Sukses

Pro-Kontra Euthanasia

Euthanasia adalah tindakan mengakhiri kehidupan seorang dengan penyakit tahap akhir. Umumnya pasien yang menjalani prosedur ini adalah pasien dengan penyakit tahap akhir dengan kemungkinan sembuh yang sangat kecil.

Klikdokter.com - Euthanasia berarti sebuah proses mengakhiri kehidupan karena penyakit yang diderita oleh seorang. Umumnya, individu yang meminta euthanasia adalah pasien usia tua dengan penyakit yang tidak memiliki kemungkinan sembuh, dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, atau pasien dengan keganasan. Masih banyak pro dan kontra terkait pelaksanaan euthanasia. Terlepas dari benar atau salah prosedur ini, mari kita kenal lebih jauh prosedur euthanasia.

Apa itu euthanasia?

Euthanasia adalah tindakan mengakhiri kehidupan seorang dengan penyakit tahap akhir. Tentu tidak semua pasien merupakan kandidat prosedur euthanasia. Umumnya pasien yang menjalani prosedur ini adalah pasien dengan penyakit tahap akhir dengan kemungkinan sembuh yang sangat kecil. Tujuan awal dari tindakan ini adalah untuk mengakhiri penderitaan yang diderita oleh pasien. Ditinjau dari sisi intervensi, euthanasia dibagi menjadi euthanasia aktif dan pasif. 

Dalam euthanasia aktif, dokter atau tenaga kesehatan memberikan intervensi aktif yang dapat menyebabkan  kematian pasien, misalnya dengan memberikan obat tertentu. Sedangkan euthanasia pasif terjadi ketika pasien meninggal karena tenaga kesehatan tidak melanjutkan atau memberikan  pengobatan yang diperlukan untuk menjaga pasien tetap hidup.

Argumen pro-euthanasia

Terdapat beberapa argumen yang mendukung terjadinya euthanasia. Pertama, kelompok pro-euthanasia beranggapan bahwa setiap individu memiliki hak untuk menentukan masa depan kehidupannya. Terlebih jika individu tersebut dalam keadaan sakit berat yang menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri. Argumen lain menyatakan bahwa dengan melegalkan euthanasia terhadap pasien dengan keadaan yang tidak dapat disembuhkan, tenaga dan perawatan kesehatan dapat dialihkan untuk pasien yang memiliki harapan sembuh lebih besar dan memerlukan perawatan intensif.

Argumen kontra euthanasia

Kelompok kontra euthanasia beranggapan bahwa tindakan ini menyalahi kehendak yang maha kuasa. Kehidupan adalah suatu hal yang suci dan kematian bukan berada di tangan manusia, namun berada pada tangan sang Pencipta. Selain itu, setiap orang, baik yang mengalami sakit berat atau sehat memiliki hak yang sama untuk hidup, jadi keputusan untuk mengakhiri hidup dengan alasan sakit keras tidak dibenarkan. Permasalahan lainnya adalah mengenai siapa pihak yang memiliki otoritas untuk menentukan seorang pantas melakukan euthanasia, apakah dokter atau keluarga?

Dimanakah euthanasia sudah dilegalkan?

Negara di dunia umumnya tidak melegalkan euthanasia. Namun terdapat beberapa negara yang telah melegalkan proses ini seperti beberapa negara bagian di Amerika Serikat, Jepang, Belanda dan Luxemburg.

Artikel ini tidak bertujuan untuk mendukung atau menentang proses ini, namun kami bermaksud memberikan pengertian tentang sebuah tindakan yang masih menuai kontroversi. Di satu sisi tindakan ini bertujuan menghilangkan penderitaan pasien, namun di sisi lain tindakan ini bertentang dengan norma agama dan etika yang umumnya dianut. Sekarang tergantung Anda untuk menilai, apakah Anda setuju atau menolak dengan prinsip euthanasia?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca juga:

Dicari: Hukuman Mati Paling Manusiawi

 

 

Pro-Kontra Halal-Haram di Dunia Kedokteran

 

Ditulis oleh

dr. Alvin Nursalim

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar