Sukses

Jadikan Hidup Lebih Bermakna dengan Cara Ini

Untuk memiliki hidup yang bermakna, diperlukan suatu tindakan yang nyata. Bukan hanya sekedar kata-kata. Lakukan ini agar tidak ‘terjebak’ di zona nyaman.

Untuk memiliki hidup yang bermakna, diperlukan tindakan nyata. Bukan hanya sekedar kata-kata. Menurut Victor E. Frankl, makna hidup merupakan suatu motivasi, tujuan dan harapan yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup di dunia. Untuk mencapainya, seseorang harus melakukan sesuatu dalam hidupnya. Dengan kata lain, semua yang diinginkan dalam hidup dapat dicapai dengan usaha yang maksimal.

Makna Hidup

Makna hidup bentuknya sangat pribadi, oleh karena itu sifatnya dapat berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi yang dialami. Ini wajar terjadi. Bukan berarti Anda adalah pribadi yang labil atau tidak fokus. Karena sesuatu hal yang menurut Anda penting saat itu, belum tentu dianggap penting bagi orang lain. Begitu juga sebaliknya.

Makna hidup tidak dapat diberikan oleh siapa pun. Karenanya, makna hidup hanya bisa dicari, ditelusuri dan ditemukan sendiri. Untuk menemukan makna hidup, berikut 4 langkah yang harus dilakukan:

  1. Pahami kepribadian Anda

Cara untuk memahami kepriabadian Anda adalah dengan mengenali kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Timbulnya kesadaran akan kekurangan pada diri sendiri akan memicu Anda untuk mengubah hal tersebut menjadi lebih baik.

  1. Bertindak positif

Tindakan kecil yang bersifat positif, jika dilakukan secara berulang-ulang akan berubah menjadi kebiasaan yang positif. Pilih tindakan nyata yang wajar, sehingga dapat dilakukan tanpa memaksakan diri.

  1. Jalin hubungan akrab dengan sesama

Menjaga silaturahmi akan membawa berkah berupa rezeki, peluang kerja ataupun pertolongan yang tak disangka-sangka. Anda dapat memulainya dengan menyapa tetangga saat berpapasan, hingga menyapa petugas keamanan tempat Anda memarkirkan mobil.

  1. Beribadah

Ini akan membuat Anda merasa dekat dengan Tuhan. Efeknya Anda mendapatkan ketenangan, rasa damai dan pemenuhan harapan. Bekerja pun termasuk ibadah, asal diniatkan dan dijalankan dengan baik.

  1. Hindari stres

Agar hidup menjadi lebih bermakna, cobalah untuk menghindari segala sesuatu yang dapat memicu timbulnya stres pada diri Anda. Tapi jika Anda sudah terlanjur stres; berolahraga, tertawa dengan sahabat, bermeditasi, istirahat cukup, dan mendengarkan musik bisa membantu mengatasi stres yang dialami. Selain itu konsumsi makanan yang kaya omega-3 –seperti ikan salmon, dan tuna– juga membantu mengurangi rasa depresi. Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tak ada salahnya untuk mencoba.

Tujuan akhir dari pencarian makna hidup adalah perasaan bahagia. Ingatlah, proses penemuan makna hidup tidak akan berhenti selama Anda masih hidup di dunia ini. Hidup hanya sekali. Lihatlah ke dalam diri, cari, temukan dan bergeraklah dengan bijak. Tentunya Anda ingin hidup yang lebih bermakna untuk diri sendiri dan orang lain, bukan?  

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar