Sukses

Tips Memilih Popok Dewasa Agar Tetap Nyaman dan Percaya Diri

Popok dewasa diperlukan bagi orang dewasa yang sedang mengalami kondisi medis tertentu sehingga sulit mengendalikan keinginan untuk BAK atau BAB. Berikut tips menggunakan popok dewasa.

Selain digunakan oleh lansia aktif maupun yang memiliki keterbatasan dalam bergerak, popok dewasa disarankan kepada beberapa orang sebagai solusi dari  kondisi medis tertentu.

Misalnya, untuk mereka yang memiliki inkontinensia urine supaya dapat membantu mereka yang sulit menahan keinginan untuk buang air kecil.

Normalnya, frekuensi buang air kecil dalam sehari sebanyak 4-10 kali. Namun, pada kondisi medis tertentu seseorang dapat buang air kecil lebih sering dan tidak dapat menahannya.

Berikut beberapa jenis gangguan berkemih dan buang air besar yang dapat dialami oleh orang dewasa:

  • Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine adalah hilangnya kontrol terhadap proses berkemih. Hal ini biasanya berkaitan dengan pertambahan usia, di mana otot-otot dan saraf yang berada di sekitar kandung kemih mulai mengalami penurunan kekuatan.

Artikel Lainnya: Minum Obat Asam Urat Bikin Beser?

  • Pembesaran Prostat (Benign Prostatic Hyperplasia/BPH)

Pembesaran prostat sering terjadi pada laki-laki usia lanjut dengan gejala sering buang air kecil tanpa sadar karena orang tersebut kesulitan mengontrol keluarnya urine.

  • Pasca Stroke

Seseorang yang pernah mengalami stroke dapat mengalami gangguan berkemih serta buang air besar. Ini dikarenakan otot-otot yang mengendalikan kandung kemih dan feses menjadi lemah, dan bagian saraf yang mengatur pesan dari otak juga mengalami gangguan.

1 dari 2 halaman

Tips Memilih Popok Dewasa

Saat memilih popok dewasa, pastikan Anda memilih popok yang benar-benar nyaman digunakan. Selain itu, kenali juga kondisi dan aktivitas Anda sehari-hari. Berikut beberapa panduan yang dapat digunakan untuk memilih popok dewasa:

  1. Bahan Popok

Dalam memilih popok dewasa, sebaiknya yang berbahan lembut selembut kain dan bersirkulasi udara baik sehingga tidak panas, baik permukaan dalam maupun permukaan luarnya. Tak lupa, pilih popok yang memiliki daya serap yang baik.

  1. Ukuran Popok Sesuai

Pastikan ukuran popok sesuai dengan ukuran tubuh pengguna agar fungsinya menjadi maksimal. Popok yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan kebocoran sehingga tidak nyaman pada saat digunakan.

Untuk menentukan ukuran popok dewasa yang pas, ukurlah lingkar pinggang pengguna dan sesuaikan dengan keterangan yang biasanya tertera di kemasan produk.

Artikel Lainnya: Udara Dingin Bikin Sering Beser, Apa Penyebabnya?

  1. Pilih Popok yang Mengandung Pelembap

Risiko yang paling sering terjadi saat memakai popok dewasa adalah iritasi kulit di area selangkangan. Untuk mengatasinya, selain memakai losion pelembap di sekitar kulit, Anda juga dapat memilih popok yang mengandung pelembap (misalnya aloe vera) di area pinggirnya.

Salah satu popok dewasa yang direkomendasikan adalah Confidence Adult Care.

Popok ini memiliki berbagai macam tipe sesuai kebutuhan. Mulai dari tipe Perekat (untuk kondisi sakit atau berbaring), tipe Celana (untuk kondisi aktif, seperti perjalanan jauh, naik gunung, dan lainnya), hingga tipe Pads (untuk kondisi tidak bisa menahan pipis sedikit karena batuk, bersin, dan tertawa).

Dalam kondisi aktif dapat menggunakan Confidence Pants yang bentuknya pas di badan, permukaan yang ekstra lembut dan tetap kering, menyerap lebih banyak, memiliki pelindung samping, serta antibakteri.

Untuk menambah percaya diri, bisa juga memilih Confidence Pants Gender Men and Women yang lebih tipis dan pas di badan, berbahan elastis mengikuti gerak tubuh, dan antibakteri. Anda bisa mendapatkan produk Confidence gratis di sini.

Penggunaan popok dewasa yang tepat akan meningkatkan kualitas hidup pengguna, sehingga dapat beraktivitas kembali seperti sebelum terjadi gangguan berkemih. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi melalui Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar