Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan kamu

Aprinda, 02 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Temukan berbagai manfaat jeruk nipis lainnya di sini!

12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan kamu

Siapa yang tak kenal pada buah mungil yang punya rasa asam ini? Ya, jeruk nipis memang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang Indonesia. Meski digunakan untuk berbagai kebutuhan, tahukah kamu ada banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan?

Dikenal dengan nama ilmiah Citrus aurantiifolia, jeruk nipis masuk ke dalam suku jeruk-jerukan. Selain dicampurkan ke dalam berbagai masakan, buah masam ini kerap dibuat sebagai campuran minuman, seperti infused water.

Memang, apa saja fungsi jeruk nipis pada kesehatan tubuhmu? Berikut berbagai khasiat jeruk nipis yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan data Panganku, sebanyak 100 gram jeruk nipis mengandung 20 mg vitamin C. Perlu kamu ketahui bahwa vitamin C memberikan pengaruh besar kekebalan tubuh. 

Terpenuhinya kebutuhan vitamin C, salah satunya dari jeruk nipis dapat merangsang aktivitas sel darah putih. Nah, sel darah putih sendiri merupakan pertahan utama tubuh dari berbagai infeksi.

Jadi, bisa kamu simpulkan bahwa konsumsi jeruk nipis dan makanan tinggi vitamin C lainnya membuat kamu tidak gampang jatuh sakit.

2. Bantu Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Menurut Academy Nutrition and Dietetic, vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi gejala flu sebanyak 1 hingga setengah hari pada beberapa orang. 

Itu artinya, di saat seseorang terserang flu, ia bisa sembuh lebih cepat dengan mengoptimalkan asupan vitamin C, salah satunya dari jeruk nipis.

Hal sesuai dengan pernyataan dr. Theresia Rina Yunita, “jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu tubuh pulih lebih cepat saat flu. Kandungan vitamin C-nya membantu tubuh untuk melawan infeksi.”

Untuk mendapatkan fungsi jeruk nipis ini caranya mudah, kok. “Jeruk nipisnya boleh dijadikan minuman hangat untuk melegakan hidung tersumbat, batuk, dan tenggorokan gatal saat flu”, papar dr. Theresia.


3. Bantu Menurunkan Berat Badan

Saat ingin menurunkan berat badan, kamu harus mengatur kembali pola makan sekaligus meningkatkan aktivitas fisik. Dalam menentukan pilihan makanan, kamu bisa memasukkan jeruk nipis dalam menu diet sehatmu. 

Pasalnya, jeruk nipis atau lemon cukup populer dengan manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan. “Kandungan citric acid dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih baik”, jelas dr. Theresia.

Kamu bisa menambahkannya dalam masakan atau membuat minuman menyegarkan dari perasan jeruk nipis. 

Supaya diet optimal, dr. Theresia juga menyarankan, “Konsumsi jeruk nipis harus dibarengi dengan menjaga pola makan serta olahraga rutin jika ingin benar-benar menurunkan berat badan.”

4. Bantu Mencegah Penyakit Kanker

Sebagai antioksidan, vitamin C bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh. Efeknya ini juga dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. 

Berdasarkan studi pada Pharmacognosy Reviews, jeruk nipis mengandung alkaloid, karotenoid, kumarin, minyak atsiri, flavonoid, asam fenolik, dan triterpenoid yang melimpah. Semua zat dari jeruk nipis ini punya fungsi antikanker. 

Aktivitas antikankernya mampu menghentikan mobilitas sel kanker dalam sel peredaran darah, menghambat metastasis kanker, dan menginduksi gen penekan tumor.

5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

mitos seputar jantung

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Bagaimana bisa? Buah asam ini mengandung magnesium dan potasium.

Dua senyawa ini membantu kesehatan jantung secara menyeluruh. Tak heran, khasiat jeruk nipis lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

6. Buat Kulit Wajah Awet Muda

Selain mengandalkan produk kecantikan kulit, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, seperti jeruk nipis. 

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit wajah ini ternyata ada pada kandungan vitamin C-nya. Berdasarkan studi pada American Journal of Clinical Nutrition, wanita dengan asupan vitamin C yang tinggi lebih rendah mengalami kulit kering dan keriput.

Jeruk nipis juga memberikan perlindungan pada kulit wajah dalam memerangi radikal bebas karena antioksidannya yang tinggi. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Artikel Lainnya:  Manfaat Vitamin C dan E untuk Kulit, Lebih Penting Mana?

7. Melancarkan BAB

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Untungnya, jeruk nipis bisa jadi bahan alami untuk mengatasi  kondisi tersebut.

Jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur memecah makanan lebih baik. Selain itu, ada kandungan flavonoid dalam jeruk nipis yang merangsang sekresi pencernaan.

Bila jeruk nipis kamu konsumsi saat sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus. Efeknya ini melancarkan feses melewati usus dan keluar dari anus.

8. Berpotensi Mencegah Diabetes


Kenali Gejala dan Ciri Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia

Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah. Memperhatikan pola makan menjadi salah satu cara menurunkan risikonya.

Pada penelitian pada jurnal Drug Research (Stuttgart) menunjukkan bahwa kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis punya aktivitas antidiabetik dan antihiperglikemik. Pemberian minyak jeruk nipis pada tikus hiperglikemia ini menunjukkan efek penurunan gula darah.

Potensi antihiperglikemik memang lebih rendah tetapi hasilnya lebih baik dibandingkan dengan obat metformin. Walaupun begitu, butuh penelitian lebih lanjut mengenai fungsi jeruk nipis bagi kesehatan manusia ini.

9. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Sebuah penelitian pada 2014 membuktikan bahwa konsumsi 120 mL jus jeruk setiap hari mampu meningkatkan kadar urine sitrat dalam tubuh.

Urine sitrat akan mengikat air, sehingga jumlah yang dihasilkan lebih banyak dan tidak pekat. Risiko pembentukan batu ginjal akan menurun.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

10. Mencegah Scurvy

Penyakit scurvy terjadi karena kekurangan vitamin C. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa pembengkakan gusi yang disertai perdarahan, pembengkakan pada luka yang sebenarnya sudah dalam penyembuhan, dan nyeri sendi hebat.

Nah, kandungan jeruk nipis yang kaya vitamin C dapat membantu mencegah penyakit scurvy.

11. Memulihkan Kesegaran Pikiran

Coba minum segelas air yang dicampur jeruk nipis ketika kamu merasa stres atau penat. 

Ya, khasiat jeruk nipis lainnya adalah memberikan penyegaran dengan segera dan membantu memulihkan kondisi psikis secara optimal.

Kamu pun dapat melanjutkan aktivitas dengan kondisi pikiran yang lebih segar dan bersemangat.

Artikellainnya: Jangan Sembarangan, Ini 8 Resep Infused Water yang Sehat!

12. Menebalkan Rambut

Terakhir, jeruk nipis juga memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia, perpaduan jeruk nipis dan lidah buaya yang diberikan pada kelinci dapat menambah tinggi dan ketebalan rambut.

Manfaat jeruk nipis ini tentu bisa kamu jadikan perawatan untuk memanjangkan rambut atau mengatasi rambut tipis karena rontok.

Terakhir, ada yang percaya bahwa jeruk nipis bermanfaat untuk kesehatan lambung. Sayangnya, jeruk nipis justru harus dihindari jika kamu punya masalah asam lambung. Pasalnya, jeruk nipis bisa memicu asam lambung naik.

Namun, kamu masih bisa mendapatkan manfaat lain dari jeruk nipis, kok! Jika kamu ingin tahu lebih banyak manfaat buah yang ada di sekitarmu, download aplikasi KlikDokter sekarang. Dapatkan berbagai informasi tepercaya seputar kesehatan untuk bantu #JagaSehatmu!

Kamu juga bisa menggunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dokter lebih mudah!

(NM)


Jeruk Nipismanfaat jeruk nipismanfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Konsultasi Dokter Terkait