HomeInfo SehatGigi MulutBenarkah Jeruk Nipis Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?
Gigi Mulut

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?

drg. Dondi Gumilang, 24 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di balik rasanya yang asam, jeruk nipis dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi, lho. Benarkah jeruk nipis bermanfaat untuk atasi sakit gigi?

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?

Jika mendengar kata “jeruk nipis”, yang kerap dibayangkan banyak orang adalah buah berwarna hijau yang ketika diolah sebagai minuman akan terasa sangat menyegarkan. 

Selain dikonsumsi untuk minuman, jeruk nipis juga sering digunakan sebagai bahan campuran masakan. Terutama pada daerah yang sangat memaksimalkan tanaman sebagai bahan makanan dan minuman, pasti jeruk nipis mudah didapatkan.

Dikarenakan populasinya yang sangat banyak di Indonesia serta sering diolah pada makanan dan minuman, penting bagi kamu untuk mengerti manfaat jeruk nipis tersebut. 

Tak sedikit orang yang mengatakan kalau jeruk nipis bisa membantu mengatasi sakit gigi. Benarkah demikian? Lalu, seberapa efektif penggunaan jeruk nipis untuk sakit gigi? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Jeruk Nipis untuk Sakit Gigi

Pulihkan Kondisi Kulit Usai Liburan dengan Jeruk Nipis (Yuratosno3/Shutterstock)

Jeruk nipis ternyata memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk gigi. Jeruk nipis mengandung antioksidan dan antibakteri pada flavonoid yang ada di dalamnya. 

Minyak atsiri juga ada di jeruk nipis. Minyak tersebut akan memaksimalkan dalam membunuh bakteri.

Artikel Lainnya: 12 Buah yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Perlu diketahui, sakit gigi disebabkan oleh adanya peradangan bakteri. Apabila kamu mengonsumsi obat antibiotik, maka peradangan akan segera hilang dan sakit akan mereda. 

Nah, karena mengandung zat antibakteri di dalamnya, jeruk nipis dianggap ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Gigi yang Sakit

Jeruk Nipis

Ya, penggunaan jeruk nipis memang bermanfaat untuk gigi yang sakit. Tapi bagaimana cara mengonsumsinya yang benar?

Khasiat jeruk nipis untuk mengobati sakit gigi dapat diperoleh apabila buah tersebut diperas. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan semakin besar konsentrasi air perasan jeruk nipis, maka efektivitasnya akan semakin signifikan. 

Jadi, kamu tidak perlu mengolah atau menambahkan bahan lain untuk mendapatkan manfaatnya. 

Artikel Lainnya: Daftar Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh dan Mudah Didapat

Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dalam mengobati sakit gigi, caranya bisa dengan diperas dan diminum langsung. 

Namun, apabila sakit gigi sudah berlangsung selama tiga hari atau masih nyeri setelah konsumsi jeruk nipis, segera periksakan ke dokter gigi.

Ingin konsultasi seputar masalah gigi dan mulut? Kamu dapat menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya kepada dokter gigi. 

Jangan lupa download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Jeruk NipisGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait