Sukses

Sudahkah Anda Memilih Sepatu dengan Tepat?

Sebelum mencermati jenis sepatu yang sebaiknya Anda pakai, mari kita simak sejenak mengenai beberapa jenis sepatu yang ada di pasaran dan konsekuensi kesehatannya.

Klikdokter.com - Sepatu masa kini semakin bervariasi, mulai dari hak yang semakin tinggi, semakin lebar dan dalam berbagai bentuk. Meskipun indah di mata namun ternyata sepatu-sepatu ini dapat memberikan Anda bahaya kesehatan yang tidak sederhana pada daerah kaki hingga pinggang dan panggul. Sebelum mencermati jenis sepatu yang sebaiknya Anda pakai, mari kita simak sejenak mengenai beberapa jenis sepatu yang ada di pasaran dan konsekuensi kesehatannya. (Baca: Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu)

1.          Sepatu dengan hak lebih dari 2,5 cm

  • Sepatu dengan hak yang menengah hingga tinggi, di atas 2,5 cm dapat menyebabkan lecet dan bengkak pada bagian belakang tumit kaki. Selain itu juga, pada jangka panjang dapat terjadi peradangan pada jaringan ikat tulang dan pada jaringan tendon Achilles serta pembentukan tulang baru pada daerah tumit belakang. Semuanya ini dapat menyebabkan keluhan nyeri.

  • Sepatu dengan hak terlalu tinggi juga menyebabkan posisi kaki yang tidak benar sehingga meningkatkan risiko terjadinya peradangan antar tulang-tulang kecil penyusun kaki, gangguan persarafan di sekitar kaki dan juga bahkan dapat menyebabkan retak pada tulang-tulang kecil penyusun kaki.

  • Bahaya terkilir seringkali mengintai para wanita yang menggunakan sepatu berhak terlalu tinggi. Keseimbangan berjalan sering terganggu sehingga dapat menyebabkan terkilir hingga robeknya jaringan ikat penyambung tulang (ligamen). Retaknya tulang tumit juga sering terjadi.

     

Apa yang dapat Anda lakukan jika harus mengenakan sepatu stiletto? Berikut kiatnya:

1 dari 7 halaman

2. Sepatu Stiletto

 

Banyak wanita pasti memuja-muja sepatu stiletto, sepatu dengan hak tinggi, tajam dan runcing yang membuat kaki terlihat ramping. Namun bahaya bagi pemakainya tidak sedikit. 

 Sumber gambar: WebMD

Gangguan keseimbangan berjalan dapat menyebabkan terkilir, robeknya ligament dan retak tulang tumit. Risiko terjadinya osteoartritis juga semakin meningkat. (Baca: Ini Dia Cara Penanganan Keseleo yang Benar)

 

Apakah sepatu datar baik untuk kesehatan? Belum tentu, simak berikut ini penjelasannya:

2 dari 7 halaman

3. Sepatu Datar (Flat Shoes)

Sepatu datar bak balerina juga seringkali menjadi suatu barang yang wajib dimiliki dalam koleksi para wanita masa kini.

Namun, acapkali sepatu jenis ini hadir dengan dasar alas kaki yang yang kurang sesuai dengan lengkungan telapak kaki sehingga dapat menyebabkan nyeri lutut, pinggang dan punggung.

Selain itu risiko terjadinya peradangan (plantar fasciitis) pada lapisan jaringan ikat yang membungkus otot-otot di daerah telapak kaki (fascia plantar) juga meningkat.

 

Dengan demikian, jika Anda berminat untuk membeli flat shoes, pastikan terlebih dahulu alas kaki yang ada mumpuni menampung bentuk profil lengkung telapak kaki Anda.

Atau jika Anda terlanjur memiliki  flat shoes yang kurang mendukung bentuk lengkung kaki, maka Anda dapat menambahkan produk alas kaki tambahan yang ergonomis, yang sudah banyak hadir di pasaran belakangan ini.

Dengan demikian, potensi cedera kaki dapat terhindari, dan kesehatan kaki pun terjaga.

Lalu bagaimana dengan sendal jepit? Apakah ada risiko kesehatannya? Berikut penjelasannya:

3 dari 7 halaman

4. Sendal Jepit

 Sama halnya dengan sepatu datar, sandal jepit tidak memberikan sokongan yang baik terhadai lengkungan telapak kaki. Selain itu, minimnya perlindungan terhadap kaki, menyebabkan penggunaan sandal jepit dapat membuat kaki pemakainya mudah terluka. Risiko plantar fasciitis juga meningkat karena meningkatnya tegangan pada fascia plantar. (Baca5 Tips Mencegah Cantengan)

 

 Sumber gambar: WebMD

Tahukah Anda dengan sepatu tipe wedges (wedges shoes)? Tahukah Anda bahwa wedges juga memiliki risiko konsekuensi cedera pula? Berikut penjelasannya:

4 dari 7 halaman

5. Platform and Wedges Shoes

 

Hak pada jenis-jenis sepatu ini sangat tebal dan lebar. Hal ini membuat mekanisme berjalan dapat terganggu. Kesulitan berjalan terganggu karena berat dan tebalnya hak sehingga dapat menyebabkan terkilir. Selain itu tingginya hak juga dapat menyebabkan masalah yang sama seperti sepatu hak tinggi lainnya.

 Sumber gambar: WebMD

Berikut ini adalah kiat mengenakan sepatu berujung lancip:

 

5 dari 7 halaman

6. Sepatu Berujung Lancip

Sepatu dengan ujung lancip memang termasuk tren masa kini, namun bagian yang lancip itu justru dapat menyebabkan tidak adanya ruang yang leluasa untuk ujung-ujung jari. Ujung-ujung jari terhimpit di bagian depan sehingga dalam beberapa tahun ke depan dapat menyebabkan nyeri saraf, bunion, lecet dan perubahan bentuk jari-jari kaki (menjadi bengkok, tidak lurus).

Bunion. Perubahan bentuk jari kaki karena penggunaan sepatu yang kurang baik dalam jangka lama. Sumber gambar: WebMD

Sudah tepatkah ukuran sepatu Anda? Berikut ini kiat memastikannya dan solusinya:

6 dari 7 halaman

7. Sepatu dengan Salah Ukuran

 

Kebanyakan wanita akan memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil agar kakinya terlihat indah. Namun, ini dapat menyebabkan kaki para wanita tersebut menjadi tidak indah setelah melepas sepatunya. Lecet, kapalan, mata ikan, bagian-bagian kaki dengan kulit yang mengeras dan bersisik, terbentuknya bunion dan juga peradangan pada sendi-sendi tulang penyusun kaki.

 

Jadi, sudahkan Anda memilih sepatu yang tepat untuk kaki Anda? Siapa bilang cantik itu tidak bisa sehat? Sepatu cantik bisa sehat dan sepatu sehat juga bisa cantik, hanya perlu lebih cermat dalam memilah-milih dan mengatur jadwal pemakaian sepatu Anda. 

 

Baca juga:

Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu

Cara Mengatasi Kapalan

10 Solusi Kaki yang Bau

0 Komentar

Belum ada komentar