Sukses

Apa Itu Praktik Chiropractic?

Chiropractic merupakan suatu istilah yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat. Sebenarnya, apakah praktik chiropractic itu? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com - Keresahan masyarakat meningkat karena berita berpulangnya seorang gadis berprestasi, putri keluarga ternama, karena suatu praktik kesehatan keahlian yang disebut dengan praktik chiropractic.

Praktik chiropractic adalah praktik kesehatan keahlian yang menekankan pada penggunaan tangan atau instrumen kecil untuk memberikan penyesuaian pada sendi tulang belakang. Praktik ini menggunakan metode entakan atau gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba. Tujuan akhir dari praktik ini adalah untuk memperbaiki struktur tulang belakang dan meningkatkan fungsi tubuh yang terganggu karena adanya gangguan struktur tulang belakang.

Gangguan struktur tulang belakang secara medis dapat berupa kelainan-kelainan, seperti:

  • Skoliosis: Posisi tulang punggung melengkung ke samping sehingga tubuh menjadi tidak simetris.

  • Kifosis: Posisi tulang belakang yang melengkung ke depan sehingga tubuh membungkuk.

  • Lordosis: Posisi tulang belakang yang melengkung ke belakang sehingga tubuh akan menengadah saat berjalan.

  • Spondilosis: Degenerasi bagian penyambung tulang belakang yang menyebabkan rasa nyeri. 

Gangguan-gangguan struktur tulang belakang tersebut dapat menimbulkan keluhan sakit kepala, sakit punggung bawah, atau sakit leher.

Pada praktik chiropractic, praktisi biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan foto rontgen tulang belakang. Setelah itu, seringkali pasien akan diminta untuk tengkurap dengan kepala menghadap ke bawah pada sebuah meja yang di desain khusus. Praktisi kemudian akan melakukan gerakan dan hentakan secara tiba-tiba untuk melakukan penyesuaian pada area-area persendian tulang belakang.

Selama proses terapi ini berlangsung, suara berderak seperti “kreeeeeek!” dapat sering terdengar.

Siapa yang dapat melakukan praktik chiropractic?

Bukan hanya memerlukan surat keterangan kompetensi, namun klinik yang melakukan praktik kesehatan keahlian ini juga memerlukan izin yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara tempat berdirinya klinik tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin berkunjung ke klinik chiropractic, ketahuilah dengan baik dan benar legalitas dari klinik dan praktisi yang akan Anda kunjungi.

0 Komentar

Belum ada komentar