Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan Umum18 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan
Kesehatan Umum

18 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 18 Jul 2023

Ditinjau oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada banyak manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah penyakit jantung. Ketahui khasiat lainnya di sini.

18 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau alias green tea merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Sebenarnya, teh hijau terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, bahan yang sama untuk membuat teh hitam dan teh oolong.

Meski kebanyakan teh terbuat dari tanaman yang sama, namun cara pengolahan teh hijau lebih sehat. Tak heran, ada banyak manfaat teh hijau bagi kesehatan. Lalu, apa manfaat teh hijau?

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Dijelaskan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc,. MSc, teh hijau memiliki konsentrasi zat katekin yang tinggi.

“Katekin merupakan senyawa bioaktif yang dikenal dengan istilah flavonoid. Senyawa ini merupakan antioksidan tinggi yang efektif untuk menurunkan potensi terjadinya stres oksidatif akibat radikal bebas,” tuturnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Selain bisa melepas dahaga, ternyata ada juga manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Namun, manfaat teh hijau untuk diet ini hanya bisa diperoleh ketika kamu menyeduhnya dengan air panas, tanpa ditambahkan gula.

Tak hanya itu, minuman ini juga tidak mengandung lemak, karbohidrat, protein, bahkan kalori.

Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi ekstrak teh hijau dosis tinggi selama 12 minggu dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

3. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Berdasarkan Phytotherapy Research, kandungan teh hijau seperti katekin dan kafein bisa mempercepat laju metabolisme dan pembakaran lemak. Manfaat minum teh hijau ini juga dapat mendukung penurunan berat badan.

Kafein dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kinerja fisik, di mana ia akan membantu asam lemak dalam tubuh bisa digunakan sebagai energi.

4. Memperlambat Progresivitas Kanker

Manfaat minuman teh hijau juga dapat memperlambat progresivitas kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Kerusakan oksidatif bisa menyebabkan peradangan kronis, sehingga memicu terjadinya kanker, baik itu kanker payudarakanker prostat, hingga kanker kolorektal

Untuk mendapatkan khasiat teh hijau yang satu ini, hindari menambahkan susu ke dalam teh. Soalnya, susu dapat mengurangi nilai antioksidan dalam teh.

5. Mengobati Jerawat

jerawat

Teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba yang efektif untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau dapat mengurangi sekresi sebum jika dioleskan langsung ke kulit. Ini bisa mencegah tersumbatnya pori-pori wajah dan munculnya jerawat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat teh hijau untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan teh hijau dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Selain itu, manfaat minum teh hijau di pagi hari juga dapat meningkatkan kapasitas antioksidan darah. Jadi, dalam hal ini teh hijau berfungsi untuk melindungi partikel LDL (kolesterol jahat) dari oksidasi, sehingga bisa mencegah penyakit jantung.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Terdapat manfaat teh hijau untuk kolesterol. Dikutip dari Nutrition Journalgreen tea dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) secara signifikan.

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan di dalam teh hijau. Terlebih lagi, teh hijau lebih sedikit mengalami proses pengolahan, sehingga kandungan antioksidannya sangat tinggi.

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Lebih Sehat dan Awet Muda

8. Mencegah Diabetes Tipe-2

Kegunaan teh hijau juga dapat mencegah diabetes tipe-2. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula akibat resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin.

Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, teh hijau bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. 

9. Menjaga Kemampuan Kognitif

Salah satu manfaat minum teh hijau adalah bisa membantu menjaga kemampuan kognitif. Ini berkat kandungan kafein di dalam teh hijau yang berperan sebagai stimulan.

Kafein dapat membantu meningkatkan kinerja otak, sehingga fungsi kognitif pun menjadi lebih baik.

10. Melindungi Otak dari Penuaan

Selain meningkatkan fungsi otak, manfaat teh hijau untuk pria dan wanita dewasa juga dapat melindungi otak dari penuaan.

Seiring bertambahnya usia, penyakit Alzheimer dan Parkinson merupakan masalah yang umum dialami pada orang dewasa lanjut usia.

Namun, efek senyawa katekin di dalam teh hijau bisa memberikan efek perlindungan pada neuron, sehingga bisa menurunkan risiko demensia.

11. Mengurangi Bau Mulut

bau mulut

Kandungan katekin dalam teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Senyawa ini bisa menekan pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, penyebab pembentukan plak dan gigi berlubang.

Tumpukan plak di dalam mulut bisa memicu terjadinya bau mulut. Karena katekin bisa melawan bakteri di mulut, maka minum teh hijau bisa mencegah terjadinya bau mulut.

12. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Penderita insomnia sering kali mengalami kesulitan untuk tidur. Namun jangan khawatir, karena terdapat manfaat minum teh hijau sebelum tidur.

Kandungan L-theanine, zat kimia alami dalam teh hijau memiliki sifat anti-stres, sehingga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

Meski ada kandungan kafein dalam teh hijau, namun kadarnya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan membuatmu merasa cemas dan waspada.

13. Mengurangi Risiko Penyakit Paru

Ternyata, ada juga manfaat teh hijau untuk paru-paru. Efek antioksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalam teh hijau bisa membantu mengurangi risiko kanker paru.

Bahkan, beberapa studi juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau peradangan paru-paru yang berlangsung lama.

14. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, minum teh hijau hangat bisa membantu tubuh merasa lebih rileks.

Kandungan L-theanine dalam teh hijau bisa memberikan efek yang menenangkan. Oleh karenanya, tubuh akan menjadi lebih rileks setelah minum minuman yang satu ini.

Artikel Lainnya: Kiat Dapatkan Manfaat Sehat Minum Teh Hijau

15. Meningkatkan Suasana Hati

Apakah kamu mengalami hari yang buruk? Jangan khawatir, coba konsumsi teh hijau untuk membantu meningkatkan suasana hati.

Kandungan L-theanine dalam teh hijau bisa meningkatkan dopamin dalam tubuh, sehingga dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, senyawa ini juga dapat menghambat aktivitas neuron yang sering memberikan efek kecemasan.

16. Mengurangi Iritasi Kulit

Sifat anti-inflamasi dalam teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan polifenol teh hijau yang tinggi.

Bahkan mengoleskan teh hijau ke kulit juga dapat membantu mengatasi kemerahan kulit, menenangkan sengatan matahari, dan mengatasi luka kecil.

Tak jarang, teh hijau yang digunakan secara topikal juga menjadi obat efektif dalam mengatasi berbagai kondisi dermatologis, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

17. Melembapkan Kulit

Teh hijau mengandung sejumlah vitamin di dalamnya, salah satunya adalah vitamin E yang dapat memberikan nutrisi sekaligus melembapkan kulit.

Penggunaan teh hijau yang dioleskan langsung ke kulit terbukti bisa meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi gejala kulit kasar dan bersisik.

18. Membantu Memperpanjang Hidup

Sejumlah senyawa yang ada di dalam teh hijau telah terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Dengan begitu, mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa membantu kamu untuk hidup lebih lama.

Meski teh hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun ada baiknya untuk mengonsumsi teh hijau sambil menerapkan gaya hidup sehat. #JagaSehatmu dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, dan menghindari stres.

Bila memiliki pertanyaan lain seputar khasiat teh hijau, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter. Unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter atau Temu Dokter, ya!

(NM)

Teh hijau

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter