Kesehatan Mental

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Cara Mengubahnya

dr. Valda Garcia, 19 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu kebiasaan buruk yang mengganggu produktivitas adalah sering menunda pekerjaan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk mengatasinya.

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Cara Mengubahnya

Kebiasaan menunda pekerjaan, atau procrastination, merupakan suatu respons dari otak manusia saat hendak mengerjakan sesuatu yang dianggap sulit atau tidak nyaman.

Mempelajari hal baru atau melakukan sesuatu yang tidak disukai dapat menjadi sebuah stresor bagi manusia. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan dan mengaktivasi area di otak yang dikaitkan dengan nyeri.

Dengan ini, otak manusia akan mencari ‘celah’ untuk menghentikan perasaan negatif tersebut. Caranya? Mengalihkan perhatian Anda pada sesuatu yang lebih menyenangkan atau lebih menarik.

Walaupun hal ini terkesan wajar, efek jangka panjang yang dirasakan dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebiasaan ini? Berikut beberapa cara agar tidak menunda pekerjaan yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali Hal-Hal yang Membuat Anda Produktif

Perhatikanlah kondisi seperti apa yang paling nyaman untuk Anda. Apakah ada lokasi atau waktu tertentu di mana Anda merasa dapat bekerja maksimal?

Salah satu contoh distraksi yang sering dikeluhkan adalah ponsel. Jika Anda salah satunya, sebisa mungkin jauhkanlah ponsel saat bekerja agar dapat lebih produktif. 

Artikel Lainnya: Mengapa Anda Harus Menunda Pekerjaan Saat Sakit?

2. Pilih Tempat yang Nyaman

Salah satu cara agar tidak menunda pekerjaan adalah dengan memilih tempat yang tepat. 

Ya, terkadang lokasi kita mengerjakan sesuatu dapat menentukan produktivitas kita dalam bekerja. Pilihlah tempat yang nyaman dan kondusif sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal.

3. Siapkan Suguhan yang Anda Sukai

Dengan menyiapkan makanan atau minuman yang Anda sukai, dapat membantu Anda untuk lebih semangat dalam mengerjakan sesuatu. Meskipun hal yang sedang Anda kerjakan mungkin kurang Anda sukai. 

4. Mendengarkan Musik

Ketika Anda mulai jenuh ketika sedang mengerjakan sesuatu, seringkali Anda menjadi menunda pekerjaan tersebut. Namun, dengan mendengarkan musik yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan mood dalam mengerjakannya kembali.

5. Ajak Rekan Kerja

Ketika mengerjakan tugas sendiri, terkadang kita merasa malas. Tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau rekan kerja Anda untuk mengerjakan pekerjaan tersebut bersama di luar lingkungan kerja agar lebih produktif. 

6. Buatlah Checklist Harian atau Mingguan

Salah satu cara menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan adalah dengan membuat checklist harian atau mingguan. 

Penelitian terkini menunjukkan bahwa membuat daftar hal yang harus dilakukan secara rutin, dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan segera. Lalu, rencanakan hari Anda dengan melakukan tugas yang terpenting atau yang kurang disukai terlebih dahulu. 

Artikel Lainnya: Mau Terus Semangat Sepanjang Hari? Ini Caranya

7. Buat Pengingat lebih Cepat

Ketika menjadwalkan deadline pekerjaan, buatlah pengingat dengan waktu yang lebih cepat sehingga Anda terdorong untuk segera menyelesaikannya sebelum tanggal deadline sesungguhnya.

8. Segera Memulai Tugas Anda

Cara agar tidak menunda pekerjaan yang satu ini mungkin terkesan sulit untuk dilakukan. 

Namun, beberapa pakar psikolog menyampaikan bahwa sesaat setelah Anda memulai melakukan sesuatu, rasa tidak nyaman yang awalnya dikaitkan dengan antisipasi tugas tersebut langsung menurun drastis. Anda pun akan merasa lebih nyaman saat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan.

9. Kerjakan Secara Perlahan

Terkadang alasan kita menunda pekerjaan adalah tidak ada waktu yang pas untuk menuntaskan suatu pekerjaan di satu waktu.  Untuk mengatasinya, Anda dapat menyicil pekerjaan tersebut. Ketika ada waktu luang, tidak ada salahnya mengerjakan walaupun hanya sedikit.

10. Gunakan Sistem Reward untuk Diri Anda

Memberikan reward kepada diri sendiri setelah melakukan suatu pekerjaan adalah satu strategi yang terbukti efektif. Anda dapat menentukan reward tersebut sebelum memulai kegiatan, dan ini dapat meningkatkan motivasi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

Dengan sedikit perencanaan, kemauan, dan niat, Anda dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan suatu kegiatan dengan maksimal. 

Ingatlah bahwa kebiasaan menunda pekerjaan dapat diubah, dan menghilangkan kebiasaan tersebut dapat meningkatkan produktivitas serta waktu luang Anda.

[FY]

Menunda Pekerjaan

Konsultasi Dokter Terkait