suntik, yakni:

  1. Kedalaman jarum yang menusuk
  2. Darah yang terlihat atau terdapat di dalam jarum
  3. Jarum menusuk pada pembuluh darah vena atau arteri
  4. Banyaknya darah yang masuk

Penelitian menyebutkan bahwa risiko seseorang terinfeksi HIV dari jarum suntik yang tidak sengaja tertusuk di tubuh adalah sebesar 0,3% atau 1:300. Artinya, sebanyak 99,7% kasus tidak menyebabkan infeksi virus HIV.

Sedangkan, risiko setelah terpapar darah yang terinfeksi HIV (jika tidak ada luka di kulit) adalah kurang dari 0,1%. Ini karena virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dan suhu yang panas (600C), serta sangat sensitif terhadap perubahan pH.

Namun meski risiko tertular virus HIV dari tusukan jarum suntik yang tidak disengaja sangat kecil, Anda harus tetap waspada. Jika Anda tak sengaja tertusuk, segera cuci area tubuh yang terkena dengan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan (chlorhexidine gluconate).

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar