Sukses

Mengenal Pedofilia Lebih Dalam

Pedofilia merupakan suatu kelainan yang membuat penderitanya memiliki hasrat seksual terhadap anak-anak. Yuk mengenal pedofilia lebih dalam bersama dr. Dewi Ema Anindia di sini.

Pedofilia merupakan suatu topik yang cukup tabu untuk dibicarakan, namun saat ini banyak kasus yang terjadi sehubungan dengan pedofilia ini.

Apa itu pedofilia?

Pedofilia merupakan seseorang yang memiliki keinginan atau hasrat seksual terhadap anak-anak, khususnya pada anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun.

Menurut American Psychiatric Association (APA) pedofilia merupakan suatu gangguan jiwa, dan dimasukkan dalam kumpulan kelainan yang dinamakan Parafilia.

Apa penyebab pedofilia?

Hingga saat ini belum ada yang mengetahui penyabab dari pedofilia. Beberapa teori menunjukkan bahwa penyebab dari pedofilia adalah kombinasi dari gangguan biologis, sosial, perkembangan, dan faktor psikososial.

Selain itu, ada penelitian yang juga menunjukkan bahwa pedofilia muncul karena kegagalan pada otak untuk menerima stimuli lingkungan. Hasil MRI (Magnetic Resonance Imaging) pada beberapa pedofilia menunjukkan adanya kandungan otak yang dinamakan white matter atau substansia alba yang menurun bila dibandingkan dengan orang normal. Di samping itu, ada penelitian juga yang menunjukkan gangguan dapat terjadi saat pembentukan sistem saraf di dalam kandungan.

Apa terapi pengobatan untuk pedofilia?

Pedofilia tentu dapat diobati. Beberapa terapi yang bisa menjadi pilihan, antara lain:

  • Psikoterapi

Fokus dari terapi jenis ini adalah membantu penderita untuk menyadari bahwa mereka mengerti mengenai kesalahan dari perilaku yang mereka lakukan. Selain itu, pada terapi jenis ini juga bisa diajarkan mengenai rasa empati dan juga cara menahan rangsangan seksual.

Pada penderita yang sudah melakukan terapi ini secara berulang maka dapat dilakukan pencegahaan kekambuhan, yaitu dengan cara mengingatkan pasien untuk menghindari suasana atau tempat yang bisa memicu munculnya keinginan untuk melakukan tindakan pedofilia.

  • Terapi Farmakologi

Pada beberapa kasus, obat yang bisa menahan produksi hormon tetosteron dapat diberikan sehingga bisa mengurangi keinginan seksual pasien.

Namun, para peneliti masih terus melakukan penelitian terkait efek dari obat-obatan golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor) untuk mengatasi pedofilia.

Yang paling penting adalah untuk selalu menyadari kemungkinan ada atau tidaknya gangguan ini pada diri masing-masing individu. Selain itu, penting juga bagi para orangtua untuk selalu menghimbau kepada anaknya mengenai kemungkinan munculnya perilaku pedofilia ini di masyarakat.

Bagi para penderita pedofilia, sangat penting untuk segera melakukan konsultasi ke dokter spesialis psikiatri agar bisa mencegah tindakan-tindakan lanjutan yang bisa membawa dampak hukum.

0 Komentar

Belum ada komentar