Sukses

Kata Siapa Penderita Mag Tak Boleh Minum Kopi?

Banyak yang berkata bahwa orang mag tidak boleh minum kopi. Alasannya berputar pada persoalan kafein yang berpotensi meningkatkan asam lambung. Yakin begitu?

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, meneguk secangkir kopi di pagi hari merupakan bagian dari rutinitas sebelum mulai beraktivitas. Namun penyakit mag kerap menjadi penghalang seseorang untuk menikmati ritual tersebut.

Sebenarnya, hubungan antara konsumsi kopi dan keluhan pada saluran cerna (gastrointestinal) masih sangat kontroversial. Namun tidak dapat dimungkiri bahwa komponen kafein pada kopi memiliki potensi untuk meningkatkan produksi asam lambung.

Tapi kalau Anda memiliki gangguan mag, jangan buru-buru berkecil hati karena hal tersebut. Anda masih dapat merasakan kenikmatan kopi –tapi tentu saja dengan beberapa catatan khusus.

  1. Batasi Jumlahnya

Bila Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan untuk minum beberapa gelas kopi dalam sehari, pikirkan kembali kebiasaan itu. Para pakar dari Michigan State University menganjurkan untuk mengurangi jumlah asupan kopi yang Anda konsumsi menjadi setengahnya. Ini dapat membantu mengurangi gejala mag yang timbul. Namun bagi Anda dengan sensitivitas yang sangat tinggi terhadap asam serta komponen kafein, berhenti mengonsumsi kopi untuk sementara waktu adalah langkah yang paling tepat.

  1. Kopi yang Tepat

Para pecinta kopi tentu tahu bahwa minuman yang satu ini memiliki kadar keasaman yang berbeda-beda –tergantung dengan jenis biji kopi yang digunakan. Semakin gelap biji kopinya, maka akan semakin rendah kadar keasamannya. Umumnya, biji kopi Sumatera dan Meksiko dianggap memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibanding yang lainnya. Anda bisa mencobanya.

  1. Temani dengan Makanan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi bersamaan dengan makanan dapat menurunkan risiko timbulnya keluhan mag, dibandingkan mengonsumsi kopi saat perut kosong. Maka dari itu, kopi dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan ringan berupa roti atau kue.

Jadi, bagi penggemar kopi dengan keluhan mag, berhenti mengonsumsi kopi bukanlah satu-satunya jalan keluar. Dengan menerapkan cara di atas, Anda masih dapat menikmati kopi tanpa perlu mengalami rasa tidak nyaman akibat gejala mag.

Selamat minum kopi!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar