Sukses

Sederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh Anda

Yoga adalah pilihan olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Tertarik melakukannya? Ini dia manfaat yoga yang bisa Anda rasakan!

Yoga dikenal sejak dahulu sebagai salah satu meditasi kuno. Kini, yoga telah menjadi olahraga yang dinilai mampu memberikan banyak manfaat kesehatan secara fisik maupun mental.

Manfaat yoga bagi kesehatan berlaku untuk segala usia. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, jenis olahraga ini bahkan disebut dapat membantu proses pemulihan penyakit.

Apakah manfaat yoga hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Berikut ini beberapa manfaat yoga bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan jika melakukannya dengan cara yang tepat dan secara rutin:

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas

Manfaat yoga yang pertama adalah dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas bagi orang yang rutin melakukannya. Pasalnya, terdapat beberapa pose yoga yang memang menargetkan khusus manfaat tersebut.

Ada banyak penelitian yang telah membuktikannya. Salah satu studi yang melibatkan peserta lansia untuk melakukan yoga selama setahun melaporkan bahwa fleksibilitas tubuh partisipan meningkat hampir empat kali lipat.

Artikel Lainnya: Hilangkan Stres dan Cemas dengan Yoga

1 dari 3 halaman

2. Mengurangi Stres

Yoga juga dikenal dengan kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa jenis olahraga ini dapat menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon stres di dalam tubuh.

Manfaat yoga tersebut bisa dioptimalkan apabila dikombinasikan dengan teknik relaksasi lain, seperti meditasi. 

3. Meredakan Rasa Cemas

Yoga juga dapat meredakan rasa cemas. Bahkan, ada cukup banyak penelitian yang mendukung manfaat yoga yang satu ini.

Meski tidak sepenuhnya jelas bagaimana yoga mampu mengatasi gangguan kecemasan, namun melakukan olahraga ini secara rutin dapat menciptakan rasa damai yang dapat menurunkan kadar kecemasan yang dirasakan.

4. Mengurangi Peradangan 

Peradangan adalah respons kekebalan yang normal dari dalam tubuh. Tapi, jika peradangan berlanjut terus-menerus (kronis), kondisi dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Guna mencega kondisi tersebut, melakukan olahraga yoga adalah pilihan yang tepat. Studi menyatakan, yoga mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh asalkan dilakukan dengan tepat dan secara rutin.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung adalah manfaat yoga bagi tubuh yang juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. 

Satu studi menemukan bahwa peserta berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan hipertensi. Jadi, dengan mengontrol tekanan darah, risiko kondisi tersebut dapat dikurangi. 

6. Melawan Depresi

Yoga dapat mengurangi produksi kortisol. Hormon tersebut juga mempengaruhi kadar serotonin, yaitu senyawa kimia yang sering dikaitkan dengan depresi.

Bagi Anda yang mengalami depresi, yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk membantu mempercepat penyembuhan masalah kesehatan mental tersebut.

7. Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis merupakan masalah yang memengaruhi jutaan orang di dunia. Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari cedera hingga artritis. 

Jika Anda termasuk orang yang mengalami nyeri kronis, cobalah untuk rutin berolahraga yoga agar dapat mengurangi keluhan yang dirasakan.

Artikel Lainnya: Yoga untuk Tubuh dan Pikiran Awet Muda

2 dari 3 halaman

8. Meredakan Nyeri Punggung

Tak hanya yang bersifat kronis, yoga juga dapat meredakan nyeri punggung. Manfaat yoga yang satu ini didapatkan karena olahraga tersebut terbukti bisa meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. 

Bahkan, American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga Anda menjadi gampang sakit. 

Guna mencegah kondisi tersebut, Anda dapat melakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur. Faktanya, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur.

10. Membantu Meningkatkan Pernapasan

Bernapas dalam-dalam adalah bagian penting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan dalam yoga berfokus untuk meningkatkan pernapasan dari perut ke bagian atas paru-paru. 

Selain itu, teknik tersebut juga meningkatkan kapasitas jumlah total udara yang dapat ditampung paru-paru Anda pada satu waktu.

11. Meredakan Migrain

Manfaat olahraga yoga yang berikutnya adalah dapat meredakan migrain. Jenis sakit kepala yang satu ini sering kali kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Anda dapat melakukan yoga sebagai alternatif untuk mengatasi migrain secara alami. Peneliti mengatakan, yoga dapat membantu merangsang saraf vagus sehingga efektif dalam meredakan migrain alias sakit kepala sebelah.

12. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Selain melatih kelenturan, yoga juga merupakan pilihan olahraga yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh. 

Karena pada dasarnya, beberapa pose dalam yoga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot.

13. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga yoga yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Berlatih yoga secara signifikan terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup, suasana hati, dan mencegah kelelahan. Bahkan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala pada pasien kanker.

Ada begitu banyak manfaat yoga yang dapat Anda rasakan jika dilakukan dengan cara yang tepat dan secara rutin. Jadi, apakah Anda tertarik dengan olahraga tersebut? Jika ya, mulailah untuk berlatih di bawah pengawas yang ahli.

Jika ingin merasakan manfaat yoga namun ragu dengan kondisi tubuh saat ini, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB) 

0 Komentar

Belum ada komentar