HomeIbu Dan anakIbu Menyusui5 Info Seputar Menyusui
Ibu Menyusui

5 Info Seputar Menyusui

dr. Nadia Octavia, 23 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menyusui sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah melahirkan. Simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.

5 Info Seputar Menyusui

KlikDokter.com - Tidak sedikit muncul pertanyaan-pertanyaan seputar menyusui ketika dihadapi oleh topik makanan. Apakah ada makanan yang menjadi pantangan untuk dimakan selama menyusui? Adakah makanan yang sebaiknya dihindari selama menyusui? Apakah ada minuman yang dapat memperbanyak ASI, dan lain sebagainya.

Memang tidak dapat dipungkiri, pada prinsipnya makanan dan minuman yang kita asup mempengaruhi status kesehatan seseorang. Termasuk dalam hal ini adalah kesehatan tubuh selama menyusui. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui.

Apakah saya membutuhkan kalori tambahan saat menyusui?

Ya, Anda perlu makan sedikit lebih banyak yaitu tambahan ekstra 400-500 kalori/hari untuk menjaga stamina dan energi Anda. Untuk mendapatkan kalori tambahan ini, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti selembar roti gandum dengan selai kacang, buah-buahan seperti pisang atau apel, atau yoghurt rendah lemak.

Makanan apa yang sebaiknya saya makan saat menyusui? Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

5 Info Seputar Menyusui

Tidak ada aturan pola makan khusus bagi ibu menyusui. Namun yang terpenting adalah fokus dalam pemilihan makanan serta minuman yang sehat untuk membantu produksi ASI. Konsumsilah makanan bergizi seperti buah dan sayuran, namun ingatlah untuk selalu mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan sisa pestisida.

Dengan konsumsi berbagai jenis makanan sewaktu menyusui maka akan mengubah rasa dari ASI Anda. Hal ini akan membuat bayi terpapar oleh berbagai jenis rasa dan akan memudahkannya untuk menerima berbagai jenis makanan padat.

Berapa banyak cairan yang diperlukan sewaktu menyusui?

Pastikan Anda minum lebih sering terutama saat sedang memberikan ASI dan minumlah lebih banyak jika urine Anda berwarna lebih gelap. Minumlah air paling tidak 8 gelas sehari untuk menjaga hidrasi.

Makanan dan minuman apa yang sebaiknya saya hindari? Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

5 Info Seputar Menyusui

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan:

  • Alkohol Tidak ada kadar alkohol yang ditoleransi aman bagi ibu menyusui.

  • Kafein Hindari konsumsi kafein lebih dari 2-3 gelas/hari karena kafein yang keluar melalui ASI akan membuat bayi Anda gelisah dan mengganggu waktu tidurnya.

  • Ikan Ikan laut memang merupakan sumber protein dan omega 3. Namun kebanyakan ikan atau makanan laut mengandung merkuri dan dapat meningkatkan risiko gangguan perkembangan saraf pada bayi. Jika ingin mengonsumsi makanan laut, pilihlah yang rendah merkuri seperti udang, salmon, tuna kaleng atau lele.

Apakah diet saya dapat menyebabkan alergi pada bayi saya? Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

5 Info Seputar Menyusui

Makanan atau minuman tertentu pada diet Anda dapat menyebabkan bayi menjadi gelisah atau memiliki reaksi alergi.

Jika bayi terlihat gelisah, timbul kemerahan, diare atau sesak setelah menyusui, segeralah bawa bayi Anda ke dokter.

Hal ini mungkin saja mengindikasikan adanya alergi makanan.

Jika Anda menduga makanan/minuman tertentu mungkin menyebabkan alergi atau bayi Anda lebih rewel dari biasanya, cobalah hindari makanan/minuman tersebut paling tidak 1 minggu untuk melihat perbedaannya.

AirMenyusuisusuASI

Konsultasi Dokter Terkait