Sukses

Cara Mencegah Penurunan Payudara

Payudara yang kendur dan turun dapat mengganggu penampilan wanita. Bagaimana cara menjaga payudara agar tidak kendur? Ini cara mencegah payudara kendur.

Penurunan payudara merupakan hal normal yang terjadi pada perempuan, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, sebagian perempuan tetap tidak menginginkan kondisi payudara kendur.

Ada beberapa penyebab payudara turun selain penuaan, seperti kekurangan kolagen maupun estrogen, berat badan yang tinggi, ukuran payudara yang terlampau besar.

Selain itu, menopause, kehamilan kembar, penurunan bobot tubuh yang drastis dan diikuti dengan peningkatan berat badan (atau sebaliknya), serta merokok juga bisa menyebabkan penurunan payudara.

Apakah Anda ingin mencegah risiko penurunan payudara, atau memperbaiki kekencangan payudara? Berikut adalah beberapa cara mencegah payudara kendur, yang dapat Anda terapkan.

1 dari 4 halaman

1. Olahraga

Payudara sejatinya tidaklah memiliki otot. Itu sebabnya, jaringan payudara tidak dapat dikencangkan dengan olahraga. Namun, di bawah payudara terletak jaringan ikat fibrosa dan otot yang dapat dilatih untuk memperbaiki penampilan payudara turun.

Anda dapat mencoba melakukan push up, berenang, bench press, dan arm curls untuk melatih otot di bawah payudara.

2. Diet dan Nutrisi yang Baik

Cara menjaga payudara agar tidak kendor berikutnya adalah dengan mendapatkan asupan nutrisi sehat setiap hari.

Ya, mengonsumsi diet sehat dan seimbang akan memberi nutrisi pada kulit agar tetap terjaga, kuat, dan elastis hingga nanti. Pertahankan berat badan yang optimal untuk tipe tubuh Anda. 

Pada berat badan berlebih, lemak ekstra dapat menambah beban terhadap payudara dan membuatnya kendur. Tidak merokok juga akan membantu mencegah penurunan payudara. 

Minum air putih 2 liter sehari akan menyehatkan kulit dan memperbaiki kekuatan jaringan payudara.

Artikel lainnya: Payudara Besar atau Kecil, Mana Ukuran yang Ideal?

2 dari 4 halaman

3. Memperbaiki Postur

Punggung yang bungkuk atau kelainan postur tertentu bisa mengakibatkan payudara menggantung dengan menahan berat sendiri. Hal ini menyebabkan tekanan dan tegangan ke jaringan payudara, hingga membuatnya kendur.

Mempertahankan punggung tetap lurus dan postur yang tepat akan membuat berat badan Anda teristribusi seimbang dan merata. Kebiasaan ini turut membantu melawan payudara kendur. 

4. Menunjang Payudara

Menggunakan bra yang pas akan mengurangi beban yang ada pada payudara serta menunjang jaringan dan otot di bawahnya. Apabila berat badan Anda bertambah maupun berkurang, ukurlah kembali ukuran bra.

Artikel lainnya: Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

3 dari 4 halaman

5. Menimbang Kehamilan dengan Baik

Studi menunjukkan bahwa semakin sering seorang perempuan mengandung, semakin besar kemungkinan ia akan mengalami payudara kendur. Jadi, pertimbangkan dengan baik saat berencana ingin hamil lagi.

6. Melakukan Operasi Plastik

Pada tahap tertentu, usaha dan upaya alami tidak akan mempan apabila payudara Anda sudah sangat turun. Saat itu terjadi, jalan operasi plastik dapat ditempuh untuk membuat jaringan payudara tampak muda kembali.

Itulah cara-cara menjaga payudara agar tidak kendor. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter jika sudah sangat terganggu dengan payudara kendur yang dialami.

Yuk, manfaatkan layanan konsultasi online 24 jam bersama dokter di fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar