Sukses

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Cara Mengubahnya

Setiap orang pasti pernah menunda pekerjaan, baik karena terlalu sibuk, lelah, atau ingin beristirahat sejenak. Bagaimana cara mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Kebiasaan menunda pekerjaan, atau procrastination, merupakan suatu respons dari otak manusia saat hendak mengerjakan sesuatu yang dianggap sulit atau tidak nyaman.

Mempelajari hal baru atau melakukan sesuatu yang tidak disukai dapat menjadi sebuah stresor bagi manusia. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan dan mengaktivasi area di otak yang dikaitkan dengan nyeri.

Dengan ini, otak manusia akan mencari ‘celah’ untuk menghentikan perasaan negatif tersebut. Caranya? Mengalihkan perhatian Anda pada sesuatu yang lebih menyenangkan atau lebih menarik.

Walaupun hal ini terkesan wajar, tetapi efek jangka panjang yang dirasakan dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Menunda pekerjaan dapat membuat Anda merasa semakin tidak nyaman saat waktunya tiba untuk melakukan kegiatan tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebiasaan ini? Berikut ada beberapa kiat yang dapat diterapkan:

1. Kenali hal yang membuat Anda produktif

Perhatikanlah kondisi seperti apa yang paling nyaman untuk Anda. Apakah ada lokasi atau waktu tertentu di mana Anda merasa dapat bekerja maksimal?

Salah satu contoh distraksi yang sering dikeluhkan adalah ponsel. Jika Anda salah satunya, sebisa mungkin jauhkanlah ponsel saat bekerja agar dapat lebih produktif.

2. Buatlah checklist harian/ mingguan

Penelitian terkini menunjukkan bahwa membuat daftar hal yang harus dilakukan secara rutin dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan segera. Lalu, rencanakan hari Anda dengan melakukan tugas yang terpenting atau yang kurang disukai terlebih dahulu.

3. Segera memulai tugas Anda

Hal ini mungkin terkesan sulit untuk dilakukan. Namun, beberapa pakar psikologi menyampaikan bahwa sesaat setelah Anda memulai melakukan sesuatu, rasa tidak nyaman yang awalnya dikaitkan dengan antisipasi tugas tersebut langsung menurun drastis. Anda pun akan merasa lebih nyaman saat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan.

4. Gunakan sistem reward untuk diri Anda

Memberikan reward pada diri sendiri setelah melakukan suatu pekerjaan adalah satu strategi yang terbukti efektif. Anda dapat menentukan reward tersebut sebelum memulai kegiatan, dan ini dapat meningkatkan motivasi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

Dengan sedikit perencanaan, kemauan, dan niat, Anda dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan suatu kegiatan dengan maksimal. Ingatlah bahwa kebiasaan menunda pekerjaan dapat diubah, dan menghilangkan kebiasaan tersebut dapat meningkatkan produktivitas serta waktu luang Anda.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar