HomeGaya hidupSehat dan BugarSederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh
Sehat dan Bugar

Sederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 29 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Yoga adalah pilihan olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Tertarik melakukannya? Ini dia manfaat yoga yang bisa Anda rasakan!

Sederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh

Yoga dikenal sejak dahulu sebagai salah satu bentuk meditasi kuno. Kini, yoga telah menjadi olahraga yang dinilai mampu memberikan banyak manfaat untuk fisik maupun mental. 

Yoga adalah olahraga yang fokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Manfaat yoga bagi kesehatan berlaku untuk segala usia. Jika dilakukan rutin dan teratur, jenis olahraga ini bahkan disebut-sebut dapat membantu proses pemulihan penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan jika melakukannya dengan tepat dan rutin:

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas

Fungsi yoga yang pertama adalah meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas bagi orang yang rutin melakukannya. Pasalnya, terdapat beberapa pose yoga yang memang menargetkan khusus manfaat tersebut.

Para lansia yang melakukan yoga selama setahun diteliti memiliki fleksibilitas tubuh yang meningkat hampir empat kali lipat.

2. Mengurangi Stres

Manfaat senam yoga juga dikenal mampu meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Jenis olahraga ini diteliti dapat menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon stres di dalam tubuh.

Manfaat yoga tersebut bisa dioptimalkan apabila dikombinasikan dengan teknik relaksasi lain, seperti meditasi.

Artikel lainnya: Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

3. Mengurangi Rasa Cemas

Yoga juga dapat meredakan rasa cemas. Bahkan, ada cukup banyak penelitian yang mendukung manfaat olahraga yoga yang satu ini.

Memang tidak sepenuhnya jelas bagaimana yoga mampu mengatasi gangguan kecemasan. Namun, melakukan olahraga ini secara rutin dapat menciptakan rasa damai yang dapat menurunkan kadar kecemasan yang dirasakan.

4. Mengurangi Peradangan 

Peradangan adalah respons kekebalan yang normal dari dalam tubuh. Akan tetapi, jika peradangan berlangsung terus-menerus (kronis), kondisi dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantungdiabetes, dan kanker.

Guna mencegah kondisi tersebut, melakukan olahraga yoga adalah pilihan yang tepat. Manfaat yoga bagi tubuh dinilai mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh, asalkan dilakukan dengan tepat dan rutin.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung adalah manfaat yoga yang juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Peserta berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama 5 tahun diteliti memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah dibanding mereka yang tidak.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Dengan mengontrol tekanan darah, risiko kondisi tersebut dapat dikurangi. 

6. Melawan Depresi

Manfaat yoga setiap hari dapat mengurangi produksi kortisol. Hormon tersebut juga memengaruhi kadar serotonin, yaitu senyawa kimia yang sering dikaitkan dengan depresi.

Bagi kamu yang mengalami depresi, yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk membantu mempercepat penyembuhan masalah kesehatan mental tersebut.

7. Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis banyak terjadi di dunia. Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari cedera hingga artritis

Jika kamu termasuk orang yang mengalami nyeri kronis, cobalah untuk rutin berolahraga yoga agar dapat mengurangi keluhan yang dirasakan.

8. Meredakan Nyeri Punggung

Yoga juga dapat meredakan nyeri punggung. Manfaat yoga yang satu ini didapatkan karena olahraga tersebut terbukti bisa meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. 

Bahkan, American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai salah satu bagian dalam pengobatan utama untuk nyeri punggung bawah.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Akibatnya, kamu menjadi gampang sakit. 

Guna mencegah kondisi tersebut, kamu dapat melakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur. Yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur.

10. Membantu Meningkatkan Pernapasan

Bernapas dalam-dalam adalah bagian penting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan dalam yoga berfokus untuk meningkatkan pernapasan dari perut ke bagian atas paru-paru. 

Selain itu, teknik tersebut juga meningkatkan kapasitas jumlah total udara yang dapat ditampung paru-paru pada satu waktu.

11. Meredakan Migrain

Manfaat yoga untuk kesehatan berikutnya adalah meredakan migrain. Jenis sakit kepala yang satu ini sering kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Kamu dapat melakukan yoga sebagai alternatif untuk mengatasi migrain secara alami. Yoga dinilai dapat membantu merangsang saraf vagus, sehingga efektif meredakan migrain alias sakit kepala sebelah.

12. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Selain melatih kelenturan, yoga juga merupakan pilihan olahraga yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh. 

Karena, pada dasarnya beberapa pose dalam yoga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot.

Artikel lainnya: Performa Lari Makin Oke, Coba Gerakan Yoga untuk Pelari, yuk!

13. Mengurangi Kram Perut Saat Menstruasi

Manfaat yoga untuk wanita adalah mengurangi nyeri perut saat menstruasi. Manfaat ini bisa dirasakan lewat pose yoga tertentu.

Contohnya, ketika melakukan child’s pose, kamu perlu duduk menggunakan lutut dengan kedua tangan direntangkan di depan. Posisi ini dapat membantu otot bagian punggung, sehingga dapat membantu mengurangi kram perut.

14. Bantu Menyembuhkan Penyakit Lambung

Masalah lambung seperti penyakit mag disebabkan peningkatan produksi asam lambung. Mag juga dapat terjadi ketika kamu stres. Berlatih yoga dapat membantu relaksasi dan akhirnya mengurangi penyakit lambung.  

Berlatih yoga terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup, suasana hati, dan mencegah kelelahan. Bahkan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala pada pasien kanker. 

15. Meningkatkan Kualitas Hidup

Fungsi yoga yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan kekuatan tubuh dan pikiran yang lebih tenang berkat yoga, kamu bisa menjalani hari dengan lebih produktif dan lancar. 

Waktu yang tepat untuk melakukan yoga bisa berbeda pada setiap orang. Sebaiknya, temukan waktu yang paling sesuai untuk diri sendiri. 

Kamu dapat mencoba yoga pagi hari sebelum pergi ke kantor atau bahkan malam hari. Saat pagi hari, kemungkinan yoga dapat membantu kamu lebih berenergi. Yoga malam hari mungkin akan membantu tidur lebih nyenyak. 

Jadi, apakah kamu tertarik dengan olahraga yoga? Jika ya, mulailah untuk berlatih di bawah pengawasan instruktur. Kalau kamu ingin merasakan manfaat yoga namun ragu dengan kondisi tubuh saat ini, sebaiknya tanya dokter terlebih dahulu. 

Temukan berbagai informasi olahraga lebih lengkap di aplikasi KlikDokter, solusi untuk bantu #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Yoga

Konsultasi Dokter Terkait