Sukses

Hubungan Migraine dengan Tidur

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Headache, para peneliti melakukan studi tidur terhadap 147 wanita yang sering mengalami migrain paling tidak beberapa hari dalam sebulan. Para wanita ini juga tidak merasa segar saat bangun tidur dan 80% dari wanita malah merasa lelah saat bangun tidur...

Klikdokter.com - Migrain terjadi saat sel-sel di dalam otak mengirim signal agar pembuluh darah di otak berkontraksi (menyempit) dan melebar yang bersamaan dengan proses peradangan dan pengeluaran substansi kimia yang dapat menimbulkan nyeri.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Headache, para peneliti melakukan studi tidur terhadap 147 wanita yang sering mengalami migrain paling tidak beberapa hari dalam sebulan. Para wanita ini juga tidak merasa segar saat bangun tidur dan 80% dari wanita malah merasa lelah saat bangun tidur.

Apakah hubungan tidur dengan migrain? Tidur dibagi menjadi 4 tahap dan REM (Rapid Eye Movement), nah bangun disaat tahap tidur REM inilah yang dapat memicu migrain. Dalam sekali tidur malam, tubuh kita dapat melalui 6 kali tahap tidur dan REM. Dalam tahap 3 dan 4 (tidur dalam) tubuh memproduksi beberapa substansi yaitu dopamine dan serotonin, yaitu substansi yang membuat tubuh merasa lebih “enak”, kurangnya substansi inilah yang dapat memicu migrain serta gangguan tidur lainnya. Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan baik dapat mengurangi risiko dan intensitas dari migrain.

Sesuai dengan jurnal ini, ada beberapa pernyataan yang dapat anda centang untuk menentukan kualitas tidur Anda:

1 dari 3 halaman

Telusuri Masalah Migrain dan Kualitas Tidur Anda

Sesuai dengan jurnal tersebut di halaman sebelumnya, ada beberapa pernyataan yang dapat Anda centang untuk menentukan kualitas tidur Anda:

  1. Saya merasa pusing saat bangun tidur

  2. Saya merasakan nyeri pada tubuh saat bangun tidur

  3. Saya merasa lelah dan lemas yang tidak hilang walau mengkonsumsi banyak kopi

  4. Saya merasa mood saya kurang bagus selama aktifitas seharian

  5. Saya merasa depresi

  6. Saya merasa sulit belajar dan mencari ide baru

  7. Saya merasa sulit untuk menjalin hubungan sosial

Bila Anda mencentang paling tidak 2 diantara pernyataan diatas, maka kemungkinan anda menderita gangguan tidur, dan mungkin penyebab dari migrain anda adalah gangguan tidur. Ada beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk membantu tidur Anda:

2 dari 3 halaman

Solusi Masalah Migrain & Gangguan Tidur

Bila Anda mencentang paling tidak 2 diantara pernyataan diatas, maka kemungkinan anda menderita gangguan tidur, dan mungkin penyebab dari migrain anda adalah gangguan tidur. Ada beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk membantu tidur Anda:

  1. Berikan kesempatan bagi tubuh anda untuk istirahat, matikan lampu dan TV saat ingin tidur

  2. Hindari kopi

  3. Lakukan olah raga sebentar pada pagi dan siang hari (jangan saat mau tidur)

  4. Coba makan malam paling tidak 3 jam sebelum tidur, banyak yang merekomendasikan makanan dengan tinggi kabohidrat.

0 Komentar

Belum ada komentar