HomeInfo SehatKulitManfaat Tanaman Witch Hazel untuk Kulit
Kulit

Manfaat Tanaman Witch Hazel untuk Kulit

Zahra Aminati, 08 Sep 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Witch Hazel merupakan tanaman semak asal Amerika yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya untuk kulit. Cari tahu penjelasan selengkapnya di sini.

Manfaat Tanaman Witch Hazel untuk Kulit

Bahan alami witch hazel sedang naik daun di kalangan pencinta skincare. Witch hazel umumnya dapat ditemukan di dalam produk skincare, seperti pelembap, lotion, atau toner.

Witch hazel atau hamamelis virginiana merupakan semak asal Amerika Serikat. Sejak berabad-abad lalu, penduduk asli Amerika telah menggunakan tanaman ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. 

Witch hazel juga dikatakan bisa menjadi pengganti astringent atau toner tradisional. Lalu, apa saja manfaat tanaman witch hazel untuk kulit?

1. Membantu Mengobati Jerawat

Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan, “Tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi (antiperadangan) dan terdapat kandungan antioksidan. Hal ini membuat witch hazel bisa digunakan untuk sembuhkan jerawat.”

Dilansir dari Healthline, witch hazel bermanfaat mengatasi jerawat inflamasi dan noninflamasi. Sebab, tanaman ini bertindak sebagai zat yang mengeringkan jerawat

Kandungan tanin aktif dan senyawa nabati di dalam witch hazel juga memiliki efek antioksidan yang bisa membantu mengatasi jerawat. 

Artikel Lainnya: Manfaat Centella asiatica (Daun Pegagan) bagi Kesehatan Kulit

2. Membantu Mengatasi Gejala Peradangan di Kulit

Adanya sifat antiperadangan di dalam kandungan witch hazel dapat membantu mengatasi gejala psoriasis dan eksim. 

Psoriasis dan eksim merupakan kondisi peradangan kronis yang umumnya menimbulkan gejala gatal dan kulit kering bersisik. 

Masih dilansir dari Healthline, witch hazel juga terbukti aman bila dioleskan ke kulit kepala.

3. Membantu Mengecilkan Pori-pori

Dilansir dari Insider, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang. Kekurangan kolagen membuat elastisitas kulit menurun dan kulit terlihat lebih kendur. 

Ketika elastisitas kulit menurun, pori-pori di kulit juga menjadi semakin terlihat. Untuk membantu menyamarkan pori-pori besar, Anda bisa menggunakan witch hazel. 

Tanaman ini memiliki zat astringent yang dapat memicu kontraksi di kulit. Efek tersebut seakan membuat pori-pori terlihat lebih kecil dan tersamarkan. 

4. Meredakan Gejala Sunburn

Witch hazel telah lama digunakan sebagai perawatan luka sunburn. Sunburn ditandai dengan kulit kering, kemerahan, dan sakit ketika disentuh. Luka bakar atau sunburn ini disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

Selain itu, tumbuhan tersebut dipercaya mampu meredakan gejala iritasi kulit akibat bercukur atau terpapar bahan kimia. 

Anda bisa mengoleskan krim witch hazel secara tipis-tipis untuk menenangkan kulit yang iritasi.

Artikel Lainnya: Inilah Ragam Rempah yang Bagus untuk Kulit Anda

Kendati memiliki manfaat tersebut, witch hazel bukanlah pengganti tabir surya atau obat untuk menyembuhkan kondisi kulit terbakar. 

Anda perlu tahu, sebagian besar studi baru meneliti manfaat tumbuhan ini untuk penggunaan topikal atau dioles ke kulit. Belum ada penelitian yang menyatakan tanaman tersebut aman dikonsumsi dalam bentuk teh atau kapsul. 

Apabila mengalami gejala iritasi, seperti gatal, kemerahan, atau muncul sensasi terbakar setelah mengoleskan witch hazel ke kulit, segera hentikan pemakaian bahan alami tersebut. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

witch hazelSkin Care

Konsultasi Dokter Terkait