Sukses

Statin dalam Kandungan Obat Kolesterol, Apa Itu?

Dalam obat kolesterol terdapat kandungan statin. Kenali lebih jauh agar Anda tahu apa yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Obat kolesterol merupakan salah satu obat yang sering dikonsumsi. Salah satu kandungan dalam obat kolesterol yang perlu Anda kenali adalah statin. Bagaimana kerjanya? Adakah efek sampingnya?

Salah satu fungsi statin adalah untuk menurunkan jumlah LDL (Low Density Lipopreotein) atau yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat. Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit. Selain itu juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Lalu, siapa saja yang sebaiknya mengonsumsi statin? American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan orang-orang dengan kondisi sebagai berikutlah yang tepat mengonsumsi statin:

  1. Anda yang sudah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (Contohnya jika pernah mengalami serangan jantung atau stroke karena penyumbatan pembuluh darah).
  2. Anda dengan nilai LDL yang sangat tinggi (lebihdari 190 mg/dL). Sebaiknya tetap diperhatikan bahwa kadar kolesterol total dijaga dibawah 200 mg/dL, dan kadar LDL dibawah 100 mg/dL.
  3. Anda yang menderita Diabetes (pada penderita Diabetes, nilai LDL 70-189 mg/Dl disarankan mengkonsumsi statin).
  4. Anda dengan resiko tinggi mengalami serangan jantung dalam 10 tahun ke depan (dinilai menggunakan Framingham Score yang mencakup beberapa komponen seperti kadar kolesterol, usia, jenis kelamin, kebiasaan merokok, tekanan darah, dll).

Selanjutnya, adakah efek samping yang dapat timbul dari mengkonsumsi statin? Pada umumnya ada efek samping yang bisa timbul –meski hanya sedikit. Jika timbul pun cukup ringan, seperti rasa tidak nyaman pada perut, pusing, atau rasa mual.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan. Statin dapat berinteraksi dengan jenis obat lain. Jadi jika ada obat yang dikonsumsi bersamaan dengan statin sebaiknya atas anjuran dokter.

Dalam mengkonsumsi obat ini sebaiknya disamakan waktu minum obatnya setiap hari. Pada umumnya, dokter akan menyarankan anda untuk minum obat kolesterol setiap malam sebelum tidur.

Meminum obat ini dengan teratur sesuai dengan anjuran dokter, disertai dengan pola hidup yang sehat, dapat membantu anda menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salam sehat.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar