Sukses

Hindari Stres Saat Macet dengan Cara Ini

Penelitian menunjukkan bahwa macet bisa memicu timbulnya stres pada seseorang. Untuk menghindari stres saat macet, berikut tips dari dr. Dewi Ema Anindia.

Macet sering kali menimbulkan rasa lelah secara mental maupun fisik. Penelitian menunjukkan bahwa macet bisa memicu timbulnya stres pada seseorang.

Walaupun macet tidak bisa diubah, namun Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi stres akibat macet, antara lain:

  1. Mendengarkan musik

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa kemacetan dapat memicu timbulnya rasa stres atau marah, yang akan menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, mendengarkan musik adalah salah satu caranya. Pasalnya, musik yang tepat bisa mempengaruhi mood dan perasaan orang yang mendengarkannya.

Musik klasik, jaz halus, dan musik meditasi merupakan jenis musik yang dapat mengurangi stres. Anda juga dapat bernyanyi bersama-sama dalam satu mobil untuk menghindari stres.

  1. Tarik napas

Jika Anda sudah terlalu lama menyetir di tengah kemacetan, rasa stres biasanya muncul begitu saja. Pada kondisi ini, cobalah unntuk menarik napas lebih dalam, kemudian buang, dan dilakukan secara berulang.

  1. Carilah kegiatan yang menyengkan

Saat berada di tengah kemacetan, cobalah untuk berpikir positif dan hilangkan pikiran negatif dari benak Anda. Untuk mengalihkan perasaan stres, cobalah untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti mendengarkan cerita orang yang duduk di sebelah Anda ataupun hal lainnya.

  1. Stretching (Peregangan)

Melakukan stretching (peregangan) dapat menghilangkan rasa cemas ketika berada di tengah kemacetan. Anda bisa mencoba melemaskan otot leher dengan cara memutar kepala ke kiri dan kanan hingga menyentuh pundak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan stretching untuk kaki dengan cara memutar telapak kaki Anda ke kiri dan ke kanan secara perlahan.

  1. Makan camilan

Makan camilan yang telah disediakan di dalam mobil bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Hal ini bisa mencegah mood yang kurang baik. Menurut penelitian yang dilakukan di Penn State University, mengonsumi kacang bisa mengurangi stres. Selain itu, para peneliti juga menyebutkan bahwa vitamin C bisa mengurangi tekanan darah dan kadar hormon stres di dalam darah. Vitamin C bisa Anda temukan pada jeruk, apel, anggur dan lainnya.

0 Komentar

Belum ada komentar