Sukses

Sering Stres Bisa Sebabkan Depresi?

Waspada, ternyata sering stres bisa menyebabkan seseorang depresi. Benarkah demikian? Simak disini.

Klikdokter.com, Jakarta Masalah yang dihadapi sehari-hari, mulai dari problema keluarga, masalah pekerjaan hingga trauma berat dalam hidup bisa membuat seseorang menjadi stres.

Stres dapat memengaruhi perasaan, cara berpikir, cara bertindak Anda dan cara kerja tubuh Anda. Masalah kesehatan seperti gangguan tidur, kurang nafsu makan atau justru makan berlebih serta susah fokus adalah sebagian dari dampak stres. Bahkan stres yang kronis dan berkepanjangan dapat menyebabkan depresi berat.

Ketika sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol serta menurunkan serotonin. Jika sistem hormonal ini berjalan semestinya, tubuh akan bekerja normal dan proses biologis –seperti pengaturan nafsu makan, tidur, gairah seks, dan emosi dapat berjalan baik. Namun, jika terjadi kegagalan, dapat menyebabkan depresi.

Selain itu saat sedang stres, seseorang cenderung tidak peduli dengan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Gaya hidup yang tidak sehat cenderung menjadi pelarian seperti merokok, malas berolahraga, konsumsi alkohol berlebih hingga penyalahgunaan obat terlarang.

Padahal sebetulnya hal-hal tersebut bukanlah jalan keluar dari permasalahan. Justru semua itu dapat menimbulkan masalah baru dan semakin memperberat risiko Anda mengalami depresi.

Terkadang masalah–masalah yang Anda alami dalam hidup seringkali terasa begitu berat. Namun percayalah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya meski terkadang sulit.

Lakukanlah kegiatan-kegiatan positif seperti berolahraga, beribadah, meditasi, dan sebagainya. Jika masalah yang dialami teramat berat, berbagilah dengan kerabat terdekat atau tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. Semoga Anda bisa terhindar dari stres dan depresi.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar