Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatOtot dan Sendi10 Penyebab Pergelangan Tangan Terasa Nyeri
Otot dan Sendi

10 Penyebab Pergelangan Tangan Terasa Nyeri

Siti Putri Nurmayani, 05 Okt 2023

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penggunaan tangan berlebihan hingga penyakit lupus. Ketahui penyebab sakit pergelangan tangan di sini.

10 Penyebab Pergelangan Tangan Terasa Nyeri

Sering merasa sakit di pergelangan tangan? Tentu kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Menariknya, pergelangan tangan sakit atau wrist pain bisa dialami oleh siapa pun, terutama seseorang yang sering menggunakan tangan secara terus-menerus, baik itu untuk memotong atau mengetik. 

Karena menyebabkan rasa yang tidak nyaman, tentu kondisi ini tidak boleh disepelekan. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa saja penyebab nyeri pergelangan tangan agar kamu bisa lebih waspada dan terhindar dari nyeri yang mengganggu ini. 

1. Cedera Tangan

Cedera menjadi salah satu penyebab paling sering pergelangan tangan terasa sakit. Pada dasarnya, tangan dan pergelangannya terdiri dari ligamen, tendon, saraf, dan pembuluh darah. 

Terjadinya cedera pada tangan dapat merusak struktur tersebut dan menyebabkan pergelangan tangan menjadi sakit, bengkak, memar, dan gejala lain. 

Biasanya, ini disebabkan oleh pukulan dan tekanan, menekuk jari atau pergelangan tangan terlalu jauh ke belakang, adanya regangan berulang seperti ketika olahraga atau angkat beban, dan mendarat dengan tangan saat jatuh.

Pastikan untuk mengompres dingin di bagian tangan yang cedera dan coba istirahat dari aktivitas berat agar pergelangan tangan cepat pulih. 

2. Terlalu Sering Digunakan

Adanya gerakan berulang atau terlalu sering menggunakan tangan dan pergelangan tangan dapat membuat otot, tendon, dan saraf menjadi tegang serta nyeri. Keluhan ini juga bisa menjalar hingga ke lengan dan bahu.

Umumnya, gerakan berulang yang memicu nyeri di pergelangan tangan disebabkan oleh beberapa hal, seperti mengetik atau menggunakan mouse komputer, mengangkat benda berat, serta berolahraga.

Apabila penyebab pergelangan tangan sakit karena terlalu sering digunakan, kamu bisa mengatasinya dengan kompres hangat dan dingin. Jika tidak kunjung membaik, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Disampaikan dr. Devia Irine Putri, saraf di sekitar pergelangan tangan juga bisa terjepit. Kondisi ini disebut dengan istilah carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom terowongan karpal.

“Keadaan ini bisa terjadi akibat penggunaan tangan berlebih. Selain itu, kehamilan dan beberapa kondisi medis seperti hipotiroid, diabetes, dan arthritis juga bisa memicu terjadinya CTS,” tuturnya. 

CTS dapat ditandai dengan rasa nyeri, kesemutan, dan muncul sensasi panas seperti terbakar di bagian tangan yang terkena. Dianjurkan untuk segera mencari bantuan medis untuk mencegah kerusakan saraf secara permanen.

4. Osteoarthritis

Osteoarthritis menjadi jenis radang sendi yang paling umum dalam menyebabkan nyeri di pergelangan tangan. 

Pada osteoarthritis, tulang rawan yang melindungi persendian akan menghilang seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan tulang-tulang di persendian saling bergesekan dan menyebabkan rasa sakit atau kaku. 

Coba terapkan gaya hidup sehat dengan minum obat, rutin olahraga, dan terapi fisik atau terapi okupasi untuk membantu meringankan masalah kesehatan yang satu ini. 

Artikel Lainnya: 13 Penyebab Tangan Sering Kesemutan yang Tidak Boleh Diabaikan

5. Rheumatoid Arthritis

Selain osteoarthritis, nyeri di pergelangan tangan juga bisa disebabkan oleh rheumatoid arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh secara keliru akan menyerang jaringan di persendian. Ini menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Seiring berjalannya waktu, peradangan ini dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen. 

Kondisi ini sangat sering menyerang pergelangan tangan, sehingga kamu perlu lebih waspada. 

6. Kista Ganglion

Kista ganglion adalah benjolan yang sering muncul di sekitar sendi dan urat kaki atau tangan. Ketika kista ganglion muncul di pergelangan tangan dan sendi jari, ini bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri di area pergelangan tangan. 

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang dengan rentang usia 20 hingga 60 tahun. Diketahui, wanita lebih rentan mengalami kista ganglion yang dapat memicu nyeri di pergelangan tangan. 

7. Penyakit Kienbock

Munculnya rasa nyeri di pergelangan tangan juga bisa terjadi karena tidak tercukupinya suplai darah ke tulang. Kondisi ini disebut dengan penyakit kienbock. 

Biasanya, masalah kesehatan ini akan menyerang orang dewasa muda dan menyebabkan kerusakan berkala di salah satu tulang kecil pergelangan tangan. 

8. Tendinitis

Tendinitis adalah penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan pada tendon, urat yang menghubungkan antara otot dengan sendi. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, De Quervain’s tenosynovitis merupakan salah satu bentuk tendinitis yang umum dialami. Peradangan ini terjadi di sepanjang sisi ibu jari tangan. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri hebat ketika menggerakkan pergelangan tangan dan ibu jari. 

Jika kamu mengalami gejala tersebut, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Pergelangan Tangan

9. Asam Urat

Asam urat ternyata juga bisa menyebabkan nyeri di pergelangan tangan. Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat, ini akan menyebabkan terbentuknya kristal di persendian. 

Keadaan tersebut bisa membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan sakit ketika ditekan. Bahkan, sendi yang terkena mungkin akan terasa hangat saat disentuh. 

10. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan sel-sel tubuh menyerang jaringannya sendiri. 

Sering kali, penderita lupus mengalami radang sendi pada pergelangan tangan dan area tangan. 

Nyeri di pergelangan tangan bisa disebabkan oleh banyak hal. Oleh karenanya, jangan pernah anggap sepele kondisi tersebut. Bila nyeri tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. 

Selain itu, bisa juga #JagaSehatmu dengan melakukan konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter. Jangan lupa, unduh aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya. 

(NM)

pergelangan tanganKista Ganglionradang sendi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter