HomeInfo SehatHIV atau AIDSCara Menangani Diare pada ODHA
HIV atau AIDS

Cara Menangani Diare pada ODHA

dr. Alvin Nursalim, 24 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Diare pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) berbeda dengan diare biasa. Bagaimana penanganannya? Ketahui cara mengatasi diare pada ODHA di sini.

Cara Menangani Diare pada ODHA

Keluhan diare bisa ditemukan pada segala usia, tetapi kelompok tertentu diketahui lebih rentan. Salah satunya orang dengan HIV/AIDS atau kerap disebut ODHA.

HIV atau human immunodeficiency virus menyerang kekebalan tubuh manusia. Selanjutnya, virus ini akan menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi.

Pada tahap lanjut, kondisi ini akan berkembang menjadi AIDS, yakni ketika kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah tidak ada lagi.

ODHA yang imun tubuhnya melemah sering mengeluhkan diare. Kondisi ini dapat memicu dehidrasi, malnutrisi, bahkan kegagalan efek obat karena gangguan penyerapan. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi diare pada ODHA? Berikut adalah obat diare untuk ODHA berdasarkan penyebabnya.

1. Pemberian Antimikroba

Gangguan pencernaan karena infeksi pada usus dapat menyebabkan diare. Pada ODHA, berbagai sistem kekebalan tubuh akan melemah, termasuk yang ada pada lapisan pelindung saluran pencernaan.

Jika memang infeksi usus adalah pemicu utamanya, kamu memerlukan tes lebih lanjut, seperti tes feses. 

Tes feses ini bertujuan untuk mengetahui penyebab infeksi pada usus. Dokter pun dapat menangani sesuai dengan jenis mikroorganismenya.

Artikel Lainnya: Alasan ODHA Harus Cek Diabetes

2. Menghindari Penggunaan Obat yang Dapat Memicu Diare

Untuk mengobati diare pada ODHA, cara yang satu ini perlu diperhatikan. Apalagi, diare pada penderita HIV/AIDS dapat terjadi akibat efek samping obat tertentu. 

Menurut penelitian, obat yang pada orang sehat tidak menyebabkan gejala pencernaan, bisa saja memicu gangguan pencernaan pada kelompok ODHA. 

Beberapa obat yang berpotensi mencetuskan diare adalah obat antidepresan, obat penekan asam lambung, dan obat antibiotik tertentu.

Jika memang diare sangat mengganggu atau gejalanya sangat serius, pertimbangkan untuk memodifikasi obat yang dikonsumsi. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang merawatmu.

3. Membatasi Makanan Penyebab Diare

Orang dengan HIV/AIDS sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan. 

Ketika sedang diare, kurangilah konsumsi makanan berlemak. Sebab, lemak tidak dapat diserap secara baik dalam saluran pencernaan. 

Alhasil, lemak malah menumpuk di usus besar dan meningkatkan perkembangbiakan bakteri.

4. Minum yang Cukup

3 Manfaat Minum Air Hangat bagi Pencernaan (Doucefleur/Shutterstock)

Dalam mengatasi diare pada ODHA, cara ini sangatlah penting agar tidak mengalami lemas.  

Saat diare, tubuh akan kehilangan sejumlah cairan yang dapat membuat seseorang menjadi mudah lemas, bahkan berisiko dehidrasi.

Jadi pastikan kamu mengonsumsi air secara cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama diare.

Artikel Lainnya: 8 Cara Mencegah Komplikasi Penyakit HIV/AIDS

Untuk dapat mengetahui penyebab diare pada ODHA dan mengobatinya dengan tepat, dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Oleh karena itu, cek kondisimu ke dokter untuk memperoleh penanganan yang memadai. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar penyakit HIV/AIDS, penularan, serta penanganan pada ODHA, bisa konsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter.

Untuk #JagaSehatmu, baca artikel kesehatan lainnya yang terbaru dengan download aplikasi KlikDokter.

[RS]

DiareHIVAIDS

Konsultasi Dokter Terkait