Kulit

10 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Lebih Sehat dan Awet Muda

Dimas Laksono, 28 Okt 2022

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga bagus untuk kulit wajah. Apa saja manfaat teh hijau untuk wajah?

10 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Lebih Sehat dan Awet Muda

Selain untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga bermanfaat untuk kulit wajah. Saat ini sudah banyak ditemukan produk perawatan wajah yang mengandung teh hijau. Mulai dari sabun pembersih muka, serum, pelembap wajah, hingga masker.

Salah satu kandungan aktif teh hijau yang bermanfaat untuk kulit adalah polifenol. Polifenol bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kulit dari ancaman radikal bebas.

Yuk cari tahu berbagai manfaat teh hijau untuk wajah dan kesehatan kulit, serta bagaimana menggunakannya pada artikel berikut.

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Menurut penjelasan dr. Devia Irine Putri, manfaat teh hijau untuk wajah adalah membantu meredakan kulit kemerahan atau iritasi, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit.

“Teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini,” ujar dr. Devia.

Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kulit yang penting untuk kamu ketahui:

1. Melindungi Kulit dari Ancaman Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat melindungi sel-sel tubuh dan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kanker kulit

2. Melawan Penuaan Dini

Manfaat teh hijau bagi wajah adalah melawan penuaan dini karena mengandung antioksidan EGCG (epigallocatechin gallate).

Antioksidan EGCG dapat membantu meremajakan kulit, melawan penuaan dini, memperbaiki kulit kusam, membuat kulit lebih sehat dan cerah, serta tampak awet muda.

Keberadaan vitamin B2 dalam teh hijau bisa mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit wajah lebih kencang dan tampak muda.

3. Mengurangi Iritasi dan Kemerahan

Berkat kandungan polifenol dan sifat antiinflamasi, teh hijau bisa membantu mengurangi iritasi kulit, mencegah kemerahan dan bengkak, serta mengurangi rasa gatal akibat dermatitis, rosacea, dan psoriasis.

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengobati masalah jerawat dan kulit wajah berminyak. Kandungan polifenolnya juga bisa mengurangi pemicu timbulnya jerawat.

5. Kulit Lebih Lembap

Teh hijau mengandung vitamin E yang dapat menutrisi dan menghidrasi kulit wajah, meningkatkan kelembapan, dan membuat kulit lebih halus.

6. Mencegah Kulit Wajah Berminyak

Kandungan polifenol dan antioksidan EGCG pada teh hijau dapat menurunkan produksi minyak di wajah, memperkecil pori-pori, dan mengurangi sebum yang menjadi cikal-bakal munculnya jerawat.

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari 

Teh hijau juga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Tak heran jika saat ini banyak produk kecantikan dan kosmetik, termasuk tabir surya, yang memiliki kandungan teh hijau.

8. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Teh hijau bisa digunakan sebagai toner alami yang membantu memperbaiki kerusakan kulit dan memperkecil pori-pori pada kulit wajah.

9. Meratakan Warna Kulit Wajah

Kandungan vitamin C pada teh hijau bisa membantu meratakan warna kulit wajah, mencerahkan kulit, dan menjaga kesehatan kulit wajah.

10. Menghilangkan Bengkak Pada Wajah

Teh hijau rupanya mengandung kafein yang bermanfaat untuk mengurangi bengkak di wajah, serta menyamarkan lingkaran hitam pada area mata. 

Membuat Masker Wajah dari Teh Hijau

Untuk mendapat manfaat dari teh hijau, kamu bisa membuat masker. Manfaat masker teh hijau untuk wajah adalah mencegah penuaan, mengurangi iritasi, hingga mengatasi jerawat.

Berikut bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masker dari teh hijau:

  • 1 sendok makan teh hijau
  • 1 sendok makan soda kue
  • 1 sendok makan madu

Berikut cara menggunakan teh hijau sebagai masker wajah:

  1. Seduh secangkir teh hijau, biarkan selama satu jam, lalu saring
  2. Campurkan teh dengan madu dan soda kue. Tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kental
  3. Oleskan masker ke seluruh bagian wajah yang telah dibersihkan
  4. Beri pijatan di wajah untuk mengangkat sel kulit mati
  5. Diamkan masker sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat
  6. Untuk hasil terbaik, gunakan masker teh hijau ini satu sampai tiga kali seminggu

Setelah mengetahui apa saja manfaat teh hijau untuk wajah, kamu bisa mempertimbangan untuk mencobanya di rumah.

#JagaSehatmu termasuk bagian kulit. Gunakan produk perawatan kulit sesuai kebutuhan. Jika masih ragu apakah kondisi kulitmu cocok dengan teh hijau, tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan seputar penggunaan teh hijau untuk wajah, gunakan layanan Tanya Dokter untuk berkonsultasi dengan dokter di aplikasi KlikDokter.

(DA/NM)

Teh hijau

Konsultasi Dokter Terkait